Reboisasi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Reboisasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Reboisasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, manfaat, langkah-langkahnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Reboisasi adalah

Pengertian Reboisasi

Reboisasi merupakan suatu bentuk  upaya penanaman kembali hutan yang telah gundul atau tandus, dengan cara menanam pohon kembali di dalam kawasan hutan. tidakan reboisasi ini untuk menanami hutan yang gundul akibat di tebang atau akibat bencana alam. Pada dasarnya reboisasi sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu yang berasal dari udara, mengembangkan kembali habitat dan ekosistem alam, pencegahan pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara dan juga memanfaatkan hasilnya terutama kayu.


Pengertian Reboisasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian reboisasi menurut para ahli antara lain yakni:


1. Wikipedia

Menurut Wikipedia reboisasi merupakan penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul).


2. Manan (1978)

Menurut Manan reboisasi merupakan kegiatan penghutanan kembali pada lahan yang gundul dan terdapat bekas tebangan maupun lahan-lahan kosong yang ada di dalam hutan


3. Manan (1976) dan Supriyanto (1984)

Menurut Manan dan Supriyanto reboisasi merupakan kegiatan menanam pada lahan kosong namun bukan merupakan hutan melainkan lahan milik pribadi atau milik rakyat dan ditanam dengan jenis pohon keras. Contohnya adalah pohon buah seperti mangga, rambutan, petai, jeruk, sengon dan lain-lain. Hal ini dilakukan karena biasanya lahan pribadi hanya ditanami dengan tanaman lunak seperti sayuran dimana tanaman tersebut tidak bisa menguatkan tanah sedangkan tumbuhan keras bisa membuat tanah lebih kuat dan lebih subur serta bisa juga mencegah berbagai bencana alam.

Baca Lainnya :  Keluarga adalah

4. Kepmenhutbun No. 778/menhutbun V/Tahun 1998

Menurut Kepmenhutbun No. 778/menhutbun V/Tahun 1998 reboisasi merupakan kegiatan untuk memulihkan kembali serta meningkatkan produktivitas hutan yang kondisinya sudah sangat mengenaskan dan rusak atau yang masih berupa lahan kosong. Reboisasi ini juga dilakukan supaya tanah tersebut bisa menjadi lebih subur dan bisa menyerap air sehingga bisa menimbulkan banyak manfaat bagi manusia dan kehidupan di bumi ini.


5. PP No. 35 Tahun 2002

Menurut PP No. 35 Tahun 2002 reboisasi merupakan kegiatan menanam pohon pada kawasan hutan yang rusak atau lahan kosong yang biasanya berisi alang-alang dan semak belukar supaya fungsi lahan tersebut bisa dikembalikan sebagaimana mestinya dengan baik.


Fungsi Reboisasi

Berikut adalah fungsi reboisasi antara lain yakni:


1. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan

Secara umum pencemaran lingkungan hidup biasanya disebabkan oleh pencemaran pada udara karena polusi asap kendaraan bermotor dan industri, dengan tingginya pengguna kendaraan bermotor dan aktivitas industri seperti pabrik dan pertambangan sudah banyak merusak ekosistem hidup, untuk itu harus dilakukan penanaman kembali atau saat ini lebih dikenal dengan kegiatan Go Green supaya bisa mencegah atau mengatasi global warming.


2. Penghasil Kayu Bangunan

Dihutan tumbuhan beraneka spesies pohon yang menghasilkan kayu dengan  berbagai kualitas dan ukuran yang dapat digunakan untuk bahan bangunan.


3. Cadangan Karbon

Salah  satu fungsii hutan yang penting adalah sebagai cadangan karbon  dialam karna karbon disimpan dalam bentuk biomassa vegetasinya.


4. Habitat Bagi Fauna

Konversi hutan menjadi bentuk penggunaan lahan lainnya akan menurunkan populasi flora dan fauna yang sensitif.


5. Lahan

Hutan menempati ruang dalam bumi yang terdiri dari komponen tanah, hidrologi, udara atau atmosfer, iklim yang dinamakan lahan.

Baca Lainnya :  Ragam Hias

Manfaat Reboisasi

Adapun beberapa manfaat reboisasi antara lain yakni:


  • Dapat mencegah erosi.
  • Membuat udara di sekitarnya menjadi sejuk, segar dan nyaman.
  • Membuat tempat tinggal binatang dihutan menjadi tenang karena lingkungan demikian memang sangat mendukung.
  • Dapat memberikan keseimbangan lingkungan.
  • Dapat memberikan perlindungan, misalnya terhadap teriknya sinar matahari, angin kencang, penahan debu serta peredam suara.
  • Dapat menghasilkan oksigen (O2) yang sangat diperlukan manusia, dan sebaliknya dapat menyerap karbon dioksida (CO2). Jadi secara higienis, pohon sangat berguna untuk kehidupan manusia.
  • Dapat dijadikan sebagai sarana rekreasi karna banyaknya pepohonan membuat udara menjadi segar
  • Dapat mencegah Global Warming
  • Dapat mencegah terjadinya erosi

Langkah-Langkah Melakukan Reboisasi

Berikut adalah langkah-langkah melakukan reboisasi antara lain sebagai berikut:


  • Persiapan, meliputi penentuan lokasi sasaran reboisasi, penyiapan organisasi pelaksana, penyusunan tata waktu kegiatan dan pembagian kerja, membersihkan area reboisasi dari konflik agar penanaman dapat berjalan lancar melalui sosialisasi rencana penanaman, menyiapkan bahan dan alat pengukuran (GPS/alat ukur theodolit, kompas, altimeter dan lain-lain) serta menentukan pola tanam.
  • Membuat lubang untuk tanaman sesuai pola tanam dan menyiapkan pupuk dasar.
  • Bibit tanaman harus dalam keadaan sehat dan memenuhi standar dan terlebih dahulu ditanam di tempat penampung sementara. Tanaman yang dapat digunakan untuk reboisasi antara lain sebagai berikut:
  1. Jati (Tectonagrandis)
  2. Jelutung (Dyeracostulata)
  3. Jabon (Anthocepaluscadamba)
  4. Sungkai (Peronemacannescens)
  5. Meranti (Shoresp)
  6. Kemiri (Aleuritesmolucua)
  7. Tusam/Pinus (Pinus merkusii)
  • Bibit tanaman dilepas dari tempat penampung sementara kemudian dipindahkan ke lubang yang telah dibuat serta diberi pupuk.
  • Melaksanakan pemeliharaan tanaman yang intensif untuk membersihkan area tanaman dari bahan yang mudah terbakar.
  • Melakukan dan melaksanakan pengawasan secara periodik untuk mendeteksi bahaya kebakaran secara dini agar dapat diambil tindakan yang tepat.
  • Menghimbau dan meningkatan partisipasi masyarakat dalam pengamanan hutan antara lain melalui kegiatan penerangan dan penyuluhan.
Baca Lainnya :  Teks Tantangan adalah

Demikian Penjelasan Materi Tentang Reboisasi adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Langkah-Langkah
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya