RAM adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang RAM? Mungkin anda pernah mendengar kata RAM? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, jenis, cara kerja, ciri, struktur, komponen. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

RAM adalah

Pengertian RAM

Random Access Memory ( RAM) merupakan suatu alat yang bisanya disebut dengan memori yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random). RAM juga memiliki sebuah fungsi yaitu untuk mempercepat pemeprosesan data pada PC atau komputer. RAM juga termasuk salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Biasanya kapasitas RAM di dalam suatu komputer akan berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data maupun loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan juga menjalankan program, akan semakin cepat sesuai dimana besarnya RAM komputer tersebut.


Fungsi RAM

Berikut adalah beberapa fungsi RAM antara lain yakni:


  • Dapat menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untuk diproses.
  • Dapat digunakan untuk menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
  • Dapat menampung program atau intruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.
  • Dapat membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara.
  • Dapat mempercepat proses pengolahan data

Jenis-Jenis RAM

Adapun beberapa jenis-jenis RAM antara lain yaitu:


1. SD RAM

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory) merupakan jenis memori RAM yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi hingga 100 – 133 Mhz. Jenis RAM ini meiliki 168 pin dengan kapasitas penyimpanan 16 MB hingga 1GB. SDRAM ini dapat diletakan pada slot jenis DIMM/SDRAM pada Motherboard.

Berikut adalah 2 jenis SD RAM antara lain yaitu:


  • SD RAM PC133

Setelah di kembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya. Memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133 MHz dengan access time sebesar 7,5 ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06 GB per detiknya. Walaupun PC133 dikembangkan untuk bekerja pada frekuensi bus 133 MHz, namun memori ini juga mampu berjalan pada frekuensi bus 100MHz walaupun tidak sebaik kemampuan yang dimiliki oleh PC100 pada frekuensi tersebut.

Baca Lainnya :  41 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

  • SD RAM PC150

Mushkin, pada tahun2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bussistem atau chipset sebesar ini. Masih dengan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memoriPC150 mempunyai access time sebesar 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28GB per detiknya. Memori ini sengaja diciptakan untuk keperluan overclocker, namun pengguna aplikasi game dan grafis 3 dimensi, desktop publishing, serta komputer server dapat mengambil keuntungan dengan adanya memori PC150.


2. RDR RAM

RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) merupakan jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4. Pada umumnya jenis memori RAM ini dinamis sinkron yang akan diproduksi oleh Rambus Corporation. Tidak semua motherboard mampu mendukung suatu memori ini karena teknologinya yang cukup canggih.


3. DRAM

DRAM (Dynamic Random Access Memory) merupakan sebuah jenis Memori RAM yang memiliki teknologi penyimpanan data secara terpisah dalam sebuah kapasitor, Agar data tidak hilang jenis RAM ini juga memerlukan penyegaran yang akan dilakukan oleh CPU. Untuk stukturnya Memori RAM ini didesign dengan menggunakan satu kapasitor atau satu transistor per bitnya, sehingga memiliki kepadatan yang tergolong lumayan tinggi.  DRAM RAM selalu memperbarui keabsahan informasi atau isinya.


4. FP RAM

FP RAM merupakan jenis memori yang bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri termasuk ke dalam bagian dari memori yang terdapat pada sebuah row address. Ketika sistem membutuhkan isi suatu alamat memori, FPM tinggal mengambil informasi mengenainya berdasarkan indeks yang telah dimiliki. FPM memungkinkan transfer data yang lebih cepat pada baris (row) yang sama dari jenis memori sebelumnya.


5. EDO RAM

EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory) merupakan jenis memori RAM dengan teknologi penyimpanan dan juga pengambilan data yang bisa dilakukan bersama -sama, sehingga kemampuan untuk membaca dan menulisnya lebih cepat. memiliki bentuk yang lebih panjang dengan jumlah pin 72 pin. RAM jenis ini sangat cocok digunakan untuk semua komputer Pentium.

Baca Lainnya :  Media Sosial

6. NV RAM

NVRAM ( Non-Volatile Random Access Memory) merupakan jenis RAM komputer yang akan dilengkapi dengan baterai Litium,lalu, sehingga sobat dapat mematikan komputer, data yang akan tersimpan di memori tidak akan hilang.


Cara Kerja RAM Pada Komputer

Pada saat kita menghidupkan komputer, Perangkat yang pertama kali bekerja adalah Processor. Fungsi Processor yaitu sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor. Akan tetapi mekanismenya tidak semudah itu, berbeda dengan Processor yang merupakan komponen digital murni dengan kecepatan memproses data yang cukup tinggi, Harddisk cenderung lambat dalam memproses data dan kalah 46 x lebih lambat dari Processor. Jika hal ini terus dilakukan maka akan terjadi yang namanya bottle-neck. Untuk mengatasi keadaan itu, diperlukan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi, sehingga kejadian bottle-neck tidak akan terjadi.

Ciri – ciri RAM yang rusak

Adapun beberapa ciri-ciri RAM yang mengalami kerusakan antara lain yaitu:


  • Kinerja pada program Komputer semakin menurun
  • Komputer/laptop sering Restart sendiri.
  • Tiba tiba layar anda Blue Screen
  • Berbunyi apabila ingin mengganti booting
  • Berbunyi apabila mengganti slot
  • Pada kipas berbunyi “krek krek krek”
  • Jika menyalakan HDD LED , tetap menyala tetapi tidak dapat booting, lalu tidak terdapat suara lain selain kipas.
  • RAM yang rusak parah ( mungkin ) akan dideteksi oleh CPU dengan bunyi BEEP ERROR CODE, tapi RAM yg Rusaknya kira-kira 30 % ,akan lolos diuji hardware saat booting tapi akan error bila diguanakan utnuk melakukan penginstallan atau sering blue screen.
  • Biasanya ketika kita hendak menginstall software sering gagal

Struktur RAM

Adapun 4 struktur RAM diantaranya yakni:


  1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input
  2. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses
  3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan
  4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output
Baca Lainnya :  Teks Diskusi

Komponen RAM


Type menjelaskan jenis (variasi) RAM berdasarkan teknologi yang digunakannya, seperti SDRAM, DDR atau DDR2. Hal ini kadang juga disebut sebagai “interface”. Contoh : Visipro DDR 256Mb PC266 berarti menggunakan teknologi DDR.

  1. Capacity menerangkan seberapa besar kapasitas penyimpanan data RAM dalam satuan Gigabyte (GB) atau Megabyte (MB). Kapasitas merupakan faktor terpenting pada sebuah RAM karena fungsiny sebagai penyimpan data. Contoh : Visipro DDR2 512Mb PC4300 berarti memiliki kapasitas 512 Megabyte.
  2. FSB (singkatan dari Front Side Bus), yaitu besar jalur data antara Processor dam RAM dalam satuan Megahertz. Satuan FSB Processor dan RAM harusnya memiliki angka yg sama agar data dapat ditransfer secara optimal [Lihat pada tabel Dual Channel RAM]. Contoh : Visipro DDR2 256MB PC3200 berarti memiliki FSB 400MHz (PC3200 dibagi 8 byte).
  3. Fungsi, menerangkan fungsi dari RAM, seperti Unbuffered (digunakan pada Desktop), ECC, atau Registered (keduanya digunakan pada Server). [Lihat pada segmen Apa itu Unbuffered, ECC dan Registered ?] Unbuffered merupakan tipe RAM biasa yg digunakan oleh komputer secara umum, ECC (Error Correction Code) biasa dipakai pada komputer Workstation / Low End Server & ECC Registered umum dipakai pada Medium to High End Server. Contoh : Visipro DDR2 1GB PC4300 ECC Registered artinya memiliki fungsi ECC Registered pada modulnya.
  4. Bandwith merupakan besarnya data yang dapat ditransfer atau diolah dalam waktu satu detik (satuan MB/s atau Megabyte per-secon). Umumnya saat ini RAM DDR/DDR2 mencantumkan bandwidth pada Module RAM. Bandwidth bisa didapat dari perkalian FSB x Arsitektur. Arsitektur RAM adalah 64-bit (8byte), sehingga jika DDR PC266 memiliki FSB 266 MHz sama dengan 266 MHz x 8 byte = 2100 MB/s. Ini artinya bahwa DDR PC266 (FSB) sama dengan DDR PC2100 (Bandwidth). Contoh : Visipro DDR2 512MB PC4300 artinya memiliki bandwidth 4300MB/s.

Demikian Penjelasan Materi Tentang RAM adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Ciri, Struktur, Komponen

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi semuanya.