Processor Adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Processor? Mungkin anda pernah mendengar kata Processor? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian processor menurut para ahli, sejarah, fungsi, macam dan cara. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Processor

Pengertian Processor

Processor atau Microprocessor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan apabila PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Processor sering juga disebut sebagai pusat pengendali atau otak komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Letak sebuah Processor adalah pada socket yang telah disediakan di bagianmotherboard, Processor dapat diganti dengan processor yang lain asalkan processor tersebut sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Banyak merk prosesor yang beredar dipasaran diantaranya Intel, AMD, IBM, Apple, Cyrix VIA, dan IDT. Namun ada 2 Perusahaan yang tekenal di dunia sebagai pengembang processor untuk PC yaitu AMD dan Intel.


Processor juga memiliki tugas membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu processor menjadi sangat panas sehingga biasanya dilengkapi dengan kipas pendingin. Umumnya pengertian processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Letak prosesor ini terdapat di motherboard, nah saat pemilihan motherboard harus disesuaikan dengan jenis soket dari prosesornya contoh untuk proscessor intel ada soket LGA maka cari motherboard dengan soket LGA juga dan proscessor AMD ada AM3+ maka harus disesuikan juga.


Namun ada hal terpenting yang selalu terlupakan yaitu nilai TDP prosesor harus sesuai dengan motherboardnya seperti sudah saya bahas di tips membuat komputer rakitan. Prosesor juga sering disebut “Microprosessor”. Bagian terpenting dari prosesor adalah: Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.

Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.

Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.


Pengertian Processor Menurut Para Ahli

Segenap ahli yang bergerak di bidang perkomputeran telah melakukan penelitian mendalam terkait processor, lalu menuangkan hasil penelitian mereka tersebut ke dalam makalah-makalah maupun jurnal yang ditujukan sebagai informasi sekaligus dapat menjadi bahan pembelajaran bagi penelitian-penelitian selanjutnya.
Pada dasarnya pengertian processor menurut ahli cenderung beragam dan terkesan tidak satu suara. Namun jika diperhatikan dengan seksama, kita bisa menemukan korelasi yang jelas antara pendapat dari ahli yang satu dan ahli lainnya.
Berikut ini beberapa pengertian processor menurut para ahli :

Menurut Ajen Dianawati

Processor adalah alat untuk mengolah atau memproses data-data komputer. Data-data tersebut bisa berupa tulisan, angka maupun gambar.

Baca Lainnya :  √Strategi Pemasaran: Pengertian, Jenis, Fungsi Serta Tujuannya

Menurut Ali Zaki & SMITDEV COMMUNITY

Processor adalah otak dari komputer, tugasnya adalah memproses masukan informasi biner dari computer.


Menurut Erima Oneto

Processor adalah otak dari sebuah komputer, yang merupakan pusat pengendali komputer dan bekerja dengan dukungan komponen lainnya.


Menurut Ir. Sugiyono

Processor adalah perangkat terpenting sebuah komputer, yaitu tenaga pelaksana sebuah eksekusi perintah atau program.


Menurut Juharis Rasul & Abdul Hamid

Processor merupakan pusat “eksekusi” setiap perintah, baik yang berupa instruksi maupun data di dalam sistem komputer.


Menurut Lia Kuswayatno

Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer.


Menurut Raya Fahreza

Processor adalah bagian terpenting dai sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengontrol segala aktivitas yang ada pada komputer.


Menurut Rahmat Putra

Processor merupakan komponen penting yang berfungsi mengendalikan semua komponen di dalam komputer, mengolah data, dan mengeksekusi semua sistem operasi yang diinstalkan di dalam computer.


Sejarah Processor

Pada tahun 1971, komponen yang disebut sebagai mikroprocessor untuk pertama kalinya dibuat oleh para teknisi dari perusahaan elektronik Intel. Mikroprosesor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Chip tersebut diberi nama Intel 4004 dan didesain oleh Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor.

Berikut merupakan garis besar sejarah perkembangan microprocessor :

  • Pada tahun 1971, Intel meluncurkan mikroprocessor pertama di dunia, 4-bit 4004,yang didesain oleh Federico Faggin.
  • Pada tahun 1974, Intel memperkenalkan processor 8-bit 8080, dengan4.500 transistor yang memiliki kinerja 10 kali pendahulunya.
  • Pada tahun 1980, Intel memperkenalkan 8087 math co-processor.
  • Pada tahun 1982, Intel memperkenalkan processor 16-bit 80286 dengan 134.000 transistor.
  • Pada tahun 1985, Intel keluar dari bisnis RAM dinamis untuk fokus pada mikroprocessor, dan akhirnya ia mengeluarkan processor 80386, sebuah chip 32-bit dengan 275.000 transistor dan kemampuan menjalankan berbagai macam program sekaligus.
  • Pada tahun 1998, Intel memperkenalkan processor Celeron.
  • Pada tahun 2004, AMD mendemonstrasikan x86 dual-core processor chip.
  • Pada tahun 2005, Intel menjual processor Dual-Core pertamanya.
  • Pada tahun 2006, Intel memperkenalkan processor core 2 duo.
  • Pada tahun 2007, Intel memperkenalkan processor core 2 quad.

Dalam perkembangannya processor terbagi menjadi beberapa tahap-tahap diantaranya :

  1. Microprocessor 4004 (1971)
  2. Microprocessor 8008 (1972)
  3. Microprocessor 8080 (1974)
  4. Generasi Pertama (processor 8088 dan 8086)
  5. Generasi Kedua (processor 80286)
  6. Generasi Ketiga (processor 80386 DX dan 80386 SX)
  7. Generasi Keempat (80486 DX, 80486 SX, Cyrix 486SLC, dan IBM 486SLC2)
  8. Generasi Kelima (Cyric 6×86, AMD, AMD K5, Pentium MMX, IDT Winchip, AMD K6, Cyric 6×86 MX, dan AMD K6-2.)
  9. Generasi Keenam (Pentium II, Celeron A:Medocino, Celeron PPGA:Socket 370, Xeon, AMD K6-3, dan Katmai.)
  10. Generasi Ketujuh (AMD K7 Athlon)
  11. Generasi Kedelapan (Intel core 2 duo, Conroe, Conroe XE, AMD Athlon 64, dan Pentium 4 Prescott.)
  12. Generasi Kesembilan (Intel core i3, Intel core i5, Intel core i7.)

Fungsi Processor

Fungsi Processor

Fungsi Processor dan Bagiannya terdiri dari tiga bagian utama yaitu :

Control Unit (CU)

Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan dan diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama dieksekusi di bagian CU ini. Untuk kemudian dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya atau harddisk akan menyimpan data hasil olahan tersebut.


Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Perhitungan matematika / aritmatika  semuanya dilakukan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, apabila program / software yang sedang kita gunakan mengalami masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini merupakan bagian LOGIKA (pengambil keputusan).

Baca Lainnya :  √Peluang: Materi, Rumus serta Contoh Soal Matematika Lengkap

Registry (Register)

Register merupakan tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Walaupun bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses tinggi.


Ada perbedaan letak kaki socket prosessor pada seri prosessor soket 478 (pentium 4) dan pada prosessor soket LGA 775. Prosessor soket LGA 775 terdapat pada dudukan di mainboardnya. Fungsi Processor sangat dominan dan utama, sebab tanpa Processor maka komputer sama saja seperti manusia yang kehilangan otaknya. Sebab pada processor itulah semua pengendalian dan pemrosesan terjadi. Bedanya processor dengan otak yaitu processor hanya berfungsi sebagai pemroses data saja, kemudian data tersebut dikirimkan ke memori utama kembali. Processor tidak bisa menyimpan data seperti halnya otak manusia. Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output.


Prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut. Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer. Untuk segi pengembang atau perusahaan khusus produksi prosesor ada 2 perusahaan terkenal yaitu intel dan AMD. Dari 2 perusahaan inilah banyak membanjiri pasaran processor. Produk ke2nya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bilang kalau ketahanan untuk di pakai berjam-jam maupun berhari-hari intel lebih dapat diandalkan sedangkan bagi para gamers AMD jadi pilihannya karena lebih baik dalam memproses grafik.


Macam-Macam Processor

Berikut ini adalah macam-macam processor yakni sebagai berikut:

Intel

Adalah sebuah processor mikro buatan dari intel corporation yang sering digunakan pada CPU pada banyak komputer pribadi.pada perkembanganya produsen intel mengeluarkan banyak versi yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya. Keunggulan Intel yakni lebih tahan lama/tidak cepat panas,intel lebih baik digunakan untuk mendukung proses kerja seperti office bukan untuk game.

Processor intel antara lain sebagai berikut:
Processor Intel
  • Intel pentium III,processor ini kompatibla dengan semua aplkasi yang dinstal pada DOS,Windows,OS/2,dan Linuk.kecepatan maksmumnya mencapai 1.4 GHz.
  • Intel pentium IV,adalah mikroprosesor yang dibuat oleh intel corp. yang dirilid pada November 2000. kecepatanya 20X lebih cepat dari Intel pentium III.
  • Intel Core TM 2 Duo,processor ini dikeluarkan oleh Intel pada Juli tahun 2006.processor ini terbukti lebih efsien dibanding versi yang sebelumnya.kecepatnya sampai 2.4 GHz.
  • Intel Core TM 2 Quad,processor ini merupakan penggabungan dari 2 processor Core 2 Duo ber-cache L2 4 MB,sehingga core 2 Quad memiliki cache L2 sebesar 8 MB(2×4 MB).
  • Intel i7,pada processor ini memory controller terletak pada pudat processor itu sendiri.fitur lainya adalah penambahan SSE4 pada instruction set,sehingga kinerja processor multimedia menjadi lebih baik.

AMD

Adalah sebuah mikroprosesor terbesar kedua didunia setelah intel corporation. AMD menjadi pesaing utama intel dalam perkembangan processor dalam duniainternasional.
Keunggulan AMD dibandingkan processor lain adalah:
  1.  Hyper Transport Teknologi penggandaan Bus pada jalur system sehingga data yang diantar lebih banyak karena lalu lintasnya lebih cepat.
  2. Enhanced Virus protection (EVP),  Teknologi yang memungkinkan processor untuk mengenali virus dan sejenisnya sehingga komputer lebih terproteksi lebih aman.
  3. AMD 64 technology,teknologi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berbasis 64bit.
Baca Lainnya :  √Manajemen Organisasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan Serta Contohnya

Macam processor AMD antara lain:

Processor ADM
  1. AMD phenom II processor
  2. AMD sempron processor
  3. AMD anthlon II processor in-a-box
  4. AMD anthlonx2 dual-core-processor
  5. AMD A-series in-a-box

Cyrix

Adalah sebuah mikroprocessor yang didirikan pada tahun 1988 di Richardson,Texas sebagai pemasok spesialis performa tinggi matematika coproprocessor untuk 286 dan 386 mikroprocessor.
Generasi cyrix antara lain:

Cyrix
  • Cyrix 486SLC,bekerja internal 32bit,eksternal 16bit dan RAM 16mb
  • Cyrix MediaGX dengan kecepatan 120-200 Mhz
  • Cyrix 6×86 dengan kecepatan 110-150 Mhz
  • Cyrix M2 dengan kecepatan 180-233 Mhz
  • Cyrix C3 dengan kecepatan 500-733 Mhz

Namun pada perkembanganya Cyrix processor kalah bersaing dengan AMD dan Intel Processor.


Cara Kerja Processor

Cara Kerja Processor

Adalah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 (tiga) hal dasar diantaranya:

  1. Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yaitu untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambaghan, perkalian dan juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  2. Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  3. Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.

Sederhananya cara kerja prossesor intinya ialah menerima umpan ataupun perintah masuk (inpot) baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun software terkait. Ketika processor bekerja maka tidak bisa terlepas dari komponen/peralatan pendukung lainnya seperti Harddisk dan Memory (RAM). Ketiga bagian tersebut akan terus saling terhubung satu sama lain dalam memproses suatu data. Fungsi Processor diibaratkan seperti otaknya komputer, yang akan memerima data kemudian memprosesnya lalu outputnya dikirim kembali ke memory atau pun harddisk. Sebenarnya bahasa / kalimat yang dikenali oleh processor hanya angka 0 dan 1. Dua angka itu saja. Disebut juga bahasa mesin / bilangan biner (01011001). Angka 0 diartikan dengan tidak adanya sinyal listrik, dan angka 1 diartikan dengan adanya sinyal listrik.


Pengertian prosesor pada komputer, fungsi prosesor pada komputer, cara kerja prosesor pada komputer, pengertian prosesor pada laptop, fungsi prosesor pada laptop, cara kerja prosesor pada laptop,pengertian prosesor pada komputer, fungsi prosesor pada komputer, cara kerja prosesor pada komputer, pengertian prosesor pada laptop, fungsi prosesor pada laptop, cara kerja prosesor pada laptop, pengertian prosesor pada komputer, fungsi prosesor pada komputer, cara kerja prosesor pada komputer, pengertian prosesor pada laptop, fungsi prosesor pada laptop, cara kerja prosesor pada laptop,pengertian prosesor pada komputer, fungsi prosesor pada komputer, cara kerja prosesor pada komputer, pengertian prosesor pada laptop, fungsi prosesor pada laptop, cara kerja prosesor pada laptop, pengertian prosesor pada komputer, fungsi prosesor pada komputer, cara kerja prosesor pada komputer, pengertian prosesor pada laptop, fungsi prosesor pada laptop, cara kerja prosesor pada laptop,pengertian prosesor pada komputer, fungsi prosesor pada komputer, cara kerja prosesor pada komputer, pengertian prosesor pada laptop, fungsi prosesor pada laptop, cara kerja prosesor pada laptop


Demikian Penjelasan Materi Tentang Processor Adalah: Pengertian, Pengertian Processor Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Macam dan Cara  Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.