√Potensi Diri: Pengertian, Jenis, Cara Serta Mengenali Potensi Diri

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Potensi Diri? Mungkin anda pernah mendengar kata Potensi Diri? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, cara serta mengenali. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Potensi Diri: Pengertian, Jenis, Cara Serta Mengenali Potensi Diri

Pengertian Potensi Diri

Potensi diri ialah keahlian, ketahanan, baik yang sudah terbentuk maupun yang sempat terbentuk, yang dipunyai individu, namun sudah seutuhnya tampak ataupun difungsikan secara maksimum oleh individu.

Potensi diri juga bisa diterjemahkan berupa keahlian prinsip yang dipunyai manusia yang sudah ada di dalam dirinya yang menanti untuk dibentukkan menjadi suatu peranan sesungguhkan dalam kehidupan diri manusia.

Jenis Jenis Potensi Diri

Berikut ini terdapat beberapa jenis dari potensi diri, yakni sebagai berikut:

  • Potensi Sosial

Potensi sosial yang besar mempunyai daya tampung mengimbangkan diri dan konsekuensi orang lain. Kehalian mengimbangkan diri dan konsekuensi orang lain dilatari Kehalian belajarnya, baik dalam alun-alun ilmu maupun keahlian.

  • Potensi Berfikir

Setiap manusia memiliki potensi berfikir. Seringkali Allah swt memerintahkan manusia untuk berfikir. Nalarnya orang hanya diperintah berfikir karena dia mempunyai potensi berfikir. Kemudian, dapat diistilahkan bahwa setiap manusia mempunyai potensi untuk berlatih masukan-masukan baru, merangkaikan beragam masukan dan memperoleh opini baru.

  • Potensi Emosi

Setiap manusia memempunyai milki potensi emosi yang atas manusia dapat memaklumi orang lain, memaklumi suara alam, sangat sukan mencintai dan dicintai, memandang dan dipandang, menghormati dan dihormati, mengarah kepada keelokan.

  • Potensi Fisik

Sekali-kali manusia memempunyai potensi yang umum untuk membentuk gerakan materi yang berhasil dan realistis serta memempunyai ketahanan materi yang kokoh. Seseorang yang kemampuan dalam aspek materi dapat mendalami olahraga dengan rutin dan selalu menampilkan atraksi yang baik.

Baca Lainnya :  Bentuk Struktur Sosial: Pengertian, Ciri, Unsur dan Fungsi

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Berikut ini terdapat beberapa cara mengembangkan potensi diri, yakni sebagai berikut:

  • Introspeksi diri

Seseorang menyisihkan waktu untuk menilai apa yang sudah dilakukannya, apa yang sudah diraih dan apa yang sudah dimiliki menjadi suatu keunggulan yang dapat membawa dan apa yang sudah dimiliki menjadi suatu kelemahan yang menghalangi berhasilnya performa tinggi. Cara tersebut sangat berhasil apabila seseorang berbicara jujur, jelas pada dirinya sendiri, mau dengan benar-benar menanggapi kata hati.

  • Tes Psikologi

Tes Psikologi yang menilai potensi psikologis seseorang dapat membagi visualisasi ketahanan dan kekurangan seseorang pada beragam bentuk psikologis misalnya keahlian intelektual, daya kerja, keahlian sosiabilitas dan daya kepemimpinan perilaku.

  • Umpan balik dari orang lain

Dalam cara ini, seseorang memohon petunjuk berupa keterangan penilaian terhadap dirinya dari orang lain. Keterangan berupa umpan balik ini melingkupi seluruh sesuatu terhadap perilaku individu yang terlihat, ide oleh orang lain yang berjumpa dan berhubungan dengannya. Cara ini bertujuan untuk menolong individu menekuni dan membenahi dirinya.

Cara Mengenali Potensi Diri

Berikut ini terdapat beberapa cara mengenali potensi diri, yakni sebagai berikut:

  • Ketahui dahulu kegiatan kesukaan anda
  • Cari tahu keahlian yang anda miliki
  • menanyai pada orang lain
  • Ketahui dahulu kemampuan dominan yang ada pada diri anda
  • Jangan kecil hati berbeda dengan orang lain untuk menumbuhkan kemampuan yang anda miliki
  • Menghargai diri sendiri dapat menolong anda untuk menjumpai siapa diri anda dan jati diri anda. Kemampuan diri baru dapat dikenali apabila anda menghargai dan mencermati apa yang sesungguhnya anda dapat menghargai diri sendiri.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Potensi Diri: Pengertian, Jenis, Cara Serta Mengenali Potensi Diri
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi