Polusi Tanah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Polusi Tanah?Mungkin anda pernah mendengar kata Polusi Tanah? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang. Pengertian, ciri, penyebab, dampak, cara mengatasi . Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Polusi Tanah

Pengertian Polusi Tanah

Polusi Tanah merupakan suatu Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami yang disebabkan oleh benda2 yang tidak dapat diuraikan oleh tanah sehingga membuat tanah menjadi tercemar. Pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan, kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah, air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air, tanah dan udara di atasnya.


Ciri-Ciri Polusi Tanah

Adapun ciri-ciri polusi tanah antara lain sebagai berikut:

  • Tanah tidak subur biasanya pH dibawah 6 (tanah asam) atau pH diatas 8 (tanah basa)
  • Tanah biasanya Berbau busuk.
  • Turunnya kesuburan tanah sehingga tanah menjadi Kering /Tandus
  • Tanah yang tercemar biasanya Mengandung logam berat, akibat kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri
  • Pada permukaan atas tanah Mengandung sampah anorganik.
  • Hilangnya unsur hara dari tanah.
  • Tidak adanya tanda-tanda pertumbuhan jamur atau mikroorganisme lain.
  • Mengandung plastik dan bahan-bahan yang tidak dapat diurai.
Baca Lainnya :  √Kesehatan Lingkungan: Pengertian, Ruang Lingkup, Objek, Tujuan dan Contoh

Penyebab Polusi Tanah

Adapun penyebab polusi tanah antara lain sebagai berikut:

  • Sampah plastik, pecahan kaca, logam maupun karet yang ditimbun dalam tanah.
  • Sisa pestisida dari kegiatan pertanian yang meresap ke tanah.
  • Limbah deterjen yang dibuang ke tanah.
  • Pengikisan lapisan humus (topsoil) oleh air.
  • Deposit senyawa asam dari peristiwa hujan
  • Kebocoran limbah cair
  • Kebocoran bahan kimia indistri atau fasilitas komersial
  • Terjadinya kecelakaan kendaraan yang mengangkut minyak
  • Air limbah dari penimbunan sampah dan juga limbah industri yang pembuangannya langsung dibuang ke tanah

Dampak Polusi pada Tanah

Berikut adalah dampak yang ditimbulkan dari polusi tanah antara lain sebagai berikut:

1. Menyebabkan polusi pada udara

Pencemaran tanah juga dapat mengakibatkan polusi udara,dikarenakan tanah yg tercemar pasti berbau busuk karena mengandung sampah atau limbah beracun. Hal ini terjadi  karena berbagai zat yang mencemari tanah (misalnya sampah) dalam jangka waktu yang lama akan menyebabakan udara yang berada di sekitarnya menjadi tercemar dan tidak sehat. Hal ini akan berakibat udara menjadi tidak nyaman untuk dihirup etika bernafas. Lalu, apabila yang membuat polusi tanah tersebut adalah sampah, ketika akan terjadi proses dekomposisi maka akan menimbulkan bau yang begitu menyengat, inilah yang dimaksud dengan polusi udara.


2. Merusak ekosistem

Ekosistem merupakan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan serta komponen- komponen yang ada di dalamnya (baik komponen biotik maupun komponen abiotik). Tanah  ini merupakan komponen abiotik sehingga ketika tanah tercemar pastinya akan menyebabkan menyebabakn ketidakseimbangan ekosistem. Akibatnya lingkungan menjadi tidak nyaman dan banyak fungsi yang seharusnya didapatkan justru akan berubah menjadi suatu wujud kerugian.


3. Menyebabkan kematian berbagai tumbuhan dan makhluk hidup lainnya

Terganggunya flora dan fauna didalam tanah akibat pencemaran sehingga mikroorganisme dalam tanah sulit berkembangbiak yg menyebabkan tanaman tidak mendapat nutrisi secara optimal. Polusi tanah ini mempunyai dampak buruk, yakni tanah yang tercemar akan menjadi racun. Hal ini akan berakibat pada masa hidup tanaman. Tamanan yang awalnya tumbuh dengan subur, lama- kelamaan akan menjadi layu, bahkan akan mati. Selain tanaman, polusi pada tanah ini juga akan berdampak pada makhluk hidup lainnya. Zat- zat polutan yang ada di dalam tanah akan masuk ke dalam jaringan tumbuhan. Ketika tumbuhan tersebut dimakan oleh manusia maupun binatang, maka efek negatifnya dapat tersalurkan pada binatang atau manusia yang memakan tumbuhan tersebut.

Baca Lainnya :  √Pons Otak: Pengertian, Fungsi, Struktur Serta Bagiannya

4. Mengurangi kesuburan tanah

Polusi tanah jelas akan menyebabkan tanah menjadi tidak subur dan produktif.  Kita semua mengetahui  bahwasannya tanah ini pada dasarnya mempunyai keunggulan. Salah satu keunggulan tanah adalah mempunyai nilai kesuburan sehingga banyak tanaman bisa hidup dengan subur. Namun ketika tanah ini sudah terkena polusi oleh berbagai macam zat yang merugikan, hal ini akan menurunkan tingkat kesuburan tanah tersebut. Tanah akan menjadi tidak subur karena zat- zat polutan sudah merusak jaringan kesuburan tanah tersebut. Akibatnya, banyak tanaman yang tidak akan bisa tumbuh dengan baik.


5. Merusak keindahan atau estetika

Hal yang pasti terjadi selanjutnya akibat adanya polusi tanah adalah rusaknya nilai keindahan atau estetika lingkungan. Keindahan lingkungan tidak hanya terdapat pada apa yang kita lihat saja, namun juga apa yang kita dengar dan apa pula yang kita rasa. Polusi tanah akan banyak sekali merusak nilai- nilai keindahan tersebut.

Tidak hanya itu saja, dan yang paling penting polusi tanah ini akan menyebabkan kondisi lingkungan yang kita tempati menjadi tidak nyaman sama sekali. Terlebih apabila pencemarah tanah tersebut disebabkan oleh sampah. Sampah- sampah akan membuat berbagai macam kerugian bagi makhluk hidup. Selain tidak sedap dipandang mata, sampah juga akan menyebabkan bau yang sangat menyengat. Ini sungguh tidak nyaman digunakan sebagai tempat bermukim.


6. Menimbulkan wabah penyakit

Dampak polusi tanah yang selajutnya adalah timbulnya banyak bibit penyakit. Tanah yang tercemar merupakan rumah yang sangat nyaman bagi organisme organisme  patogen yang menimbulkan banyak penyakit. Dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama akan menyebabkan berbagai penyakit datang dan akan menyerang  makhluk hidup yang menempati tanah yang tercemar tersebut. Penyekit ini pada akhirnya akan menyerang manusia, binatang, dan juga tumbuh- tumbuhan.

Baca Lainnya :  Pantun dan Syair

Cara Mengatasi Polusi Tanah

  • Menerapkan Daur Ulang  sehingga sampah-sampah yang ada disekitar kita bisa dimanfaatkan dengan baik, misal dijadikan mainan anak-anak, atau, kaca-kaca di daur ulang menjadi vas kembang, plastik di daur ulang menjadi ember dan masih banyak lagi cara-cara pendaur ulang sampah.
  • Memisahkan Sampah yaitu dengan cara menyediakan 2 tong sampah yang ditulisi sampah organik dan non-organik. Hal ini ditujukan untuk memudahkan dalam proses pengelolaan sampah.
  • Pengolahan Limbah yang Baik pemilahan sampah sangat berguna untuk Anda agar mudah memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai. Memilah sampah terlebih dahulu sebelum membuangnya menjadi bentuk kepedulian Anda terhadap lingkungan.
  • Menghindari Pestisida & Zat Kimia Beralih ke pupuk kompos ini merupakan solusi baik bagi para petani yang kerap menggunakan pestisida. Karena selain menyuburkan tanaman pupuk kompos juga akan meningkatkan kesuburan tanah dalam jangka panajang
  • Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri).

Demikian Penjelasan Materi Tentang Polusi Tanah: Pengertian, Ciri, Penyebab, Dampak, Cara mengatasinya

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya