Persaingan adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Persaingan?Mungkin anda pernah mendengar kata Persaingan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, jenis, bentuk, dampak, hasil, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Persaingan adalah

Pengertian Persaingan

Persaingan merupakan suatu pihak yang berusaha, berlomba dan berbuat sesuatu untuk berusaha mengalahkan pihak lain agar mencapai suatu kemenangan tertentu serta untuk mendapatkan apa yang diinginkanya. Dimana dalam Persaingan tersebut bersifat pribadi maupun kelompok. Misalnya ribuan orang yang bersaing agar keterima menjadi seorang pegawai negri sipil. Apabila terjadi Persaingan yang disertai dengan kekerasan, ancaman dan juga dari keinginan untuk merugikan pihak lain dinamakan persaingan tidak sehat. Dalam hal ini tindakan itu tidak lagi dinamakan persaingan, melainkan kepada permusuhan atau persengketaan. Bagaimanapun hasil suatu persaingan hendaknya diterima dengan kepala dingin, tanpa rasa dendam sedikit pun. Dalam sebuah persaingan tiap pihak yang bersaing harus sudah menyadari akan ada yang menang dan kalah.


Fungsi-fungsi Persaingan

Berikut adalah fungsi-fungsi persaingan antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai suatu proses sosial dan membentuk interaksi dalam masyarakat. Ia menyusun suatu cara pembagian atau distribusi komoditi yang terbatas dalam masyarakat.
  2. Persaingan dapat mendorong dan merangsang individu dan grup untuk lebih maju. Dalam bidang niaga, persaingan dapat mendorong peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja.
  3. Persaingan dapat mempunyai daya rangsang dan daya dorong yang terbatas. Orang yang telah memutuskan untuk tidak mau terlibat dalam usaha yang berdasarkan persaingan, tidak dapat dirangsang lagi untuk masuk ke dalam persaingan.
  4. Mendorong seseorang untuk memiliki kemampuan tertentu, sehingga ia memiliki kompetensi tersendiri yang berbeda dengan orang lain.
  5. Berfungsi menyaring orang-orang yang memiliki kemampuan tertentu, misalnya politikus, seniman, dan pemuka agama.
Baca Lainnya :  Kalimat Deklaratif

Jenis-Jenis Persaingan

Adapun beberapa jenis persaingan antara lain yaitu:


1. Persaingan Bersifat Pribadi

Maksudnya ialah persaingan ini terjadi ketika individu bersaing dengan satu orang atau lebih yang merupakan perorangan bersaing merebutkan sesuatu atau tujuan mereka.


2. Persaingan Bersifat Kelompok

Persaingan bersifat kelompok ini terjadi ketika dua kelompok atau lebih bersaing secara bebas tetapi sportif dalam memperebutkan tujuan mereka.


3. Persaingan Bidang Kehidupan

Secara umum persaingan bisa terjadi di hampir setiap bidang kehidupan kita seperti ekonomi, pendidikan, politik, kebudayaan. Namun persaingan harus dilakukan dengan secara jujur, sportif atau fair play. Persaingan yang demikian dapat meningkatkan prestasi seseorang atau kelompok di masyarakat.


Bentuk-bentuk persaingan

Berikut ini adalah bentuk-bentuk persaingan dalam masyarakat antara lain sebagai berikut:

  1. Persaingan di bidang ekonomi yang timbul karena terbatasnya persediaan dibanding jumlah konsumen.
  2. Persaingan di bidang kebudayaan, misalnya di bidang  agama, atau lembaga kemasyarakatan seperti pendidikan. Misalnya saat ini banyak sekolah swasta yang saling bersaing dengan membuat metode belajar tersendiri seperti full day school, yaitu sekolah di mana kegiatan belajar mengajarnya dilakukan selama sehari penuh.
  3. Persaingan untuk mencapai suatu kedudukan atau peranan tertentu dalam masyarakat. Kedudukan dan peranan yang dikejar, tergantung pada hal yang paling dihargai oleh suatu masyarakat pada suatu masa tertentu.
  4. Persaingan karena perbedaan ras. Persaingan ini terjadi karena adanya perbedaan warna kulit, bentuk tubuh, atau ciri-ciri fisik lainnya. Misalnya adanya politik apartheid di Afrika Selatan yang menyebabkan pertentangan antara kulit putih dengan kulit hitam.

Dampak Positif Dan Negatif Persaingan

Berikut adalah dampak positif dan negatif dalam persaingan:


Dampak Positif

Adapun dampak positifnya yakni:


  • Masyarakat semakin memiliki jiwa berkompetisi dalam bersaing
  • Secara berangsur angsur, masyarakat yang terlibat akan menambah nilai kualitas dalam etos persaingan (semakin memperbagus diri)
  • Mengupayakan dalam penilaian dari kerja orang lain sebagai bagian dari sikap mawas diri
Baca Lainnya :  Fungsi Fotositensis

Dampak Negatif

Adapun beberapa dampak negatif antara lain yaitu:


  • Persaingan menimbulkan konflik dan perselisihan
  • Menyebabkan terjadinya Bentrok/ Tawuran.
  • Tidak ada lagi rasa persatuan dan kesatuan, Jika tidak adalagi rasa persatuan dan kesatuan, maka Tidak adalagi Rasa kekeluargaan, persaudaraan, menghargai, dan menghormati 
  • Memicu persaingan dengan metode saling menjatuhkan
  • Berkembangnya sikap hedonisme sehingga dianggap sebagai persaingan yang tidak patut

Hasil-hasil persaingan

Berikut adalah beberapa faktor yang terkait dengan hasil-hasil persaingan antara lain sebagai berikut:


1. Kepribadian seseorang

Dalam sebuah persaingan apabila dilakukan dengan adil dan jujur akan dapat mengembangkan dan meningkatkan rasa sosial dalam diri seseorang terhadap lawannya. Persaingan dapat menambah atau memperluas wawasan seseorang dalam hal pengetahuan, kepribadian, dan rasa empati ataupun simpatinya.


2. Solidaritas kelompok

Solidaritas atau rasa kesetiakawanan kelompok akan semakin kukuh dan mantap apabila selama terjadinya persaingan dilakukan secara jujur dan sesuai dengan nilainilai yang diharapkan. Persaingan yang jujur dapat menyebabkan individu-individu dalam kelompok saling menyesuaikan diri dalam hubungan sosial dan selalu berusaha menjaga keserasian.


3. Kemajuan masyarakat

Persaingan dapat mendorong seseorang untuk meningkatkan semangat kerjanya sehingga dapat memberikan sumbangan, baik secara materi maupun motif bagi pembangunan masyarakat. Dengan adanya persaingan yang sehat suatu masyarakat akan menjadi lebih maju.


4. Disorganisasi masyarakat

Suatu persaingan dan perubahan sosial yang terjadi terlalu cepat akan dapat menimbulkan perpecahan atau disorganisasi apabila masyarakat belum dapat mengimbangi atau menyesuaikan diri terhadap persaingan tersebut.


Contoh Persaingan

  1. Bidang ekonomi, persaingan antara produsen barang sejenis dalam merebut pasar yang terbatas.
  2. Dalam hal kedudukan persaingan untuk menduduki jabatan strategis.
  3. Dalam kebudayaan persaingan dalam penyebaran ideology, pendidikan dan unsur kebudayaan lainnya.
Baca Lainnya :  HUB adalah

Demikian Penjelasan Materi Tentang Persaingan adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Bentuk, Dampak, Hasil, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya