√Penjualan: Pengertian, Jenis, Tujuan, Faktor dan Pengaruhnya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Penjualan? Mungkin anda pernah mendengar kata Penjualan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, tujuan, faktor dan pengaruhnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Penjualan: Pengertian, Jenis, Tujuan, Faktor dan Pengaruhnya

Pengertian Penjualan

Penjualan ialah salah satu fungsi pemasaran yang sangat penting dan menetapkan bagi perusahaan dalam memperoleh tujuan perusahaan, mendapatkan keuntungan untuk kontinuitas hidup perusahaan.


Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai penjualan, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Zimmere

Menurut pendapat dari Zimmere, penjualan ialah sumber utama sirkulasi kas yang masuk ke dalam perusahaan.

  • Menurut Frans M. Royan

Menurut pendapat dari Frans M. Royan, penjualan ialah pekerjaan utama seorang sales.

  • Menurut Jill Griffen

Menurut pendapat dari Jill Griffen, penjualan ialah awal ikatan seumur hidup dengan konsumen.

  • Menurut Robert Ashton

Menurut pendapat dari Robert Ashton, penjualan ialah proses pada saat individu akan membantu orang lain untuk mengambil keputusan pembelian.

  • Menurut Basu Swastha

Menurut pendapat dari Basu Swastha, penjualan ialah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dijalankan oleh penjual, untuk memngaruhi orang lain untuk bersiap membeli barang ataupun jasa yang ditawarkan.

  • Menurut Moekijat

Menurut pendapat dari Moekijat, penjualan ialah suatu aktivitas yang ditujukan untuk mencari pembeli, mengajak dan memberi panduan supaya pembelian bisa menyelaraskan keperluannya dengan produksi yang ditawarkan serta melaksanakan perjanjian tentang harga yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

  • Menurut Rhonda Abrams

Menurut pendapat dari Rhonda Abrams, penjualan ialah kegiatan yang berhubungan secara langsung dengan pelanggan untuk mendapati pesanan ataupun penjualan secara langsung.

  • Menurut Kholish Mahyuddin

Menurut pendapat dari Kholish Mahyuddin, penjualan ialah aktivitas yang bertujuan supaya produk yang kita tawarkan kepada pelanggan terbeli.

  • Menurut Kusnadi

Menurut pendapat dari Kusnadi, penjualan ialah sejumlah uang yang diwajibkan kepada pembeli atas barang ataupun jasa yang dijual.

  • Menurut Komaruddin

Menurut pendapat dari Komaruddin, penjualan ialah aktivitas untuk menukarkan barang ataupun jasa khususnya dengan uang.


Jenis-Jenis Penjualan

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis penjualan, yakni sebagai berikut:

  • Trade selling

Penjualan yang dapat terjadi bilamana produsen dan pedagang besar mempersilahkan pengecer untuk berusaha memperbaiki distribusi produk mereka.

  • Missionary Selling

Penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong pembeli untuk membeli barang-barang dari penyalur perusahaan.

  • Technical Selling

Berusaha meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasehat kepada pembeli akhir dari barang dan jasa.

  • New Businies Selling

Berusaha membuka transaksi baru dengan membuat calon pembeli seperti halnya yang dilakukan perusahaan asuransi.

  • Responsive Selling

Setiap tenaga kerja penjual dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli melalui route driving and retailing.


Tujuan Penjualan

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari penjualan, yakni sebagai berikut:

  1. Berusaha memperoleh volume penjualan
  2. Berusaha memperoleh keuntungan tertentu
  3. Menopang peningkatan perusahaan

Faktor yang Mempengaruhi Penjualan

Berikut ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan, yakni sebagai berikut:

Kondisi dan kemampuan Pasar

Disini penjual harus dapat meyakinkan pembeli agar berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan untuk maksud tersebut, penjual harus dapat memahami beberapa masalah yang cukup penting:

  • Jenis dan karakteristik barang atau jasa yang ditawarkan
  • Harga produk
  • Syarat penjualan, seperti ; pembayaran, pengantaran, garansi dan sebagainya

Kondisi Pasar

Hal yang harus diperhatikan pada kondisi pasar antara lain :

  1. Jenis pasarnya, apakah pasar konsumen, pasar industri, pasar  pemerintahan atau pasar Internasional
  2. Kelompok pembeli dan segmen pasarnya
  3. Daya beli
  4. Frekuensi pembeliannya
  5. Keinginan dan kebutuhan

Modal

Apakah modal kerja perusahaan mampu untuk mencapai target penjualan yang dianggarkan seperti untuk :

  • Kemampuan untuk membiayai penelitian pasar yang dilakukan
  • Kemampuan membiayai usaha-usaha untuk mencapai target penjualan
  • Kemampuan membeli bahan mentah untuk dapat memenuhi target penjualan

Kondisi organisasi perusahaan

Pada perusahaan besar, biasanya masalah penjualan ditangani oleh bagian penjualan. Lain halnya dengan perusahaan kecil, dimana masalah penjualan ditangani oleh orang yang juga melakukan fungsi-fungsi lain.


Pengaruh Biaya Penyaluran Fisik Mengenai Volume Penjualan

Dari penjelasan diatas diketahui bahwa, biaya penyaluran fisik bisa mempengaruhi volume penjualan, dengan begitu biaya penyaluran fisik tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan antar satu dengan yang lain. Baik pada perusahaan yang berorientasi pada laba atau tidak, karena dengan pengelolaan biaya penyaluran fisik yang efektif dan efisien akan mempengaruhi peningkatan keuntungan perusahaan dan secara tidak langsung akan meningkatkan volume penjualan.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Penjualan: Pengertian, Jenis, Tujuan, Faktor dan Pengaruhnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  Drama adalah
Baca Lainnya :  √26 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Baca Lainnya :  √Benua: Pengertian, Mekanisme, Jumlah Serta Jenisnya