Pengertian WordPress

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang WordPress? Mungkin anda pernah mendengar kata WordPress? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, sejarah, informasi, fasilitas, kegunaan, keunggulan dan cara. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pengertian WordPress

Pengertian WordPress

WordPress merupakan salah satu jenis CMS yang populer di samping Blogspot, Drupal, Mambo dan Joomla. Berbeda dengan blogspot yang menggunakan bahasa pemrograman HTML dan XML, wordpress dibuat dalam bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. WordPress (WP) adalah CMS dengan lisensi Open. Saat ini, jumlah pengguna WordPress telah menembus jutaan blog di seluruh dunia. Dengan WordPress, kita bisa memiliki layanan blog dengan nama domain sendiri dan di server sendiri. Jadi, kita punya kontrol penuh atas blog kita, baik dari segi desain maupun content. WordPress sangat mudah dikelola, tampilannya menggunakan template dikombinasikan dengan plugin yang membuatnya menjadi sangat powerfull. Saat ini telah ada ratusan themes dan plugins yang bisa di download secara gratis di situs official WordPress.org.WordPress juga memiliki versi yang instant dan gratis hosting seperti halnya blogspot. Anda bisa mendaftar langsung dWordPress.com dan memiliki blog dengan domain http://blog-yang-kamu-mau.wordpress.com. Layanan gratis ini tidak sebebas seperti layanan WordPress.org dalam hal meng-oprak-oprek. Mungkin yang paling mengecewakan, blog yang menumpang di WordPress.com tidak bisa dipasang adsense. Paling tidak, kelebihan dari layanan ini adalah Anda tentu tidak akan dipusingkan dengan persoalan uang tahunan buat bayar sewa domain dan hosting.


Sejarah WordPress

Segalanya dimulai di tahun 2001, ketika blogware bernama b2/cafelog yang di develop oleh Michel Valdrighi di hentikan pengembangannya. Kala itu, seorang developer web bernama Matt Mullenweg yang menggunakan b2 Makalah WordPress 6 sebagai blogware utama untuk situsnya memutus kan untuk mengembangkan sebuah blogging software yang dikembangkan dari codebase b2 pada 2003. ia pun pada akhirnya dikontak oleh Mike Little dan akhirnya mengembangkan software ke dalam bentuk yang lebih modern lagi dan sesuai dengan standar web Pa dan kebutuhan Matt. Pada akhirnya, Michel valdrighi selaku pengembang asli dari blogware b2 pun bergabung pada tim mereka:

  1. 27 Mei 2003. WordPress pertama kali di rilis (versi 0.7).
  2. 19 desember 2003, WordPress wiki di publish. Kita mengenalnya sekarang dengan codex.wordpress.
  3. 3 Januari 2004, WordPress versi 1.0 di rilis. Upgrade besar besaran dari vrsi sebelumnya. Edit link, interface admin baru, multiple category, dan fitur – fitur yang sangat usefull hingga versi terkini wordpress.
  4. 22 Mei 2004, versi 1.2 dirilis. perubahan besar – besaran. POst review, Arsitektur plugin baru, sistem moderasi komentar yang lebih oke.
  5. Pertengahan februari 2005, versi 1.5 dirilis. kemampuan memanage static page (atau kita kenal dengan page pada wordpress) telah merubah wordpress dari simple blog management menjadi full content management system. Theme system yang memudahkan user merubah tampilan, dan juga default template baru dengan codename Kubrick yang didesain oleh Michael Heilemann.
  6. Pada tahun 2005 merupakan tahun yang sangat berarti untuk wordpress. versi 1.5 yang di download lebih dari 900,000 kali, dan saat dimulainya service wordpress di wordpress.comMakalah WordPress 7 .
  7. Desember 2005, versi 2.0 dirilis. fitur baru pada rich editting, sistem administrasi yang lebih baik, upload image, pengembangan import system, posting yang lebih cepat, pengembangan yang lebih baik untuk developer plugin.
  8. tahun 2006, blogware wordpress di download sebanyak 1,545,703 kali, dan 371 plugin unik yang di download sebanyak 191,567 kali. pada tahun ini juga pertama kali diadakannya WordCamp pertama kali di san fransisco
  9. 22 Januari 2007, versi 2.1 dirilis. desain ulang interface dan pengembangan tools editing, pengembangan opsi manajemen konten, dan optimasi database.
  10. 16 Mei 2007, versi 2.2 dirilis. fitur support widget untuk template, support Atom feed, optimasi kecepata, revisi sistem taksonomi untuk category seperti tags.
  11. 24 September 2007, versi 2.3 dirilis. support native tagging, sistem taksonomi baru untuk category, notifikasi yang mudah untuk update, dan support penuh terhadap Atom 1.0
  12. pada tahun 2007 engine wordpress di download sebanyak 3,816,965 kali. dan terdapat 1,384 plugins yang di download sebanyak 2,845,884 kali. Meningkat 15 kali. pada tahun 2007 ini juga wordpress mengadopsi sistem release reguler terjadwal. rilis fitur major dijadwalkan sekitar setiap 3 – 4 bulan, atau 3 kali dalam setahun
  13. 29 maret 2008, versi 2.5 dirilis. para developer men-skip versi 2.4 sehingga versi 2.5 mengandung 2 major release. versi 2.5 membawa interface admin bar.Makalah WordPress 8.
  14. 15 july 2008, versi 2.6 dirilis dengan sejumlah peningkatan krusial. Dari word count, theme preview dan revisi post ala wiki.
  15. Penemu WordPress
Baca Lainnya :  Storyboard adalah

Matthew Charles Mullenweg dikenal dengan Matt Mullenweg (lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat, 11 Januari 1984; umur 28 tahun) adalah pendiri sekaligus pengembang perangkat lunak WordPress. Matt menempuh pendidikan SMA di bidang Seni Visual dan Pertunjukan. Ia pun mahir memainkan musik saksofon. Meskipun studinya bukan dibidang teknologi komputer dan programming, Matt berhasil mendirikan serta mengembangkan software yang kini sangat terkenal yakni WordPress.com, Akismet dan bisnis Automattic-nya.


Informasi Tambahan WordPress

Sebagai informasi tambahan, untuk fitur wordpress terbaru saat ini yaitu wordpress 2.9.2, dapat sobat lihat dalam list di bawah ini :

  1. Inline PHPdoc documentation
  2. Quick Edit inline editin
  3. Comment threading and pagin
  4. Drag and drop on dashboard and post scree
  5. Add media without creating post
  6. Screen Options to hide/show modules/columns on screen
  7. Comment reply from admi
  8. Plugin browser/installer
  9. QuickPress
  10. Sticky posts
  11. Navigation expand/collapse in two direction
  12. New design/layout
  13. Upgrades and installs over secure FTP
  14. Shortcuts menu

Fasilitas WordPress

Berikut ini adalah beberapa fasilitas wordpress yaitu:

  • Edit dan Categories pada menu Post
  • Add New pada menu Medi
  • Edit pada menu Link
  • Edit pada menu Page
  • Edit pada menu Comments
  • Themes dan Widgets pada menu Appearance
  • Installed dan Add New pada menu Plugin
  • Privacy dan Permalinks pada menu Settings

Kegunaan WordPress

Multi User: memunginkan anda membuat situs komunitas sendiri dengan mengaktifkan multi user, sehingga pengunjung yang mendatangi situs anda dapat berperan aktif.Dinamis: Jika ingin meng-UpdateWordpress anda dengan mengganti tema/template situs Wordpres dapat dengan cepat mengganti tanpa mengulangnya dari awal.Upgrade: Jika versi yang baru muncul maka dengan mudah anda meng-Install-nya ke versi yang lebih baru dan biasanya terdapat tambahan fasilitas dan lainnya. Dukungan penuh: WordPress mendukung penuh termasuk pihak ketiga untuk ekstensinya seperti template dan plugin dan hampir semuanya dapat anda peroleh secara gratis. Layanan permalink: Semua URL anda akan secara otomatis ditambah ke berbagai mesin pencari seperti Google secara permanen. Multi bahasa: WordPress menyediakan berbagai bahasa untuk memudahkan pengguna dan sudah termasuk bahasa Indonesi.

Baca Lainnya :  Pengertian HAM Menurut Para Ahli


Keunggulan Word Press

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari wordpress yaitu:

  1. Berbasis Open Source
  2. WordPress ini berbasis Open Source, sehingga bisa didapatkan secara gratis.
  3. Kustomisas
  4. WordPress memiliki keunggulan dalam hal Content Management System (CMS).
  5. Hal ini memudahkan pengguna untuk menambahkan dan mengubah isi dari situs
  6. maupun blog.
  7. Plugin
  8. Dukungan plugin ini sangat bervariasi, dari mulai pemblokir Spam,pengatur
  9. komentar seperti pembuat pooling sampai dengan keamanan, pembuat forum, dan
  10. plugin untuk e-commerce.
  11. Themes
  12. Word Press menyediakan banyak tampilan sesuai dengan yang pengguna

Cara Membuat Blog WordPress

Berikut ini adalah beberapa cara membuat blog wordpress yaitu:

  • Klik/buka id.wordpress.com (Blog Bahasa Indonesia) atau en.wordpress.com (Blog in English Version
  • Isilah Form Pendaftaran Gratis (Blog Bahasa Indonesia)
    Nama Pengguna : isilah nama blog yang Anda inginkan (paling sedikit 4 huruf/angka). Contoh : nusantaranews atau pemuda1989 [catatan: tidak boleh spasi, hanya boleh huruf dan angka]
    Kata Sandi : pilih sandi/pin/password (paling sedikit 6 huruf/angka)
    Konfirmasi : ketik kembali sandi/pin/password di atas
    Email Address : isilah alamat email Anda (pastikan Anda memiliki email yang valid)
    Legal flotsam : beri tanda centang padakotak yang tersedia sebagai tanda setuju dengan syarat dan ketentuan WordPress.
    Beri tanda titik pada kotak tersedia “Berikan aku blog! (Seperti namauser.wordpress.com)”
  • Pada bagian kiri bawah, klik Berikutnya
  • Pada halaman selanjutnya, akan muncul tampilan
    Nama Domain :
    Jika nama usernya tepat, maka nama tersebut menjadi domain blog kamu.
    Misalnya yang dipilih adalah pemuda1989, maka domainnya adalah pemuda1989.wordpress.com
    Jika nama usernya sudah digunakan oleh orang lain, maka akan muncul peringatan “Maaf, blog tersebut sudah ada!” .
    Maka ketiklah nama blog lainnya, lalu klik signup. Misalnya nusantaranews sudah digunakan, lalu gantilah/tambahkan frasa ku misalnya menjadi nusantara1989
    Judul Blog : Anda dapat menggantikan Judul blog seperti Nusantaranews – Informasi, Fakta dan Opini
    Bahasa : Pilihlah Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang akan Anda gunakan dalam menulis
    Privasi : Pastikan ada tanda titik pada kotak (biasanya sudah ada secara otomatis).
  • Klik Sign Up
    Dan pada halaman berikutnya, akan akan tampilan yang meminta Anda mengecek email untuk menyelesaikan proses registrasi ( Check Your Email to Complete Registration)
  • Selanjutnya, bukalah email Anda, dan ada pesan yang masuk (biasanya cuman beberapa detik) dari WordPress. Pada pesan tersebut, kliklah link link yang berwarna biru
    Dengan mengklik link biru tersebut, berarti Anda sudah memiliki blog pribadi. Selama
Baca Lainnya :  Pencak Silat

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian WordPress : Pengertian, Sejarah, Informasi, Fasilitas, Kegunaan, Keunggulan dan Cara  Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari