Pengertian Tindakan Ekonomi

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Tindakan Ekonomi? Mungkin anda pernah mendengar kata Tindakan Ekonomi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertia, pelaku, menurut para ahli, macam, tujuan, pengelompokan, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Tindakan-Ekonomi

Pengertian Tindakan Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu yang menggambarkan korelasi antara orang yang terlibat dalam salah satu produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa.

Istilah “ekonomi” berasal dari kata Yunani oikos, yang berarti “keluarga, rumah,” dan nomos, yang berarti “aturan, aturan, hukum.”

Secara umum, ekonomi didefinisikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.”

Ekonomi atau ekonom tepercaya berarti orang yang menggunakan konsep dan data ekonomi di tempat kerja.

Tindakan ekonomi adalah perilaku individu yang digerakkan oleh upaya memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai kesejahteraan.

Adalah ekonomis jika Anda dapat bertindak dalam terang pengorbanan dan konsekuensinya, memiliki prioritas tinggi, dan membuat semua pilihan sempurna untuk memenuhi kebutuhan berbagai kemampuan.


Pelaku Tindakan Ekonomi

  • Tindakan dalam ekonomi individu adalah tindakan ekonomi yang diambil oleh seseorang untuk mengingat perlunya menjadi makhluk sosial.
  • Tindakan ekonomi dari badan masyarakat adalah salah satu tindakan ekonomi yang dapat dilakukan oleh berbagai macam organisasi sosial seperti asosiasi, perusahaan dan yayasan.
  • Tindakan dalam ekonomi pemerintah adalah tindakan ekonomi yang dapat diambil oleh pemerintah atau lembaga negara untuk memenuhi berbagai kebutuhan suatu negara atau masyarakat.
  • Tindakan dalam suatu negara dan ekonominya adalah salah satu tindakan ekonomi yang dilakukan antara dua atau lebih negara dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan negara-negara terkait.
Baca Lainnya :  Curriculum Vitae

Pengertian Tindakan Ekonomi Menurut Para Ahli


1. Menurut Rohmatul Khamisah

Tindakan ekonomi adalah upaya semua manusia untuk memenuhi kebutuhannya.


2. Menurut Rendi Andika

Tindakan ekonomi, upaya semua umat manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka yang tidak dibatasi dengan pertimbangan berdasarkan skala prioritas untuk mencapai kemakmuran.


3. Menurut Wikipedia

Tindakan ekonomi adalah istilah yang merujuk pada setiap upaya manusia berdasarkan pemilihan apa yang dianggap terbaik dan paling menguntungkan.


Macam-Macam Tindakan Ekonomi


1. Tindakan ekonomi yang wajar

Tindakan ekonomi yang masuk akal adalah perilaku seseorang berdasarkan pilihan terbaik dan paling menguntungkan.

Karena itu, manusia dapat meningkatkan kehidupan ekonomi mereka. Istilah rasional ini berarti pemikiran atau pertimbangan yang sangat logis atau rasional.

Tindakan yang wajar diperlukan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun bisnis.

Berdasarkan pertimbangan untung dan rugi, manusia dapat meningkatkan kehidupan ekonomi mereka. Pertimbangan yang masuk akal mulai dari kecil hingga besar.

Karakteristik kegiatan ekonomi rasional adalah sebagai berikut.

  • Dapatkan kepuasan maksimal dengan pengorbanan minimal. Dalam ilmu ekonomi disebut prinsip ekonomi.
  • Aktivitas ekonomi juga harus didorong oleh kepentingan. Dorongan seperti itu dalam ilmu ekonomi disebut motivasi ekonomi.

Contoh:

Wawan harus membeli seragam dan pakaian baru, tetapi Ali punya uang untuk membeli hanya satu kain.

Setelah pertimbangan matang, Wawan akhirnya memutuskan untuk membeli seragam, karena mereka memiliki prioritas lebih tinggi daripada membeli pakaian baru yang dapat menggantikan yang lama.


2. Tindakan ekonomi irasional

Tindakan ekonomi irasional, yang menurut definisi semua perilaku manusia yang menghasilkan lebih banyak uang, sebenarnya berbahaya.

Mereka yang dapat bertindak tidak rasional biasanya tidak dapat mempertimbangkan biaya, waktu, dan energi yang dikeluarkan.

Baca Lainnya :  Pengertian Manajemen Pendidikan

Contoh:

Ibu membeli beras di pasar jauh karena harga beras rendah, tetapi ketika dihitung, total biaya yang dikeluarkan sama atau lebih tinggi.


Tujuan Tindakan Ekonomi

  • Untuk dapat memilih atau menentukan objek atau layanan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
  • Untuk dapat membedakan kualitas barang dan jasa
  • Memprioritaskan kebutuhan hidupnya.
  • Untuk mempertimbangkan pro dan kontra pilihannya.

Pengelompokkan Kegiatan dalam Tindakan Ekonomi


1. Kegiatan ekonomi dalam produksi

Produksi adalah kegiatan menambah nilai pada suatu produk untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan produksi dikenal sebagai produsen.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga jenis:

  • Produksi industri primer (pertambangan, pertanian), produksi industri sekunder (pabrik sepatu), dan produksi industri tersier (guru).
  • Produksi Sektor Publik (PT. PLN) dan Sektor Swasta (Telkom).
  • Produksi departemen konsumen (dokter) dan departemen investasi (pabrik mobil).

2. Kegiatan ekonomi dalam distribusi

Distribusi adalah salah satu kegiatan untuk menyampaikan hasil produksi kepada konsumen. Pihak yang mendistribusikan barang atau jasa disebut distributor.


3. Kegiatan ekonomi dalam konsumsi

Mengkonsumsi adalah salah satu kegiatan di mana Anda dapat menggunakan, menggunakan, dan menikmati item atau layanan. Orang yang terlibat dalam kegiatan konsumen juga disebut konsumen.

Perilaku konsumen meliputi pembelian barang dan jasa, mengkritik barang dan jasa, dan sebagainya.


Contoh Tindakan Ekonomi

  • Habiskan uang untuk memenuhi kebutuhan makanan Anda, bukan kebutuhan rekreasi Anda.
  • Beli barang yang lebih murah tapi lebih mahal dan tahan lama daripada yang mudah rusak.
  • Tiketnya mahal, tapi kereta pribadi lebih nyaman.
  • Beli barang edisi terbatas dengan harga yang cukup tinggi untuk memuaskan diri sendiri.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Tindakan Ekonomi: Pelaku, Menurut Para Ahli, Macam, Tujuan, Pengelompokkan dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

Baca Lainnya :  Denudasi Adalah

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari