Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Seni? Mungkin anda pernah mendengar kata Seni? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang 42 pengertian seni menurut para ahli, fungsi, teori & contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pengertian seni

Pengertian Seni

Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan dan pelayanan. Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda “genie” dalam bahasa Latin disebut “genius”, artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir , menurut kajian ilmu di eropa mengatakan “ART” yang berarti artivisual yaitu adalah suatu media yang melakukan suatu kegiatan tertentu. Seiring dengan perkembangan waktu, banyak definisi seni diungkapkan oleh beberapa ahli. Berikut diuraikan beberapa definisi seni menurut para ahli nya .


Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 42 pendapat dari para ahli mengenai pengertian seni, yakni sebagai berikut:

1. Menurut Sudarmaji

Menurut pendapat dari Sudarmaji, seni ialah semua bentuk jiwa dan keahlian berseni dengan memakai sarana bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.


2. Menurut Ki Hajar Dewantara

Menurut pendapat dari Ki Hajar Dewantara, seni ialah hasil keelokan sehingga bisa membangkitkan pandangan indah orang yang memandanginya, oleh sebab itu kerjaan manusia yang bisa dihasilkan bisa mengakibatkan pandangan indah itu seni.


3. Menurut Immanuel Kant

Menurut pendapat dari Immanuel Kant, seni ialah sebuah keinginan karena menyatakan tidak bisa mengupayakan kebenarannya.


4. Menurut Aristoteles

Menurut pendapat dari Aristoteles, seni ialah bagian yang pembeberan dan penampakan yang tidak pernah beralih arah dari kebenaran dan seni tersebut ialah mencontoh alam.


5. Menurut Leo Tolstoy

Menurut pendapat dari Leo Tolstoy, seni ialah pepatah pandangan kreator yang disampaikan kepada orang lain supaya mereka bisa mengharapakan apa yang diharapkan oleh pelukis.


6. Menurut Alexander Baum Garton

Menurut pendapat dari Alexander Baum Garton, seni ialah keelokan dan bertujuan yang nyata dan menciptakan karunia yang menganggap dalam kesenangan.


7. Menurut Drs. Popo Iskandar

Menurut pendapat dari Drs. Popo Iskandar, seni ialah hasil perbahasaan perasaan yang ingin diuraikan kepada orang lain dalam pengetahuan hidup bermasyarakat maupun berkelompok.

Baca Lainnya :  √20 Pengertian Negara Menurut Para Ahli dalam Bukunya

8. Menurut Eric Ariyanto

Menurut pendapat dari Eric Ariyanto, seni ialah aktivitas jiwa ataupun aktivitas psike yang dibayangkan dalam bagian karya yang bisa menimbulkan pandangan orang lain yang memandang ataupun mencermatinya.


9. Menurut Ira Adriati. M.Sn

Menurut pendapat dari Ira Adriati. M.Sn, seni ialah prosedur dan pembuatan dari mempunyai media dan suatu tata peraturan untuk pemakaian media tersebut dan suatu tata skala-skala yang memastikan apa yang cocok dengan mimik muka lewat media tersebut, untuk memberikan baik keyakinan, ide, persepsi ataupun pandangan dengan cara baik dan bener yang mungkin untuk media tersebut.


10. Menurut James Murko

Menurut pendapat dari James Murko, seni ialah deskripsi rasa elokan yang berisi dalam psike setiap manusia, dilahirkan dengan hubungan media komunikasi ke dalam bagian yang bisa diibaratkan oleh indra pendengar (seni suara), pemandangan (seni lukis) ataupun dilahirkan dengan hubungan gerak (seni tari, drama).


11. Menurut Hilary Bel

Menurut pendapat dari Hilary Bel, seni ialah kata yang dipakai untuk semua kreasi yang bisa menyentuh hati untuk mengetahui siapa arsiteknya.


12. Menurut J.J Hogman

Menurut pendapat dari J.J Hogman, seni ialah sesuatu yang mempunyai elemen gagasan, kegiatan dan artefak.


13. Menurut KBBI

Menurut pendapat dari KBBI, seni ialah sebuah kemampuan dan kemahiran individu yang bisa menciptakan sesuatu yang mempunyai makna.


14. Menurut Mernurut Kottak

Menurut pendapat dari Mernurut Kottak, seni ialah sebagai keterampilan, hasil mimik muka, alam keelokan ataupun semua keadaan yang melewati kemurnian serta pembagian fenomena mengenai etika berseni.


15. Menurut Chatrin Muler

Menurut pendapat dari Chatrin Muler, seni ialah sesuatu yang berinteraksi dengan karya cipta individu yang diperolehkan dari faktor rasa.


16. Menurut Dra. Nuning Y. Damayanti

Menurut pendapat dari Dra. Nuning Y. Damayanti, seni ialah sebuah prosedur dari diri manusia, sehingga seni itu adalah pandanan kata daripada ilmu. Seni bisa ditampak melewati pokok mimik muka dari beragam keahlian manusia.


17. Menurut Ahdian Karta Miharja

Menurut pendapat dari Ahdian Karta Miharja, seni ialah semua bagian kegiatan jiwa yang menggambarkan kebenaran dalam sebuah karya, dimana bagian dan kandugannya mempunyai daya untuk menghidupkan kembali keelokan spesial didalam psike karunianya.


18. Menurut Harry Sulastianto

Menurut pendapat dari Harry Sulastianto, seni ialah suatu kemampuan dalam melahirkan beragam macam gagasan dan gagasan berseni, terhitung dalam membentuk semua keahlian dan khayalan ideologi akan suatu benda dan kondisi ataupun karya yang bisa meningkatkan rasa elok sehingga bisa membuat kebudayaan yang lebih berkembang lagi.


19. Menurut Sartono Kartodirdjo

Menurut pendapat dari Sartono Kartodirdjo, seni ialah sebuah struktur yang teratur, karena dapt menerapkan komunikasi secara efisien yakni melewati bagiannya saja dapat membuktikan secara umum.


20. Menurut Ensiklopedi Indonesia

Menurut pendapat dari Ensiklopedi Indonesia, seni ialah karya dari semua kondisi, karena keelokannya orang senang untuk memandangnya.


21. Menurut Plato dan Rousseau

Seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.


22. Menurut Ahdian Karta Miharja

Seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.


23. Menurut Prof. Drs. Suwaji bastomi

Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.


24. Menurut Schopenhauer

Seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak.

Baca Lainnya :  √Wirausaha: Pengertian, Ciri, Karakteristik, Manfaat Serta Tujuannya

25. Menurut Prof. DR. George R. Terry

Seni adalah kekuatan pribadi seseorang yang kreatif, ditambah dengan keahlian yang bersangkutan dalam menampilkan tugas pekerjaannya.


26. Menurut Padmapuspitha

Berdasarkan etimologis, seni adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan berdasarkan kajian ilmu, seni adalah suatu media yang dapat melakukan suatu aktivitas tertentu.


27. Menurut Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Seni adalah kemampuan dan kemahiran seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yang bersangkutan dengan tugas dan fungsinya sebagai seniman.


28. Menurut Nanang Rizali

Seni adalah manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta manusia yang meliputi seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain.


29. Menurut Al-Farabi

Seni adalah ciptaan yang berbentuk keindahan.


30. Menurut Irma Damayanti

Seni adalah intisari ekspresi dari berbagai kreativitas manusia.


31. Menurut Al-Ghazali

Seni adalah hasil kerja yang dilahirkan jiwa dan rasa manusia sesuai dengan fitrahnya.


32. Menurut Yekti Herlina

Seni adalah media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi pikirannya.


33. Menurut Kottak

Seni adalah kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan, atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.


34. Menurut Ahmad Zaenuri

Seni adalah usaha seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yang dapat diterima oleh dunia eksternal.


35. Menurut Koentjaraningrat

Seni adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.


36. Menurut William A. Haviland

Seni adalah penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.


37. Menurut Nandawan L. Hasanah

Seni adalah suatu ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indera manusia.


38. Menurut Thomas Munro

Seni adalah alat buatan manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.


39. Menurut Herbert Read

Menurut Herbert Read, pengertian seni adalah ekspresi dari penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang dikaitkan dengan perasaan, aktivitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya.

40. Menurut Peter Winslet 

Seni adalah Ketrampilan mengolah sesuatu menjadi karya yang menawan.


41. Menurut Kuncoro diningrat 

Seni adalah segara yang dibuat oleh manusia harus berpola.


42. Menurut Everyman Encyklopedia

Menurut Everyman Encyklopedia, seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang, bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan, ataupun kebutuhan spiritual.


Fungsi Seni

Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuhan kebutuhanseni dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Fungsi Individual

Fungsi Individual adalah seni dapat dinikmati dan bermanfaat bagi individu. Manusia sebagai individu terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis adalah emosi.  Maka fungsi individual dibagi menjadi dua, yakni:

  • Fungsi pemenuhan kebutuhan secara fisik adalah  fungsi yang banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik. Seperti busana, perabot, rumah, musik senam dan sebagainya.
  • Fungsi pemenuhan kebutuhan secara psikis/emosional adalah fungsi yang dipenuhi melalui seni murni baik dari segi pembuat/penggubah, maupun konsumen penikmat. Contohnya, lukisan, novel, musik, tari, film dan sebagainya.

2. Fungsi Sosial

Fungsi Sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relatif bersamaan. Fungsi ini dikelompokn menjadi beberapa bidang, yakni :

  1. Rekreasi/hiburan : yakni seni dapat dijadikan sarana untuk melepas kejenuhan dan mengurangi kesedihan. Hal ini dapat terjadi pada saat kita menyaksikan musik, tarian, film dan lawak
  2. Komunikasi : seni dapat digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan, dan produk kepada orang banyak. Contoh lagu balada, poster, drama komedi, dan reklame.
  3. Pendidikan : pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana pengantarnya. Contohnya gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah atau dokumenter, poster ilmiah, lagu-lagu anak dan foto.
Baca Lainnya :  √Asuransi : Pengertian, Jenis, Keuntungan, Prinsip dan Penolakan

Teori Seni

Teori seni merupakan gabungan antara dua suku kata, yaitu terdiri dari teori & seni. Berikut beberapa pengertian TEORI menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), TEORI adalah:

  • Pendapat yg didasarkan pada penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi.
  • Penyelidikan eksperimental yg mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, argumentasi.
  • Asas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan.
  • Pendapat, cara, dan aturan untuk melakukan sesuatu.
  • Pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa.

Contoh Seni

Karya seni rupa terapan dapat kita temukan disekeliling kita. Namun apakah anda mengetahui bahwa benda benda yang kita gunakan adalah karya seni tersebut. Berikut contoh seni rupa terapan:


1. Batik

batik
Contoh seni rupa terapan yang pertama adalah batik. Batik merupakan karya seni tradisional yang berupa kain dengan bagian atasnya terdapat corak atau gambar yang dilukis menggunakan malam. Batik tersebut terdapat di Indonesia dan telah diakusi oleh UNESCO sebagai “Masterpieces of the Oral and Intaghible Heritage of Humanity pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik tersebut ada disekitar daerah di Indonesia dengan motif yang berbeda beda, Salah satu batik yang populer dikalangan masyarakat ialah kerajinan batik Solo.

2. Anyaman

anyaman

Anyaman adalah contoh seni rupa terapan yang berupa susunan serat yang berbentuk benda. Anyaman tersebut terbuat dari serat pada tumbuhan maupun plastik. Karya seni rupa terapan yang berupa anyaman ialah keset, keranjang, kursi dan masih banyak lagi.


3. Kerajinan Kulit

kerajinan kulit

Contoh seni rupa terapan dapat berupa kerajinan kulit. Di indonesia terdapat banyak sekali kerajinan kulit seperti sabuk, tas, sepatu dan lain lain. Kerajinan kulit tersebut dapat kita temukan diwilayah wilayah  Yogyakarta maupun Jawa Barat.


4. Keramik

keramik

Salah satu contoh seni rupa terapan adalah keramik. Keramik merupakan karya seni rupa terapan yang berupa barang yang terbuat dari tanah lihat yang dibakar manual atau menggunakan teknologi. Keramik tersebut berupa porselin, gerabah, guci, genteng dan lain lain.


5. Ukiran Batu

ukiran batu

Ukiran batu adalah contoh  seni rupa terapan. Karya seni ini sulit untuk dipindahkan karena terlalu berat sehingga dapat dipakai sekali saja. Hasil karya seni rupa terapan dapat berupa Candi Borobudur, hiasan dinding, ornamen rumah dan sebagainya.


6. Logam

logam

Contoh seni rupa terapan yang terkenal pada jaman dahulu adalah logam. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan logam dari kerajaan kerajaan terdahulu. Salah satu wilayah pembuat logam yang terdapat di Indonesia ialah wilayah Yogyakarta. Yogyakarta merupakan pengrajin perak dengan berbagai jenis benda. Benda tersebut dapat berupa perlengkapan rumah tangga, perhiasan dan hiasan rumah. Logam yang dapat dijadikan sebagai karya seni rupa terapan seperti perak, kuningan maupun tembaga.


7. Ukiran Kayu

ukiran kayu

Contoh seni rupa terapan yang terakhir adalah ukiran kayu. Hasil karya tersebut terkait dengan budaya Melayu. Wilayah negara Indonesia yang merupakan penghasil kayu terbaik ialah Jepara.


Demikian Penjelasan Materi Tentang 42 Pengertian Seni Menurut Para Ahli, Fungsi, Teori & Contoh  Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.