23 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Seni Rupa? Apakah kalian pernah mendengar istilah dari Seni Rupa? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang 23 pengertian menurut para ahli. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

23 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat pendapat dari para ahli mengenai seni rupa, yakni sebagai berikut:


1. Menurut La Mery

Menurut pendapat dari La Mery, Seni rupa merupakan suatu penglihatan ekspresi secara simbolis dalam bentuk yang jelas dan detail dengan lebih indah yang dinetralisir menjadi sebuah bentuk ataupun wujud indah yang merupakan bentuk pengekspresian perasaan.


2. Menurut Alexander Baum Garton

Menurut pendapat dari Alexander Baum Garton, Seni rupa merupakan sebuah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif, serta menjadikan setiap orang yang meilhat atau mendengarnya merasa bahagia.


3. Menurut Emmanuel Kant

Menurut pendapat dari Emmanuel Kant, Seni rupa merupakan suatu impian yang tidak dapat direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.

Baca Lainnya :  √7 Prinsip-Prinsip Belajar, Unsur Serta Penjelasannya Lengkap

4. Menurut Everyman Encyclopedia

Menurut pendapat dari Everyman Encyclopedia, Seni rupa merupakan segala sesuatu yang dijalankan seseorang, tetapi bukan menurut pada dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan atas kehendak kenikmatan, kemewahan maupun kebutuhan spriritual.


5. Menurut Leo Tolstoy

Menurut pendapat dari Leo Tolstoy, Seni rupa merupakan sebuah ungkapan perasaan pencipta yang lalu diungkapkan pada orang lain dengan harapan supaya mereka dapat ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.


6. Menurut Aristoteles

Menurut pendapat dari Aristoteles, Seni rupa merupakan usaha peniruan yang dilakukan pada alam, tetapi sifatnya wajib ideal.


7. Menurut Plato dan Rousseau

Menurut pendapat dari Plato dan Rousseau, Seni rupa merupakan sebuah hasil dari peniruan dari alam dengan seluruh bentuknya.


8. Menurut Ensiklopedia Indonesia

Menurut pendapat dari Ensiklopedia Indonesia, Seni rupa sebuah ciptaan dari seluruh keadaan yang keindahanya mampu membuat orang merasa senang saat mendengar maupun melihatnya.


9. Menurut Haukin

Menurut pendapat dari Haukin, Seni rupa merupakan sebagai bentuk jiwa seseorang yang diimajinasikan pada sebuah bentuk indah dengan diungkapkan dan bisa dinikmati oleh semua orang dalam pertunjukan maupun pameran seni.


10. Menurut Drs.Rizki Akhmad Zaelani

Menurut pendapat dari Drs.Rizki Akhmad Zaelani, Seni rupa merupakan sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata “SANI” yang kurang lebih artinya “Jiwa Yang Luhur atau Ketulusan jiwa”.


11. Menurut Kamala devi chattopadhayaya

Menurut pendapat dari Kamala devi chattopadhayaya, Seni rupa merupakan sebuah desakan ekspresi diri pada sebuah bentuk yang menjadikan seseorang sanggup untuk meluapkan apa yang sedang dirasakannya sehingga sanggup dirasakan banyak orang dengan melihat karyanya tersebut.

Baca Lainnya :  √Rawa: Pengertian, Jenis Serta Manfaat Rawa Terlengkap

12. Menurut Irma Damayanti, M.Sn

Menurut pendapat dari Irma Damayanti, M.Sn, Seni rupa merupakan dapat dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk diuraikan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing seseorang harus memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya.


13. Menurut Drs Popo Iskandar

Menurut pendapat dari Drs Popo Iskandar, Seni rupa merupakan sebuah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.


14. Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Menurut pendapat dari Prof. Drs. Suwaji Bastomi, Seni rupa merupakan sebuah kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.


15. Menurut Schopenhauer

Menurut pendapat dari Schopenhauer, Seni rupa merupakan suatu keseluruhan usaha untuk memperoleh bentuk-bentuk atau wujud-wujud yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni musik meskipun seni musik merupakan seni yang paling abstrak.


16. Menurut Eric Ariyanto

Menurut pendapat dari Eric Ariyanto, seni rupa merupakan suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.


17. Menurut Kuntjaraningrat

Menurut pendapat dari Kuntjaraningrat, Seni rupa merupakan suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.


18. Menurut William A. Haviland

Menurut pendapat dari William A. Haviland, Seni rupa merupakan keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.


19. Menurut Irving Stone

Menurut pendapat dari Irving Stone, Seni rupa merupakan kebutuhan pokok. Seperti  roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian adalah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan.

Baca Lainnya :  √Integrasi Sosial: Pengertian, Bentuk, Syarat, Proses dan Faktor Pendorong

20. Menurut Dr.Yustiono

Menurut pendapat dari Dr.Yustiono, Seni rupa merupakan sebagai suatu cabang studi yang berkenaan dengan observasi dan klasifikasi fakta, khususnya dengan penetapan hukum-hukum yang teruji baik melalui induksi maupun hipotesis atau secara khusus, ilmu berarti pengetahuan yang disepakati dan terakumulasi serta disusun dan dirumuskan dengan merujuk kepada pendapatan kebenaran umum atau gerak hukum umum.


21. Menurut Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl. Art

Menurut pendapat dari Dra.Nuning Y.Damayanti,Dipl.Art, Seni rupa merupakan proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia.


22. Menurut Coorig Hartong

Menurut pendapat dari Coorig Hartong, Seni rupa merupakan suatu seni yang sebagai sebuah bentuk untuk pengekspresian diri dan perasaan yang bisa dinikmati dan dirasakan oleh banyak orang.


23. Menurut Sussane K langer

Menurut pendapat dari Sussane K langer, Seni rupa merupakan sebuah bentuk karya manusia yang indah yang bisa dinikmati dan dirasakan oleh orang lain dengan melewati bentuk ataupun wujud yang indah.


Demikian Penjelasan Materi Tentang 23 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa