Pelayanan: Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur, Fungsi Serta Tujuan

Diposting pada

Selamat datang di PakDosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pelayanan? Mungkin anda pernah mendengar kata Pelayanan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, unsur, fungsi serta tujuan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pelayanan: Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur, Fungsi Serta Tujuan

Pengertian Pelayanan

Pelayanan ialah melayani kegiatan yang hasilnya ditujukan untuk keinginan orang lain, baik individu atapun kelompok serta masyarakat. Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003, pelayanan ialah senua bentuk aktivitas pelayanan yang dilaksanakan oleh lembaga pemerintah di pusat, di daerah maupun di lingkungan badan usaha milik negara atau daerah dalam wujud barang maupun jasa dalam rancangan pemenuhan kepentingan masyarakat dan dalam rancangan pelaksanaan ketetapan peraturan perundang-undangan.

Pengertian Pelayanan Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pendapat tentang pengertian pelayanan menurut para ahli, yakni sebagai berikut:

  • Groonros

Menurut pendapat Groonros, pelayanan ialah suatu kegiatan atau serangkaian aktivitas yang bersifat tidak terlihat yang terjadi sebagai dampak adanya hubungan antara pelanggan dengan pegawai yang diberikan oleh perusahaan dengan memberi pelayanan yang dimaksudkan untuk menyelesaikan persoalan pelanggan.

  • Freed Luthans

Menurut pendapat Freed Luthans, pelayanan ialah sebuah prosedur pemenuhan keperluan melewati kegiatan orang lain yang melibat segala persoalan yang ditujukan orang lain untuk mengatasi masalah.

  • KBBI

Menurut pendapat KBBI, pelayanan ialah suatu jalan untuk memberi merancang atau mengatur apa yang dibutuhkan orang lain.

  • Hadipranata

Menurut pendapat Hadipranata, pelayanan ialah kegiatan tambahan di luar tanggung jawab yang diinformasikan kepada pelanggan maupun klien serta dirasakan baik sebagai apresiasi maupun pujian.

  • Suparlan

Menurut pendapat Suparlan, pelayanan ialah usaha pembagian bantuan atau dukungan kepada orang lain, baik berupa fisik maupun non fisik agar orang itu dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

Baca Lainnya :  √Kesehatan Lingkungan: Pengertian, Ruang Lingkup, Objek, Tujuan dan Contoh

Unsur yang Mempengaruhi Pelayanan

Berikut ini beberapa unsur-unsur yang mempengaruhi pelayanan, antara lain sebagai berikut:

  • Bukti Langsung

Bukti langsung ialah bukti aktual dari perhatian dan ketertarikan yang diberikan oleh fasilitator jasa kepada pelanggan.

  • Keandalan

Keandalan ialah keahlian perusahaan untuk melayani jasa sebanding dengan apa yang sudah ketentuan secara tepat waktu.

  • Ketanggapan

Ketanggapan ialah keahlian perusahaan yang dilakukan secara langsung oleh pegawai untuk melayani pelayanan dengan terampil dan responsif.

  • Jaminan

Jaminan ialah keahlian dan keterampilan untuk mendirikan kepercayaan dan keyakinan pada diri pelanggan dalam melayani jasa yang ditawarkan.

  • Empati

Empati ialah keahlian perusahaan yang dilakukan secara langsung oleh pegawai untuk membagian kepedulian kepada pelanggan secara perorangan.

Fungsi Serta Tujuan Pelayanan

Dengan membagian kapasitas pelayanan kepada pelanggan harus berguna untuk makin membagian kepuasan yang maksimum kepada pelanggan, karena dalam membagian sebuah pelayan harus dilakukan sesuai dengan peran dari pelayanan.

Tujuan umum yabg diberikannya kapasitas pelayanan yang baik ialah agar pelanggan mengharapkan kepuasan dan akan berpengaruh positif bagi perusahaan.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Pelayanan: Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur, Fungsi Serta Tujuan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya