√ 27 Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pariwisata? Mungkin anda pernah mendengar kata Pariwisata? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang 27 pengertian menurut para ahli dalam bukunya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pengertian-Pariwisata-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Pariwisata Secara Umum

pariwisata adalah suatu darmawisata keliling dari lokasi ke lokasi lain yang merupakan lokasi wisata dengan penjadwalan yang terperinci.

Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 27 pendapat dari para ahli mengenai pariwisata, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari wikipedia, parawisata adalah suatu darmawisata yang dijalankan untuk hiburan atau wisata dan juga planing yang dijalankan untuk kegiatan tersebut.

  • Menurut KBBI

Menurut pendapat dari KBBI, parawisata adalah suatu aktivitas yang berkaitan dengan darmawisata hiburan atau wisata.

  • Menurut UU No. 10 tahun 2009 pasal 1 ayat 3

Menurut UU No. 10 tahun 2009 pasal 1 ayat 3, parawisata adalah beraneka macam aktivitas pariwisata dan didukung oleh beragam akomodasi serta akomodasi yang disediakan oleh warga, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah.

  • Menurut Chalik

Menurut pendapat dari Chalik, parawisata ialah darmawisata yang dijalankan secara berulang-ulang atau sering kali.

  • Menurut Muljadi

Menurut pendapat dari Muljadi, parawisata ialah kegiatan transformasi lokasi tinggal temporer dari seseorang, diluat lokasi tinggal sehari-hari dengan suatu latar belakang apapun selain menjalankan aktivitas yang dapat memperoleh penghasilan.

  • Menurut Hans Buchli

Menurut pendapat dari Hans Buchli, parawisata ialah setiap pergantian lokasi yang bersifat temporer dari seseorang atau beberapa orang dengan maksud menghasilkan fasilitas yang dialokasi bagi wisatawan tersebut oleh badan-badan yang digunakan untuk maksud yang spesifik.

  • Menurut Damanik dan Weber

Menurut pendapat dari Damanik dan Weber, parawisata ialah kejadian mobilitas manusia, barang maupun jas yang sangat terhimpun.

  • Menurut Soekadijo

Menurut pendapat dari Soekadijo, parawisata ialah kejadian yang terhimpun dalam masyarakat, di dalamnya diperoleh hotel, objek wisata, cenderamata, pramuwisata, angkutan wisata, biro darmawisata, rumah makan dan lain-lainnya.

  • Menurut Marpaung dan Bahar

Menurut pendapat dari Marpaung dan Bahar, parawisata ialah sebuah aktivitas yang dijalankan untuk seseorang yang melaksanakan aktivitas darmawisata.

  • Menurut Koen Meyers

Menurut pendapat dari Koen Meyers, parawisata ialah kegiata darmawisata yang dijalankan oleh temporer waktu dari lokasi tinggal semula ke kawasan tujuan dengan latar belakang bukan untuk bertempat tinggal dan menghabiskan waktu lapang ataupun rekreasi.

  • Menurut Kodhyat

Menurut pendapat dari Kodhyat, parawisata ialah darmawisata dari suatu lokasi ke lokasi lain yang bersifat temporer yang dijalankan perorangan maupun kelompok, sebagai usaha mencari keteraturan atau keelarasan dan kesenangan dengan lingkungan dalam aspek sosial, kultur, alam dan ilmu.

  • Menurut Gamal

Menurut pendapat dari Gamal, parawisata ialah sebagai bentuk suatu proses perjalanan temporer dari seseorang lebih mengarah ke lokasi lain di luar lokasi tinggalnya.

  • Menurut WTO

Menurut pendapat dari WTO, parawisata ialah aktivitas manusia yang menjalankan pepergian ke lokasi dan tinggal di kawasan tujuan di luar lingkungan sehari-harinya.

  • Menurut Mathieson & Wall

Menurut pendapat dari Mathieson & Wall, parawisata ialah serangkaian kegiatan yang berupa kegiatan perjalanan seseorang untuk temperer waktu ke suatu tujuan di luar lokasi tinggal sehari-harinya.

  • Menurut Richard Sihite

Menurut pendapat dari Richard Sihite, parawisata ialah suatu bentuk kegiatan darmawisata yang dijalankan dalam jangka periode pendek ataupun temporer.

  • Menurut James J. Spillane

Menurut pendapat dari James J.Spillane, parawisata ialah suatu aktivitas untuk menjalankan darmawisata yang bertujuan untuk memperoleh kesenangan, mencari kebahagian, melihat sesuatu, menyehatkan kesehatan, menghayati olahraga ataupun istirahat, melakukan tugas, berziarah dan lain-lainnya.

  • Menurut Robert McIntosh

Menurut pendapat dari Robert McIntosh, parawisata ialah perpaduan dari hubungan antara pemerintah sebagai tuan rumah pariwisata, bisnis dan wisatawan.

  • Menurut Guyer Flauler

Menurut pendapat dari Guyer Flauler, parawisata ialah suatu gejala yang didasarkan atas keperluan akan kesehatan dan perubahan hawa, evauasi yang pendahuluan serta meningkat cinta mengenai keindahan alam.

  • Menurut Burkart & Medlik

Menurut pendapat dari Burkart & Medlik, parawisata ialah suatu perubahan seseorang untuk temperor dan dalam jangka waktu pendek yang mengarah ke tujuan-tujuan di luar kawasan dimana mereka bertempat tinggal dan bekerja.

  • Menurut Herman V. Schulard

Menurut pendapat dari Herman V. Schulard, parawisata ialah beberapa aktivitas terutama yang ada berhubungan dengan perekonomian secara langsung berinteraksi dengan masuknya warga-warga asing melewati jalur lalu lintas di suatu negara, kota dan kawasan tertentu.

  • Menurut Sinaga

Menurut pendapat dari Sinaga, parawisata ialah suatu darmawisata yang terjadwal yang dijalankan secara seseorang maupun kelompok dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan tujuan untuk memperoleh suatu bentuk kebagiaan ataupun kegembiraan semata.

  • Menurut Prof. Salah Wahab

Menurut pendapat dari Prof. Salah Wahab, parawisata ialah suatu kegiatan seseorang ataupun kelompok yang dijalankan secara sadar dan memperoleh fasilitas secara bergilir-gilir diantara orang-orang dalam suatu Negara itu sendiri maupun diluar negeri.

  • Menurut Suwantoro

Menurut pendapat dari Suwantoro, parawisata ialah suatu proses perjalanan temperor dari seseorang mengarah ke kawasan lain di luar kawasan tempat tinggalnya, karena suatu latar belakang dan bukan untuk memperoleh uang.

  • Menurut Soekadijo

Menurut pendapat dari Soekadijo, parawisata ialah suatu fenomena yang terperinci dalam masyarakat, didalamnya diperoleh hotel, objek wisata, cenderamata, pramuwisata, angkutan wisata, biro darmawisata, rumah makan dan lain-lainnya.

  • Menurut Kusdianto

Menurut pendapat dari Kusdianto, parawisata ialah struktur organisasi, baik pemerintah ataupun swasta yang berhubungan dalam peningkatan, pembuatan dan penjualan produk suatu fasilitas yang melengkapi keperluan dari orang yang sedang berjalan-jalan.

  • Menurut Hunziker dan Kraft

Menurut pendapat dari Hunziker dan Kraft, parawisata ialah semua kaitan dan fenomena yang mencuat dari terdapatnya warga asing dan bepergian tersebut tidak untuk berlokasi tinggal bermukim dan tidak ada kaitanya dengan aktivitas untuk mencari penghasilan.

  • Menurut Norval

Menurut pendapat dari Norval, parawisata ialah semua aktivitas yang berkaitan dengan masuk, tinggal dan mobilitas warga asing di dalam maupun di luar suatu negara ataupun kota maupun lokasi tertentu.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang 27 Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  √20 Pengertian Negara Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Baca Lainnya :  √Iklan: Pengertian, Ciri, Tujuan, Syarat dan Menuru Para Ahli Iklan
Baca Lainnya :  √Akuntansi Keperilakuan: Pengertian, Bagian, Ruang Lingkup, Masalah dan Manfaat