√22 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Matematika? Mungkin anda pernah mendengar kata Matematika? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang 22 pengertian menurut para ahli dalam bukunya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

22 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Dalam Bukunya

Pengertian Matematika

Matematika ialah ilmu yang mempelajari mengenai kuantitas, susunan, ruang dan perubahan.


Pengertian Matematika Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 22 pendapat dari para ahli mengenai matematika, yakni sebagai berikut:


  • Menurut Kurikulum 2004

Menurut Kurikulum 2004, Matematika ialah bahan kajian yang mempunyai suatu objek abstrak serta dibangun dengan melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep yang diperoleh sebagai akibat logis dari suatu kebenaran yang sebelumnya diterima sehingga memiliki keterkaitan antara konsep yang ada dalam matematika bersifat sangat kuat serta jelas.


  • Menurut Kurikulum 2006

Menurut Kurikulum 2006, Matematika ialah ilmu universal yang mendasari dari perkembangan teknologi modern saat ini, memiliki peran yang penting dalam berbagai disiplin serta untuk memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat pada bidang teknologi informasi serta komunikasi saat ini dilandasi karena perkembangan matematika pada bidang teori bilangan, analisis, teori peluang, aljabar, serta diskrit. Agar dapat menguasai serta untuk menciptakan teknologi pada masa yang akan datang, maka diperlukan penguasaan dibidang matematika yang kuat sejak dini.

Baca Lainnya :  √20 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dalam Bukunya

  • Menurut Yansen Marpaung

Menurut Yansen Marpaung, matematika ialah ilmu yang dalam perkembangan penggunaanya dengan menganut metode deduksi.


  • Menurut Hudoyo

Menurut Hudoyo, Matematika berkenaan dengan ide, aturan, hubungan yang diatur dengan logis sehingga matematika memiliki keterkaitan dengan dengan konsep abstrak.


  • Menurut Soedjadi

Menurut Sodjadi, matematika ialah pengetahuan yang bersifat eksak dengan objek abstrak yang meliputi prinsip, konsep, serta operasi yang ada hubungannya dengan suatu bilangan.


  • Menurut Johnson dan Rising

Menurut Johnson dan Rising, Matematika ialah pola berpikir, pembuktian yang logik, pola mengorganisasikan, matematika adalah suatu bahasa dengan menggunakan istilah yang dapat didefinisikan secara akurat, cermat, dan jelas, representasinya dengan simbol serta padat, lebih berupa sebuah bahasa simbol tentang ide dibandingkan tentang bunyi.


  • Menurut Reys, dkk

Menurut Reys, dkk, Matematika ialah telah mengenai pola dan juga hubungan, sebuah jalan atau pola fikir, seni, bahasa serta suatu alat.


  • Menurut Kline

Menurut Kline, matematika ialah pengetahuan menyendiri yang dapat menjadi sempurna karena matematika itu sendiri, melainkan dengan adanya matematika itu terutama agar dapat membantu manusia dalam mengatasi dan memahami permasalahan ekonomi, sosial, dan juga alam. Ilmu matematika tumbuh serta berkembang karena adanya proses berpikir, oleh sebab itu logika merupakan salah satu dasar agar terbentuknya matematika.


  • Menurut Riedesel

Menurut Riedesel, matematika ialah kumpulan dari kebenaran dan aturan, ilmu matematika bukan sekedar hanya berhitung saja. Matematika merupakan suatu bahasa, kegiatan untuk pembangkitan masalah serta untuk memecahkan suatu masalah, kegiatan untuk menemukan serta untuk mempelajari pola dan hubungan.


  • Menurut Suwarsono

Menurut Suwarsono, matematika ialah sebuah ilmu yang mempunyai sifat khas antara lain : memakai berbagai jenis lambang yang penggunaanya tidak banyak digunakan di kehidupan sehari-hari, objeknya bersifat abstrak, serta memiliki proses berpikir yang dibatasi dengan berbagai aturan yang ketat.

Baca Lainnya :  √Gempa Bumi: Pengertian, Jenis, Faktor Serta Dampak Gempa Bumi

  • Menurut Susilo

Menurut Susilo, matematika bukanlah sekedar hanya kumpulan angka, simbol, serta berbagai rumus yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan dunia nyata. Namun sebaliknya, bahwa ilmu matematika tumbuh serta berakar dari kehidupan di dunia nyata.


  • Menurut Suherman

Menurut Suherman, matematika ialah disiplin ilmu mengenai tata cara berfikir serta untuk mengolah logika, baik itu secara kuantitatif ataupun kualitatif.


  • Menurut James dan James

Menurut James dan James, Matematika ialah suatu ilmu mengenai logika tentang bentuk, besaran, susunan, serta berbagai konsep yang memiliki hubungan satu sama lain dan dengan jumlah banyak yang terbagi ke 3 bidang, yakni, aljabar, geometri, dan analisis.


  • Menurut Abdurrahman

Menurut Abdurrahman, matematika ialah sebuah bahasa simbolis yang mempunyai suatu fungsi praktis untuk mengekspresikan berbagai hubungan kuantitatif serta keruangan, sedangkan fungsi teoritis agar dapat memudahkan berfikir.


  • Menurut Andi Hakim Nasution

Menurut Andi Hakim Nasution, matematika ialah ilmu struktur, urutan (order), serta memiliki hubungan yang meliputi berbagai macam dasar pengukuran, perhitungan, serta penggambaran suatu bentuk objek.


  • Menurut Ruseffendi E. T

Menurut Ruseffendi E. T, matematika terorganisasikan dari berbagai jenis unsur yang tidak untuk didefinisikan, berbagai definisi, aksioma, serta suatu dalil dimana dalil tersebut telah dibuktikan kebenarannya dan berlaku secara umum, oleh sebab itu ilmu matematika dapat disebut sebagai ilmu deduktif.


  • Menurut KBBI

Menurut KBBI, matematika ialah bilangan-bilangan, hubungan antar bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian mengenai bilangan.


  • Menurut Depdiknas

Menurut Depdiknas, metematika ialah bahan kajian yang memiliki obyek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif.


  • Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, metematika ialah  studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, dan menggunakannya untuk merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang ketat diturunkan dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.

Baca Lainnya :  √18 Pengertian Ras Menurut Para Ahli dalam Bukunya

  • Menurut Albert Einstein

Menurut Albert Einstein, matematika ialah “sejauh hukum matematika mengacu pada realitas, mereka tidak yakin, dan sejauh mereka yakin, mereka tidak mengacu pada realitas.”


  • Menurut Bahasa Indonesia

Menurut Bahasa Indonesia, matematika ialah ilmu yang mempelajari tentang besaran, struktur, bangun ruang, dan perubahan-perubahan yang pada suatu bilangan.


  • Menurut August Comte

Menurut August Comte, matematika ialah suatu ilmu pengukuran tidak langsung, bagaimana menentuka jumlah yang tidak dapat diukur secara langsung.


Demikian Penjelasan Materi Tentang 22 Pengertian Matematika Menurut Para Ahli Dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi