28 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Kurikulum? Apakah kalian pernah mendengar istilah dari Kurikulum? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang 28 pengertian menurut para ahli dalam bukunya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

28 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dalam Bukunya

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai kurikulum, yakni sebagai berikut:


1. Menurut Daniel Tanner dan Laurel Tanner

Menurut pendapat dari Daniel Tanner dan Laurel Tanner, Kurikulum merupakan pengalaman pembelajaran yang terarah dan juga terencana dengan secara terstuktur dan juga tersusun dengan melalui proses rekontruksi pengetahuan serta  pengalaman secara sistematis yang berada dibawah suatu pengawasan lembaga pendidikan sehingga pelajar tersebut mempunyai motivasi dan juga minat belajar.


2. Menurut Inlow

Menurut pendapat dari Inlow, Kurikulum merupakan usaha menyeluruh yang dirancang secara khusus oleh sekolah didalam membimbing murid untuk dapat memperoleh hasil dari pelajaran yang telah ditentukan tersebut.


3. Menurut Hilda Taba

Menurut pendapat dari Hilda Taba, Kurikulum merupakan sebagai “a plan of learning” yang mempunyai bahwa kurikulum ialah  sesuatu yang direncanakan untuk dapat dipelajari oleh siswa yang didalamnya memuat rencana untuk para peserta didik (murid).

Baca Lainnya :  √Gerak Refleks: Pengertian, Macam, Mekanisme, Contoh dan Pentingnya

4. Menurut Kerr, J. F

Menurut pendapat dari Kerr, J. F, Kurikulum merupakan sebuah pembelajaran yang dirancang dan juga dilaksanakan dengan individu serta juga berkelompok baik itu di luar ataupun di dalam sekolah.


5. Menurut George A. Beaucham

Menurut pendapat dari George A. Beaucham, Kurikulum merupakan suatu dokumen tertulis yang didalamnya terkandung isi mata pelajaran yang akan diajar kepada peserta didik(murid) dengan melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah yang dalam kehidupan sehari-hari.


6. Menurut Neagley dan Evans

Menurut pendapat dari Neagley dan Evans, Kurikulum merupakan semua pengalaman yang telah dibangung atau dirancang oleh pihak sekolah untuk dapat menolong para siswa didalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik.


7. Menurut UU. No. 20 Tahun 2003

Menurut pendapat dari UU. No. 20 Tahun 2003, Kurikulum merupakan suatu perangkat rencana dan juga pengaturan tentang tujuan, isi, dan juga bahan pengajaran dan cara yang digunakan ialah sebagai suatu pedoman didalam suatu penyelenggaraan kegiatan dalam pembelajaran untuk dapat mencapai suatu tujuan pendidikan nasional.


8. Menurut Good V. Carter

Menurut pendapat dari Good V. Carter, kurikulum merupakan kelompok pengajaran yang sistematik atau juga urutan subjek yang dipersyaratkan untuk dapat lulus atau juga sertifikasi dalam pelajaran mayor.


9. Menurut Grayson

Menurut pendapat dari Grayson, Kurikulum merupakan suatu perencanaan untuk mendapatkan suatu pengeluaran (out-comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran.


10. Menurut Murray Print

Menurut Pendapat dari Murray Print, Kurikulum merupakan sebuah ruang pembelajaran yang sudah terencana diberikan secara langsung kepada siswa oleh sebuah lembaga pendidikan dan juga pengalaman yang dapat dinikmati oleh semua siswa pada saat kurikulum tersebut diterapkan.


11. Menurut Crow and Crow

Menurut pendapat dari Crow and Crow, Kurikulum merupakan rancangan pengajaran atau juga sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk dapat menyelesaikan suatu program untuk dapat memperoleh ijazah.


12. Menurut Harold B, Alberty

Menurut pendapat dari Harold B, Alberty, Kurikulum merupakan Kegiatan yang disajikan oleh sekolah bagi para pelajar. Tidak ada pembatasan antara kegiatan didalam kelasdan diluar kelas. Di kutip oleh Prof. Dr. S Nasution.

Baca Lainnya :  √Lembaga Keuangan: Pengertian Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenisnya

13. Menurut Saylor

Menurut pendapat dari Saylor, Kurikulum merupakan Kurikulum adalah usaha maksimal dari sekolah untuk mencapai hasil yang diinginkandidalam sekolah dan diluar situasi sekolah. Dikutip oleh Nana S Sukmadinata.


14. Menurut Saylor, Alexander dan Lewis

Menurut pendapat dari Saylor, Alexander dan Lewis, Kurikulum sebagai suatu rencana yang berisi sekumpulan pengalaman belajar bagi anak didik. Sedangkan dalam UUSPN, “Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.” Hanya menekankan pada kemanfaatannya bagi guru dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar.


15. Menurut Schiro

Menurut pendapat dari Schiro, Kurikulum merupakan sebagai proses pengembangan anak didik yang diharapkan terjadi dan digunakan dalam perencanaannya.


16. Menurut Robert Gagne

Menurut pendapat dari Robert Gagne, Kurikulum merupakan suatu rangkaian unit materi belajar yang disusun sedemikian rupa,sehingga anak didik dapat mempelajarinya berdasarkan kemampuan awal yang dimiliki ataudikuasai sebelumnya.


17. Menurut Beauchamp

Menurut pendapat dari Beauchamp, Kurikulum merupakan dokumen yang tertulis yang kandungannya berisi mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah didalam kehidupan sehari-hari.


18. Menurut Dr. H. Nana Sudjana

Menurut pendapat dari Dr. H. Nana Sudjana, Kurikulum merupakan niat dan harapan yang dituangkan kedalam bentuk rencana maupun program pendidikan yang dilaksanakan oleh para pendidik di sekolah. Kurikulum sebagai niat dan rencana, sedangkan pelaksaannya adalah proses belajar mengajar. Yang terlibat didalam proses tersebut yaitu pendidik dan peserta didik.


19. Menurut Drs. Cece Wijaya, dkk

Menurut pendapat dari Drs. Cece Wijaya, dkk, Kurikulum merupakan meliputi keseluruhan program dan kehidupan didalam sekolah.


20. Menurut Prof.Dr. Henry Guntur Tarigan

Menurut pendapat dari Prof.Dr. Henry Guntur Tarigan, Kurikulum merupakan suatu formulasi pedagogis yang termasuk paling utama dan terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.


21. Menurut Harsono

Menurut pendapat dari Harsono, Kurikulum merupakan suatu gagasan pendidikan yang diekpresikan melalui praktik. Pengertian kurikulum saat ini semakin berkembang, sehingga yang dimaksud dengan kurikulum itu tidak hanya sebagai gagasan pendidikan, namun seluruh program pembelajaran yang terencana dari institusi pendidikan nasional.

Baca Lainnya :  √Nilai Perusahaan: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitung Lengkap

22. Menurut Prof. Dr. S. Nasution, M. A.

Menurut pendapat dari Prof. Dr. S. Nasution, M. A., Kurikulum merupakan sebagai suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses kegiatan belajar mengajar di bawah naungan, bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga pendidikan.


23. Menurut S. H. Hasan

Menurut pendapat dari S. H. Hasan, Kurikulum merupakan sebagai suatu pemikiran kependidikan bagi diklat, sehingga dalam posisi teoritik, harus dikembangkan dalam kurikulum sebagai sesuatu yang terencana dan juga dianggap sebagai kaidah pengembang kurikulum.


24. Menurut Prof. Drs. H. Darkir

Menurut pendapat dari Prof. Drs. H. Darkir, Kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan. Jadi, kurikulum ialah program pendidikan dan bukan program pengajaran, sehingga program itu direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar dan juga pengalaman belajar.


25. Menurut Donald E. Orlasky, Othanel Smith dan Peter F. Olivva

Menurut pendapat dari Donald E. Orlasky, Othanel Smith dan Peter F. Olivva, Kurikulum merupakan suatu bentuk perencanaan maupun program dari pengalaman peserta didik  yang diarahkan dan dikembangkan di sekolah.


26. Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari Wikipedia, Kurikulum merupakan suatu perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.


27. Menurut B. Bara, Ch.

Menurut pendapat dari B. Bara, Ch., Kurikulum merupakan sebagai suatu produk, program, hasil yang diinginkan atau dicapai dan pengalaman belajar.


28. Menurut Valiga, T dan  Magel, C.

Menurut pendapat dari Valiga, T dan  Magel, C., Kurikulum merupakan suatu urutan pengalaman yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir dan bertindak para peserta didik.


Demikian Penjelasan Materi Tentang 28 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa