Pengertian ISO

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang ISO ? Mungkin anda pernah mendengar kata ISO ? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, Jenis, Tujuan, Standar. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

ISO

Pengertian ISO

ISO adalah singkatan dari International Standards Organization. Ini adalah Organisasi Standar Internasional yang menetapkan standar internasional di bidang industri dan komersial dunia, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan perdagangan antara negara-negara di dunia.

ISO adalah badan penetapan standar internasional yang terdiri dari perwakilan badan standardisasi nasional di setiap negara untuk mengukur kualitas suatu organisasi.

Ini berarti bahwa setiap perusahaan yang ingin bersaing secara global dapat mengukur keandalannya terhadap standar ISO.

Organisasi ISO adalah organisasi yang berperan dalam mempromosikan perdagangan internasional dan membuat berbagai hal berjalan lancar.

ISO memberikan spesifikasi kelas dunia untuk semuanya, mulai dari produk, layanan, dan sistem hingga kualitas, keamanan, dan efisiensi.


Jenis-Jenis ISO


  • ISO 9001

Ini adalah sistem kontrol kualitas yang paling banyak digunakan dan karakteristiknya adalah pendekatan proses yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas kontrol kualitas.

Baca Lainnya :  Semantik Adalah


  • ISO 14001

Ini adalah standar untuk sistem manajemen lingkungan. Beberapa aspek yang harus dipenuhi oleh standar ini adalah pengelolaan limbah, penghematan energi, penghematan air dan penghematan bahan bakar.


  • ISO 22000

Ini adalah standar untuk sistem manajemen keamanan pangan. Standar ini ditargetkan pada perusahaan di sektor makanan dan minuman yang perlu menerapkan kontrol internal, dan setiap produk memerlukan proses dan rencana kontrol.


  • ISP / IEC 27001

Sistem Manajemen Keamanan Informasi Standar atau Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS). Standar ini berlaku untuk perusahaan di berbagai bidang seperti aplikasi TI.


  • ISO TS 16949

Spesifikasi teknis untuk sistem kendali mutu di industri otomotif. Konsep standar ini adalah peningkatan berkelanjutan, manajemen rantai pasokan, dan tindakan preventif dan korektif.


  • ISO / IEC 17025

Standar untuk laboratorium atau laboratorium uji. Standar ini dimaksudkan untuk memastikan keakuratan hasil pengujian di bidang kesehatan, produksi, perdagangan, dan perlindungan konsumen.


  • ISO 28000

Standar yang terkait dengan sistem keamanan rantai pasokan untuk perusahaan berisiko tinggi seperti bank, tambang, dan hotel.


  • ISO 5001

Ketika standar berlaku untuk sistem manajemen energi, perusahaan memiliki sistem yang meningkatkan kinerja, efisiensi, dan konsumsi energi.


Tujuan dan Manfaat ISO


1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Perusahaan yang membuat sistem kontrol kualitas yang sesuai dengan standar internasional memastikan keandalan perusahaan.

Dengan kata lain, setiap aktivitas yang dilakukan perusahaan telah memiliki standar tertinggi dengan nilai positif tertinggi untuk kepuasan pelanggan.


2. Tingkatkan kepercayaan konsumen

Sehubungan dengan No 1 Merit, kepuasan pelanggan sangat penting karena meningkatkan kepercayaan dan loyalitas perusahaan.


3. Jaminan kualitas berdasarkan standar internasional

Setiap perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikat standar ISO harus melalui siklus tertentu yang disebut PDCA.

Baca Lainnya :  Model Atom

Siklus ini berlaku untuk semua jenis industri dan dilakukan dalam proses identifikasi, analisis, dan praktik pemecahan masalah yang memungkinkan penjaminan kualitas sesuai dengan standar internasional.


4. Hemat biaya

Perusahaan yang menggunakan standar ISO untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka menemukan kinerjanya.

Jika Anda melihat tanda-tanda kinerja perusahaan yang buruk atau kegagalan produk, Anda harus berusaha untuk perbaikan.

Proses ini secara tidak langsung mencegah pemborosan anggaran terkait kinerja dan produk yang cacat.


5. Optimalkan kinerja karyawan

Dengan mengacu pada prinsip kontrol kualitas, semua standar ditetapkan untuk diterapkan oleh semua karyawan.

Ini memungkinkan karyawan untuk terus mempertahankan kualitas, efisiensi dan produktivitas sesuai dengan standar ISO yang ditetapkan.


6. Meningkatkan citra perusahaan

Manfaat yang dapat dirasakan perusahaan langsung dari sertifikasi ISO adalah membuat citra atau merek mereka lebih baik, tidak hanya di mata dunia.


Standar ISO

  • Jadikan pengembangan, produksi, dan pasokan produk dan layanan lebih efisien, aman dan bersih.
  • Promosikan perdagangan antar negara dan membuatnya lebih adil.
  • Ini memberi pemerintah dasar teknis untuk legislasi kesehatan, keselamatan dan lingkungan dan penilaian kesesuaian.
  • Bagikan kemajuan teknologi dan praktik manajemen yang baik
    Sebarkan inovasi.
  • Lindungi konsumen dan pengguna pada umumnya, produk dan layanan.
  • Jadikan hidup lebih sederhana dengan memberikan solusi untuk masalah umum.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian ISO: Jenis-Jenis, Tujuan, Manfaat dan Standar
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari