Investasi: Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Investasi? Apakah kalian pernah mendengar istilah dari Investasi? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli, fungsi, tujuan, jenis dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Investasi: Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh

Pengertian Investasi

Investasi merupakan istilah yang berkaitan dengan keuangan dan ekonomi. istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva degan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan.


Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai investasi, yakni sebagai berikut:


1. Menurut Haming dan Basalamah

Menurut pendapat dari Haming dan Basalamah, investasi merupakan pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dimasa depan atau masa mendatang.


2. Menurut Mulyadi

Menurut pendapat dari Mulyadi, investasi merupakan pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan laba dimasa yang akan datang.


3. Menurut Sadono Sukirno

Menurut pendapat dari Sadono Sukirno, Investasi merupakan pengeluaran atau pembelanjaan penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan produksi guna menambah kemampuan untuk memproduksi barang atau jasa yang tersedia dalam perekonomian.


4. Menurut Fitz Gerald

Menurut pendapat dari Fitz Gerald, Investasi merupakan usaha penarikan sumbe-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang. kemudian barang modal tersebut akan menghasilkan alira prduk baru dimasa yang akan datang.


Fungsi Investasi

Fungsi investasi merupakan suatu kurva yang menunjukan berkaitan antara tingkat investasi dan tingkat pendapatan nasional. Berikut ini terdapat 2 fungsi investasi, yakni sebagai berikut:

  • Sejajar dengan sumbu datar.
  • Bentuknya naik keatas kesebelah kanan.
Baca Lainnya :  Masyarakat Politik adalah

Tujuan Investasi

Berikut ini terdapat enam tujuan dari investasi, yakni sebagai berikut:

  1. Investasi bertujuan untuk mengurangi persaingan antara perusahaan yang sejenis.
  2. Investasi bertujuan untuk menjaga hubungan antara perusahaan.
  3. Investasi bertujuan untuk membentuk suatu dana khusus, seperti dana kepentingan ekspansi atau perluasan dan kepentingan sosial.
  4. Investasi bertujuan untuk menjamin tersedianya bahan baku dan mendapatkan pasar produksi yang dihasilkan.
  5. Investasi bertujuan untuk mendapatkan pendapatan tetap dalam setiap periode, seperti deviden, uang sewa, bunga, royalti, dan lain sebagainya.
  6. Investasi bertujuan untuk mengontrol atau mengendalikan perusahaan lain, seperti pemilikan sebagai ekuitas perusahaan.

Jenis-Jenis Investasi

Berikut ini terdapat lima jenis-jenis dari investasi, yakni sebagai berikut:


1. Investasi Saham

Investasi saham merupakan penanaman modal yang dilakukan dengan pembelian beberapa kepemilikan saham pada sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mendanai keperluan dan mendukung jalanya ekonomi, sehingga memberikan keuntungan bagi para penanam modal.


2. Investasi Reksa Dana

Reksa dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat permodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manager investasi dengan reksa dana. siapapun dapat berinvestasi pada berbagai instrumen pasar modal seperti saham dan obligasi.


3. Investasi Properti

Investasu properti merupakan menanamkan modal atau dana serta kemampuan kita kedalam pengembangan properti. investasi properti bisa dimulai dengan membeli tanah atau properti lainya seperti rumah kemudian menyewakan dan menjualnya setelah beberapa tahun.


4. Investasi Valuta Asing (Valas)

Valuta asing (valas) merupakan investasi modern yang cocok untuk para generasi millenial. melakukan hal yang sederhana dengan hasil yang maksimal. investasi ini merupaka investasi mata uang asing yang bisa sangat menguntungkan jika kalian melakukan beberapa hal dengan tepat, salah satunya adalah dalam memilih mata uang asing yang dijadikan intrumen investasi.

Baca Lainnya :  √ISP: Pengertian, Fungsi, Macam Serta Contoh ISP

5. Investasi Obligasi

Investasi obligasi merupakan investasu dana pinjaman. dalam investasi ini investor membeli surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah. contoh sederhananya, investor memberikan pinjaman dana kepada perusahaan atau pemerintah yang diwujudkan dalam bentuk surat investasi.


Contoh Investasi

Berikut ini terdapat empat contoh dari investasi, yakni sebagai berikut:


1. Tabungan Bank

Tabungan merupakan simpanan yang penarikanya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang telah disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet, giro atau alat lainya yang dipersamakan dengan itu.


2. Deposito

Deposito merupakan bak sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. dana dalam deposito dijamin oleh pemerintah melalui lembaga penjamin simpanan (LPS) dengan peryaratan tertentu.


3. Forex Trading

Forek tading merupakan instrumen investasi perdagangan mata uang asing dengan mata uang asing lainya. keuntungan dalam forek trading diperoleh dari perubahan nilai tukar mata uang tersebut.


4. Saham

Saham merupakan surat berharga yang menunjukan bagian kepemilikan atau suatu perusahaan. membeli saham berarti anda telah memiliki hak atas kepemilikan perusahaan tersebut.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Investasi: Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa