Pengertian Akuntabilitas

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Akuntabilitas? Mungkin anda pernah mendengar kata Akuntabilitas? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, dimensi, alat, jenis, tingkatan, aspek. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Akuntabilitas

Pengertian Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah konsep etis yang dekat dengan administrasi pemerintahan (administrasi pemerintahan, badan legislatif parlemen dan keadilan) yang memiliki beberapa implikasi.

Ini sering digunakan secara bergantian dengan akuntabilitas (tanggung jawab), kemampuan untuk memberikan jawaban (kemungkinan), menyalahkan (menyalahkan), dan konsep tunduk pada kebebasan (tanggung jawab).

Termasuk istilah lain yang berhubungan dengan harapan dapat menggambarkan satu aspek pemerintahan atau pemerintahan.

Faktanya, ini adalah pusat perdebatan tentang tingkat probabilitas di sektor publik, perusahaan nirlaba, yayasan, dan perusahaan.


Dimensi Akuntabilitas


1. Akuntabilitas dan integritas hukum (akuntabilitas untuk integritas dan legalitas)

Tanggung jawab adalah kepatuhan terhadap hukum dan peraturan lain yang disyaratkan oleh organisasi.

Kejujuran akuntabilitas: hindari penyalahgunaan kantor, korupsi, dan kolusi. Akuntabilitas hukum memastikan bahwa penegakan hukum ditegakkan, dan akuntabilitas yang jujur ​​memastikan praktik organisasi yang baik.


2. Tanggung jawab manajemen

Tanggung jawab manajemen atau tanggung jawab kinerja adalah tanggung jawab untuk menerapkan manajemen organisasi secara efektif dan efisien.

Baca Lainnya :  Pengertian Pendapatan

3. Akuntabilitas program

Program organisasi harus merupakan program dengan strategi kualitas dan dukungan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi. Sektor publik harus bertanggung jawab atas program yang dibuat pada saat program dilaksanakan.


4. Akuntabilitas Kebijakan

Otoritas publik tiba-tiba harus mengambil tanggung jawab atas kebijakan yang telah ditentukan sehubungan dengan dampak apa yang akan mereka hadapi di masa depan.


5. Tanggung jawab keuangan

Akuntabilitas keuangan, tanggung jawab lembaga publik untuk menggunakan dana publik secara ekonomi, efisien dan efektif, ramping, bocor, dan korup.


Alat-Alat Akuntabilitas


1. Rencana strategis

Perencanaan strategis adalah proses yang membantu organisasi berpikir tentang tujuan yang perlu diimplementasikan untuk melaksanakan misinya, dan ke arah mana ia harus mengambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Ini adalah dasar untuk semua perencanaan, penganggaran, implementasi, pengawasan, dan evaluasi kegiatan organisasi.

Manfaat dari perencanaan strategis termasuk membantu untuk menyetujui tujuan, sasaran dan prioritas organisasi, menyediakan dasar untuk alokasi sumber daya dan perencanaan operasional, menentukan ukuran untuk memantau hasil, dan membantu menilai kinerja organisasi.


2. Rencana kinerja

Perencanaan kinerja menyoroti komitmen organisasi untuk mencapai hasil tertentu sesuai dengan tujuan, sasaran, dan strategi rencana strategis organisasi untuk kebutuhan sumber daya anggaran.


3. Kontrak kinerja

Kontrak kinerja dirancang bersama dengan mereka yang menyediakan proses pengukuran kinerja dan pada saat yang sama melakukan pekerjaan membangun akuntabilitas.


4. Laporan Pertanggungjawaban

Laporan pertanggungjawaban tahunan mencakup informasi program dan keuangan seperti laporan keuangan yang diaudit dan indikator kinerja yang mencerminkan kinerja yang terkait dengan pencapaian tujuan utama organisasi.


5. Penilaian diri sendiri

Ini adalah proses berkelanjutan, di mana organisasi memantau kinerjanya, mencapai tujuan kinerja, mengukur pencapaian dan tahapan kinerja, dan menilai kemampuannya untuk mengendalikan dan meningkatkan proses.


7. Evaluasi kinerja

Proses yang berkelanjutan untuk perencanaan dan pemantauan kinerja. Penilaian ini membandingkan kinerja aktual dengan kinerja yang direncanakan selama periode peninjauan tertentu.

Baca Lainnya :  Ringkasan Adalah

Dari hasil perbandingan ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan Anda dapat merencanakan perubahan kinerja yang diterapkan dan arahan di masa mendatang.


8. Manajemen bisnis

Tanggung jawab manajemen memastikan bahwa manajer bertanggung jawab atas kualitas dan ketepatan waktu kinerja, meningkatkan produktivitas, mengendalikan biaya, mengurangi berbagai aspek negatif dari kegiatan mereka, dan memastikan bahwa program dikelola sepenuhnya dan dengan benar sesuai dengan peraturan yang sesuai. Saya harap.


Jenis-Jenis Akuntabilitas


1. Jenis Pertanggungjawaban Menurut para ahli, Bruce Stone, O.P Dwyvedy, Joseph G. Jabra

  • Akuntabilitas politik

Akuntabilitas politik adalah akuntabilitas umum peradilan kepada pejabat pemerintah, badan legislatif parlemen dan publik.


  • Tanggung jawab manajemen

Aturan dan norma internal, dan beberapa komite independen, adalah mekanisme yang memungkinkan birokrat untuk menanggapi tanggung jawab administratif pemerintah.


2. Jenis akuntabilitas oleh para ahli Mardiasmo

  • Akuntabilitas vertikal

Akuntabilitas vertikal adalah akuntabilitas dalam bentuk pertanggungjawaban kepada atasan Anda.


  • Akuntabilitas horisontal

Akuntabilitas horisontal adalah akuntabilitas dalam bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan untuk orang dan institusi yang setara.


3. Jenis pertanggungjawaban oleh Mahmudi

  • Tanggung jawab dan kejujuran hukum

Akuntabilitas dan integritas hukum adalah tanggung jawab yang terkait dengan kegiatan penegakan hukum dan merupakan kode integritas yang bertujuan untuk tidak menyalahgunakan berbagai bentuk kekuasaan dan wewenang.


  • Tanggung jawab manajemen

Tanggung jawab manajemen, atau tanggung jawab terkait
Pola kerja administratif yang perlu dilakukan secara efektif dan efisien.


  • Akuntabilitas program

Akuntabilitas program adalah tanggung jawab yang terkait dengan program yang dijalankan.

Orang yang memiliki wewenang untuk program ini harus dapat menunjukkan apakah program untuk membangun dapat berjalan dengan baik dan upaya apa yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa program yang Anda rencanakan untuk berkinerja berjalan optimal. Saya tidak akan.


  • Akuntabilitas kebijakan

Akuntabilitas ini adalah akuntabilitas yang terkait dengan akuntabilitas sektor publik untuk berbagai kebijakan dan keputusan yang diambil atau diambil.

Dalam hal ini, mereka yang berperan dalam lembaga publik harus dapat menjelaskan kebijakan, yang ditentukan oleh tujuan, alasan pembuatan kebijakan, manfaat yang dihasilkan, dan hal-hal negatif yang mungkin terjadi sebagai akibatnya. kebijakan. .

Baca Lainnya :  Tenaga Endogen

  • Tanggung jawab finansial

Akuntabilitas keuangan terkait erat dengan akuntabilitas sektor publik untuk semua uang yang disetor oleh masyarakat kepada pemerintah.

Lembaga publik harus dapat menjelaskan bagaimana uang diperoleh, di mana uang itu dibelanjakan, dan berbagai jenis akuntabilitas lainnya.


4. Jenis akuntabilitas oleh Rosjidi (2001)

  • Akuntabilitas internal

Akuntansi berlaku untuk setiap tingkat organisasi internal pemerintah.

Negara juga termasuk pemerintah. Pemerintah atau pegawai negeri harus, secara individu atau dalam kelompok, secara teratur atau sesuai kebutuhan, menjelaskan langsung kepada manajer mereka tentang kinerja kegiatan.


  • Akuntabilitas eksternal

Akuntabilitas adalah unik untuk lembaga nasional sebagai badan yang bertanggung jawab untuk semua kewajiban yang diterima dan dieksekusi atau pengembangan dikomunikasikan kepada pihak eksternal dalam lingkungan.


Tingkatan Akuntabilitas

  • Akuntabilitas Pribadi: Akuntabilitas yang terkait dengan Anda
  • Akuntabilitas Pribadi: Akuntabilitas yang terkait dengan implementasi
  • Akuntabilitas Tim: Akuntabilitas dibedakan oleh pekerjaan kelompok atau tim.
  • Akuntabilitas Organisasi: Akuntabilitas internal dan eksternal organisasi
  • Akuntabilitas Stakeholder: Akuntabilitas dipisahkan oleh pemangku kepentingan dan organisasi.

Aspek-Aspek Akuntabilitas


1. Akuntabilitas adalah suatu hubungan

Akuntabilitas adalah komunikasi dua arah, sebagaimana dijelaskan oleh British Columbia Auditor, perjanjian bilateral.


2. Akuntabilitas yang berorientasi pada hasil

Dalam struktur organisasi sektor swasta dan publik saat ini, akuntabilitas berfokus pada hasil, bukan input atau input.


3. Pelaporan diperlukan untuk akuntabilitas

Laporan ini adalah tulang punggung akuntabilitas.


4. Akuntabilitas tidak ada artinya tanpa hasil

Kata kunci yang digunakan dalam diskusi dan definisi akuntabilitas adalah tanggung jawab. Tanggung jawabnya mewakili kewajiban, dan kewajiban datang dengan konsekuensi.


5. Kinerja ditingkatkan oleh akuntabilitas

Tujuan akuntabilitas adalah untuk meningkatkan kinerja, bukan untuk mendeteksi kegagalan dan memberikan hukuman.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Akuntabilitas: Dimensi, Alat, Jenis, Tingkatan dan Aspek
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari