Pengertian Administrasi Negara

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Administrasi Negara? Mungkin anda pernah mendengar kata Administrasi Negara? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian menurut para ahli, ciri, tujuan, ruang lingkup, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Administrasi-Negara

Pengertian Administrasi Negara

Administrasi negara adalah pengaturan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga negara sehingga tujuan negara tercapai secara efektif dan efisien.

Pemerintah negara bagian adalah sistem yang dirancang untuk mengatur proses yang mengatur bagaimana organisasi masyarakat beroperasi dengan sukses.

Dalam diskusi ilmu-ilmu sosial dalam manajemen negara, ada tiga elemen penting: lembaga legislatif, yudikatif, dan penegakan hukum.


Pengertian Administrasi Negara Menurut Para Ahli


1. Menurut John M. Pffifner dan Robert V. Presthus

Kontrol negara, yaitu:

Baca Lainnya :  Pencak Silat

  • Administrasi negara termasuk implementasi kebijakan pemerintah yang ditetapkan oleh perwakilan politik.
  • Administrasi negara dapat didefinisikan sebagai mengoordinasikan upaya individu atau kelompok untuk menerapkan kebijakan pemerintah. Ini termasuk operasi pemerintah sehari-hari
    Singkatnya, administrasi negara adalah proses yang terlibat dalam implementasi kebijakan pemerintah, arahan, keterampilan, dan teknologi yang tak terhitung jumlahnya yang memberikan arahan dan tujuan bagi upaya banyak orang.

2. Menurut Edward H. Litchfield

Administrasi negara mempelajari bagaimana berbagai lembaga pemerintah diorganisasikan, dikelola, didanai, dimobilisasi, dan dipimpin.


3. Menurut  Marshall E. Dimock, Gladys O. Dimock, dan Louis W Koening

Manajemen negara adalah kegiatan pemerintah dalam menjalankan kekuasaan politiknya.


4. Menurut Dwight Waldo

Manajemen negara adalah manajemen dan organisasi orang dan peralatan mereka untuk mencapai tujuan pemerintah.


5. Menurut George J. Gordon

Administrasi negara dapat dikembangkan sebagai keseluruhan proses oleh organisasi atau individu yang terlibat dalam penerapan atau implementasi undang-undang dan peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif atau yudikatif.


6. Menurut Pfiffner dan Preshtus

Manajemen negara adalah proses yang terkait dengan implementasi kebijakan nasional.


7. Menurut Prof Dr. Prajudi Atmosudirjo

Administrasi nasional, yang merupakan dukungan administratif dari pemerintah, berarti bahwa pemerintah (pegawai negeri) tidak dapat memenuhi kewajibannya tanpa administrasi negara.


8. Menurut Dwight wold0

Manajemen negara

  • Kontrol negara adalah organisasi dan kontrol orang dan hal-hal untuk mencapai tujuan pemerintah.
  • Manajemen negara adalah teknik manajemen yang digunakan untuk mengatur masalah nasional.

9. Menurut Dimocks

Manajemen negara adalah aktivitas suatu negara dalam menjalankan kekuasaan atau otoritas politik.


10. Menurut John Pfiffer dan Robert V

Administrasi negara adalah proses yang terlibat dalam menerapkan kebijakan pemerintah yang memandu keterampilan dan teknik tanpa akhir dan mengarahkan serta mengarahkan upaya banyak orang.

Baca Lainnya :  Pengertian Outsourcing


11. Menurut Ultrech

Manajemen negara adalah manajemen posisi (complec van kambten) “Apparaat” (alat) di bawah komando pemerintah (presiden, yang adalah pembantu menteri) yang melakukan beberapa tugas pemerintah (tugas pemerintah, overhead). Merupakan kombinasi dari.

Fungsi administrasi yang tidak ditugaskan ke pengadilan, badan legislatif (pusat) dan badan pemerintah (overheidsorganic) dari federasi hukum yang lebih rendah (rechtsgemeenschappen) daripada negara (sebagai aliansi hukum tertinggi) adalah lembaga pemerintah (bestuurorganeen). Swan Tatras I dan II, dan aliansi hukum regional khusus. Masing-masing memiliki delegasi dari pemerintah pusat (Medebewind) yang diberi wewenang untuk memerintah wilayahnya sendiri.


12. Menurut Mustafa, SH

Sebagai kombinasi administrasi negara, yaitu, posisi-posisi yang dibentuk dan ditempatkan pada titik didelegasikan kepada badan legislatif dan kehakiman.


Ciri – Ciri Administrasi Negara


  • Pengelolaan negara adalah kegiatan yang tidak dapat dihindari (tidak dapat dihindarkan), dan titik tekanan mendasar dalam pengelolaan negara adalah hubungan antara negara dan masyarakat, yang sifatnya pasti, dan lembaga publik dan swasta yang bersifat sementara. Tidak sama dengan hubungan antara (selalu)
  • Administrasi negara memiliki prioritas, dan administrasi negara memiliki tanggung jawab moral untuk kesejahteraan sosial. Untuk alasan ini, administrasi negara memprioritaskan memberikan arahan dan layanan.
  • Pemerintah negara memonopoli pelaksanaan wewenang dan kekuasaan. Bangsa ini juga diberdayakan untuk memaksa keinginan orang untuk mematuhi hukum. Paksaan untuk dipahami sebagai kekuatan. Administrasi negara juga mewujudkan ini, dilaksanakan oleh polisi, kehakiman, dan lembaga negara lainnya.
  • Pemerintah negara bagian tidak memiliki batasan. Ada lingkungan komunitas nasional, termasuk batas teritorial nasional, dan administrasi negara.
  • Manajemen puncak administrasi negara juga memiliki sifat politik. Birokrasi adalah organisasi publik yang dipimpin oleh pejabat pilihan publik, yang pada dasarnya bukan pembawa, dan pejabat dipilih selama periode waktu tertentu.
  • Mengukur implementasi administrasi di suatu negara relatif sulit. Administrasi negara adalah lembaga publik yang tujuannya adalah untuk melayani masyarakat setempat. Dalam hal ini, tujuan administrasi nasional adalah untuk mencapai perdamaian dan meningkatkan kualitas hidup seluruh tatanan nasional. Karena sangat kompleks dan tujuannya adalah interpretasi politik dan banyak, manajemen negara relatif sulit untuk diukur.
Baca Lainnya :  Sedimentasi adalah

Tujuan Administrasi Negara


1. Partisipasi sosial

Partisipasi sosial adalah tindakan nyata dari masyarakat dengan mengambil alih administrasi negara.


2. Tanggung jawab sosial

Tanggung jawab sosial adalah tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh eksekutif negara kepada masyarakat.


3. Dukungan sosial

Dukungan sosial adalah dukungan yang diberikan oleh orang-orang dalam pelaksanaan kontrol negara.


4. Kontrol sosial

Kontrol sosial adalah kontrol atau pengawasan yang dilakukan oleh publik dalam kegiatan administrasi negara.


Ruang Lingkup Administrasi Negara

  • Organisasi publik dengan prinsip-prinsip model organisasi dan perilaku birokrasi.
  • Manajemen publik berkisar dari pengetahuan manajemen publik dan sistem manajemen hingga anggaran publik, evaluasi program, dan produktivitas.
  • Implementasi, yang memiliki implikasi untuk pendekatan kebijakan publik dan implementasinya, administrasi pemerintah, privatisasi, dan etika birokrasi.

Contoh Administrasi Negara

  • Presiden mengatur kabinet atau renovasi menteri.
  • Peraturan tentang komite dan prosedur untuk membentuk komite di pemerintahan.
  • Aturan untuk prosedur melayani masyarakat.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Administrasi Negara: Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan, Ruang Lingkup dan contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari