√Pendidikan Anak Usia Dini: Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur Serta Tujuannya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pendidikan Anak Usia Dini? Mungkin anda pernah mendengar kata Pendidikan Anak Usia Dini? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, fungsi, unsur serta tujuannya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pendidikan Anak Usia Dini: Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur Serta Tujuannya

Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini ialah suatu usaha pembinaan yang mengarah bagi anak sejak usia dini yang dijalankan melewati pemberian rangsangan pendidikan untuk menopang peningkatan jasmani dan rohani supaya anak mempunyai ketersedian dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang dijalankan pada alur formal, non-formal dan informal.

Prosedur pendidikan anak usia dini maunya dijalankan dengan tujuan menyampaikan rancangan dasar yang mempunyai kebermaknaan bagi anak melalui keahlian jelas yang mengharuskan anak untuk membentuk kegiatan dan rasa ingin tahu secara ideal.

Ciri-Ciri Pendidikan Anak Usia Dini

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri pendidikan anak usia dini, yakni sebagai berikut:

  1. Anak belajar melalui bermain
  2. Anak belajar dengan langkah menciptakan pengetahuannya
  3. Anak belajar secara objektif
  4. Anak belajar paling baik apabila apa yang anak didiknya memikirkan kelengkapan bentuk peningkatan, berarti, memikat dan fungsional

Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini

Berikut ini terdapat beberapa fungsi pendidikan anak usia dini, yakni sebagai berikut:

  • Fungsi Adaptasi

Berfungsi dalam menopang anak menjalankan penyesuaian diri dengan beragam keadaan lingkungan dan menyesuaikan diri dengan kondisi dalam dirinya sendiri.

  • Fungsi Sosialisasi

Berfungsi dalam membantu anak supaya mempunyai kemampuan sosial yang bermanfaat dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari dimana anak berada.

  • Fungsi Pengembangan

Berhubungan dengan peningkatan beragam kemampuan yang dpunyai oleh anak tersebut.

  • Fungsi Bermain

Berhubungan dengan pembagian kemungkinan pada anak untuk bermain, karena pada pokoknya bermain itu sendiri menjadi hak anak sepanjang menguraikan kehidupannya.

  • Fungsi Ekonomik

Pendidikan yang terancang pada anak sebagai penanaman modal jangka panjang yang dapat menguntungkan pada setiap menguraikan peningkatan seterusnya.

Unsur-Unsur Pendidikan Anak Usia Dini

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur pendidikan anak usia dini, yakni sebagai berikut:

  • Peserta Didik

Objek fasilitas pendidikan anak usia dini yakni anak yang berada pada menguraikan usia 0-6 tahun.

  • Pendidik

kemampuan pendidik pada pendidikan anak usia dini mempunyai kemampuan akademik setidaknya Sarjana (S-1) di bidang PAUD (S-1/D-IVPG-PAUD), kependidikan lain atau psikologi dan mempunyai sertifikasi profesi guru PAUD atau setidaknya sudah memperoleh pelatihan PAUD.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pendidikan Anak Usia Dini: Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur Serta Tujuannya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √Genre Musik: Pengertian, Fungsi, Bagian Serta Macam-Macamnya
Baca Lainnya :  √Cerita Rakyat: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Faktor Cerita Rakyat
Baca Lainnya :  √Gejala Sosial: Pengertian, Jenis, Faktor, Dampak Serta Contohnya