√Pasang Surut Air Laut: Pengertian, Teori, Jenis, Penyebab dan Manfaat

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pasang Surut Air Laut? Mungkin anda pernah mendengar kata Pasang Surut Air Laut? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, teori, jenis, penyebab dan manfaat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pasang Surut Air Laut: Pengertian, Teori, Jenis, Penyebab dan Manfaat

Pengertian Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut ialah kejadian transformasi besar kecilnya permukaan laut yang diakibatkan oleh gaya gravitasi objek-objek astronomi, berupa matahari dan bulan. Akibat objek astronomi lainnya sangatlah kecil karena bentuknya yang lebih kecil dari matahari dan selisih lebih jauh dari bulan. Waktu pasang surut yang berlangsung di semua dunia beraneka ragam, mayoritas antara 12 jam 25 menit sampai 24 jam 50 menit. Pasang surut air laut ialah salah satu arus air laut kecuali ombak laut dan arus laut.

Teori Pasang Surut Air Laut

Terdapat 2 teori yang mempengaruhi terjadinya pasang surut air laut, yakni sebagai berikut:

  • Teori Kesetimbangan

Teori kesetimbangan dikemukakan oleh Sir Isaac Newton. Teori tersebut menguraikan bentuk-bentuk pasang surut air laut secara kualitatif. Teori tersebut terbentuk pada bumi pada saat sebagian permukaannya ditutupi oleh air dengan akibat humuditas. Teori keseimbangan menyimpulkan bahwa naik turunnya permukaan air laut seimbang dengan gaya pengungkit pasang surut. Oleh sebab itu, untuk menganalisis mengenai gaya pengungkit pasang surut, butuh dilakukan pembagian proses mobilitas antara bumi, bulan dan matahari, menjadi dua proses yaitu bulan dan matahari serta bumi dan bulan. Teori tersebut menyimpulkan bahwa pasang surut air laut berkaitan dengan laut, massa air yang maju, bulan dan matahari.

Baca Lainnya :  √Materi Lengkap Sistem Bilangan Real Serta Penjelasannya
  • Teori Dinamis

Teori ini dikemukakan oleh Laplace. Teori dinamis ialah teori penambah dari teori kesetimbangan. Teori tersebut lebih mengukur pasang surut air laut secara kuantitatif. Teori dinamis menyebutkan gaya pengungkit pasang surut memperoleh ombak pasang surut yang waktu ombaknya sama dengan gaya pengungkit pasang surut.

Jenis-Jenis Pasang Surut Air Laut

Berikut ini terdapat 4 jenis-jenis dari pasang surut air laut, yakni sebagai berikut:

  • Pasang Surut Harian Ganda

Pasang surut harian ganda ialah berlangsungnya dua kali pasang dan dua kali air surut dengan besarnya yang sampai sama dalam satu hari . Waktu pasang surut umumnya terjadi pada 24 jam 50 menit.

  • Pasang Surut Harian Tunggal

Pasang surut harian tunggal ialah berlangsungnya satu kali air pasang dan satu kali air surut dengan waktu terjadinya ialah sekitar 12 jam 24 menit.

  • Pasang Surut Gabungan Mengarah ke Harian Ganda

Pasang surut gabungan mengarah ke harian ganda ialah berlangsungnya dua kali air pasang dan dua kali air surut, tetapi dengan besarnya permukaan laut dan waktu yang berjarak.

Baca Lainnya :  Asteroid: Pengertian, Sejarah, Jenis, Ciri Beserta Contohnya
  • Pasang Surut Gabungan Mengarah ke Harian Tunggal

Pasang surut gabungan mengarah ke harian tunggal ialah berlangsungnya satu kali air pasang dan satu kali air surut dalam satu hari, tetapi sekali-kali saja untuk beberapa waktu berlangsung dua kali air pasang dan dua kali air surut.

Penyebab Pasang Surut Air Laut

Berikut ini terdapat beberapa penyebab dari pasang surut air laut, yakni sebagai berikut:

  • Rotasi Bumi pada sumbunya

Rotasi bumi ialah kejadian bergeraknya bumi pada sumbunya. Apabila Bumi bergerak, maka periode dimana letak suatu kawasan laut mengarah ke bulan dan ada periode dimana letak mengarah ke matahari. Air laut akan berjumpa dengan bulan pada periode malam hari. oleh sebab itu, lebih dahulu telah diistilahkan bahwa gaya tarik bulan lebih besar dua kali lipat ketimbang gaya tarik matahari, maka tidak asing ketika banyak air laut mengakibatkan pasang ketika malam hari.

  • Revolusi Bumi terhadap matahari

Revolusi ialah kejadian bergeraknya objek langit mengitari objek langit lainnya yang menjadi intinya. Salah satu objek yang melakukan revolusi ialah planet. Planet- planet melakukan revolusi atas matahari ialah induk dari tata surya. Dengan terdapatnya revolusi tersebut maka kita dapat memiliki tahun. Revolusi bumi tentang matahari menjadi salah satu faktor penyebab pasang surut air laut karena terdapat masanya bumi berhadapan dengan matahari dan sekali-kali bumi jauh dari matahari. Hal tersebut salah satunya karena jalur bumi berupa oval.

Baca Lainnya :  √4 Daftar Pemberontakan Di Indonesia Setelah Merdeka
  • Revolusi bulan terhadap matahari

Bulan ialah satelit alam dari bumi, ternyata memiliki revolusi ganda, yaitu bumi dan matahari. Apabila mengakibatkan revolusi berbarengan dengan Bumi, maka ada satu jalan dimana matahari dan bulan berada dalam satu titik yang berdampingan. Dengan begitu, ketahanan gaya tarik keduanya akan berkumpul dan bisa meraih permukaan air laut ketimbang keadaanya pada umumnya.

Manfaat Pasang Surut Air Laut

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari pasang surut air laut, yakni sebagai berikut:

  1. Bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik
  2. Digunakan untuk pengangkutan di perairan
  3. Digunakan untuk produksi garam
  4. Digunakan sebagai aktivitas olahraga air
  5. Menjadi sumber makanan dan pekerjaan bagi nelayan

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pasang Surut Air Laut: Pengertian, Teori, Jenis, Penyebab dan Manfaat
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi