√Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contohnya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Paragraf Deskripsi? Mungkin anda pernah mendengar kata Paragraf Deskripsi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, jenis serta contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contohnya

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi ialah paragraf yang bisa memvisualisasikan suatu benda sehingga pendengar seakan-akan bisa mengetahui benda tersebut. Kalimat deskripsi berhubungan dengan panca indera dalam menjelaskan suatu benda dengan melewati paragraf deskripsi, dispesifikkan suatu benda tersebut divisualkan secara detail.

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari paragraf deskripsi, yakni sebagai berikut:

  • Menjelaskan suatu benda, seperti lokasi ataupun kondisi spesifik
  • Menyertakan fungsi panca indera dalam prosedur deskripsi
  • Menyertakan ciri materi dan sifat benda tersebut, seperti warna, skala, bagian dan sifat spesifik
  • Menyimpan banyak kata perilaku
  • Diuraikan secara detail
  • Saat dibaca, pendengar seakan-akan dapat memandang secara terbuka benda yang dibicarakan

Jenis Jenis Paragraf Deskripsi

Berikut ini terdapat 3 jenis jenis dari paragraf deskripsi, yakni sebagai berikut:

Paragraf Deskripsi Spasial

Paragraf Deskripsi Spasial ialah paragraf deskripsi yang menjelaskan suatu bidang ataupun lokasi. Benda yang berbentuk bidang ataupun lokasi tersebut diuraikan sebanding dengan ciri khususnya sehingga pendengar bisa dengan mudah mencitrakannya.

  • Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

Bidang yang berbentuk 7m x 7m tersebut tampak tidak memadai untuk diduduki. Tidak terdapat tembok,  hanya terdapat tenunan bambu untuk menolak angin yang menembus ke tulang. Tidak terdapat sekat, hanya terdapat sebuah kasur berbentuk single di sudut depan. Diperoleh kompor dan alat untuk memasak lainnya di sudut belakang, berdekatan dengan pintu yang menghadap ke kamar mandi. Lemari yang telah tidak kuat lagi memepet ke tembok dan di isi penuh dengan pakaian. Sejadah, mukena dan Al-Quran ditempatkan berbaris di atas lemari. Karpet dilebarkan di sekeliling kasur dengan satu meja kecil di samping kasur tersebut. Buku-buku tersusun rapi di atas meja. Tempat tinggal bapak Dosen dan ibu Dosen ini menunjukkan sebuah kesahajaan dalam hidupnya.

Paragraf Deskripsi Subjektif

Paragraf Deskripsi Subjektif ialah paragraf deskripsi yang ditata menurut ideologi penulis. Seluruh keadaan yang dituliskan dalam paragraf tersebut sebagai pengaruh pendangan pribadi penulis. Walaupun pengaruh pendangan penulis, namun paragraf tersebut tengah dihadapi supaya pendengar seakan-akan dapat memandang  apa yang diungkapkan oleh penulis.

  • Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

Pak Dosen merupakan dosen paling tegas dikampusku. Selain itu, beliau merupakan dosen yang sangat segan oleh nyaris semua mahasiswa di kampus tersebut. Beliau membimbing pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Beliau mempunyai tinggi sekitar 170 cm dengan berat badan sekitar 65 kg. Pak dosen berkulit sawo matang dan berambut hitam keriting. Dimanapun beliau pergi kerap membawa buku di tangan kanannya. Beliau kerap membimbing mata kuliah Bahasa Indonesia dengan sabar sampai semua paham. Keadaan tersebut ditunjukkan dengan pada umumnya nilai ujian Bahasa Indonesia dikampusku menempati posisi pertama tingkat kabupaten.

Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf Deskripsi Objektif ialah paragraf deskripsi yang memvisualisasikan kondisi suatu benda yang benar-benar dengan keadaan kenyataannya tanpa akibat oleh pendangan si penulis.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contohnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √BMKG: Pengertian, Sejarah, Tugas, Aktivitas Serta Fasilitas
Baca Lainnya :  √Sel Lemak: Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur Serta Letaknya
Baca Lainnya :  √Kolonialisme: Pengertian, Macam, Dampak dan Tujuan Kolonialisme