Pengertian Nirmana Beserta Gambar

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Nirmana ? Mungkin anda pernah mendengar kata Nirmana? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, jenis, elemen, prinsip, fungsi, cara, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Nirmana-Beserta-Gambar

Pengertian Nirmana

Nirmana adalah studi tentang berbagai masalah yang berkaitan dengan hubungan antara persepsi, bentuk, warna, ruang, dan materi berwujud dalam dua atau tiga dimensi. Kegiatan utama ilmu ini adalah untuk mengembangkan keterampilan dalam memproses dan berkomunikasi bahasa visual menggunakan bahan dan teknik tertentu.

Ada kesalahpahaman dalam masyarakat kita bahwa siswa dapat secara otomatis bertindak berdasarkan bakat alami yang harus mereka miliki dalam seni dan desain. Perspektif ini telah ditinggalkan selama setengah abad.

Di negara maju, siswa yang tertarik mengembangkan dunia seni perlu terlebih dahulu memperoleh pengetahuan dasar agar hasilnya lebih optimal. Pengetahuan dasar semacam itu termasuk memperoleh keterampilan bentuk dasar dan keterampilan menggambar.


Jenis-Jenis Nirmana

Di bawah ini adalah beberapa jenis Nirmana.


1. Nirmanado Wimatla

Nirmanado- Wimatla

Dwimatra (2D) adalah datar / panjang dan lebar rata, tidak ada kedalaman atau ketebalan. Di lapangan, ada kesan dimensi spasial, volumetrik, optik, imajiner dan fantastis, tidak dalam, tetapi terlihat. Perspektif dua dimensi adalah dari satu arah, wajah atau depan.


2. Nirmana Trimatra

Nirmana-Trimatra

Pemahaman Trimatra (3D) adalah bahwa segala sesuatu di sekitar kita adalah tiga dimensi, tidak hanya panjang dan lebar, tetapi juga dalam ruang, massa, volume, ekspresi, warna dan bentuk. Sudut pandang tiga dimensi dieksekusi dari arah yang berbeda, yaitu dari tiga arah utama.


Elemen-Elemen Dasar Nirmana

  • Poin adalah elemen paling mendasar dari seni. Poin dapat menghasilkan ide, atau garis, bentuk, atau bentuk ide yang menghasilkan bidang. Teknik melukis yang menggunakan kombinasi berbagai ukuran dan warna titik dikenal sebagai penetapan.
  • Garis adalah satu set titik berbeda yang terhubung (warna) dari latar belakang yang menampilkannya. Membentuk garis dari koleksi unit terkecil. Ini biasanya merupakan titik lingkaran. Karena garis adalah titik ekstensi, garis ditandai dengan panjang daripada lebar. Garis adalah dimensi awal yang dibuat dari titik yang dipindahkan sedemikian rupa.
  • Warna memberi kesan bahwa cahaya menyentuh mata, jadi tanpa cahaya tidak akan ada warna. Setiap warna diciptakan oleh reaksi cahaya putih di permukaan, yang mencerminkan sebagian dari spektrum. Generasi warna-warna ini disebabkan oleh getaran cahaya putih. Sistem paling sederhana untuk menemukan hubungan warna adalah mengatur warna dalam bentuk lingkaran warna.
  • Tekstur adalah nilai nyata dari permukaan nyata dan semu, yang bisa halus, kasar, dan licin. Tekstur dapat dibagi menjadi dua berdasarkan hubungan visualnya. Yaitu, tekstur aktual dan tekstur semu.
  • Bidang memiliki bentuk datar tanpa ketebalan, dimensi tampilan, lebar, dan lebar, dan dikelilingi oleh posisi, orientasi, dan garis. Bentuk bidang bisa geometris, organik, sudut, tidak beraturan, bulat.
  • Bentuk adalah titik, garis, atau bentuk yang, ketika ditampilkan, menghasilkan bentuk. Tidak peduli seberapa kecil, ekspresi wajah, ukuran, warna, dan tekstur adalah kuncinya.
Baca Lainnya :  Paragraf Argumentasi

Prinsip-Prinsip Dasar Nirmana

  1. Kesatuan (Unity): Salah satu prinsip tata letak yang sangat mendasar. Jika karya visual tidak seragam, karya akan terlihat tersebar dan tidak teratur, dan karya akan menjadi tidak nyaman. Prinsip ini sebenarnya adalah prinsip hubungan. Keseragaman telah dicapai ketika satu atau lebih elemen visual memiliki hubungan (warna, ekspresi, arah, dll.).
  2. Keseimbangan: Karya seni dan desain harus seimbang sehingga terlihat bagus dan tidak menimbulkan kecemasan. Tidak nyaman dan gelisah, seperti menonton pohon atau bangunan yang runtuh. Keseimbangan adalah kondisi yang dialami objek ketika semua tenaga kerja saling membatalkan. Di bidang seni, keseimbangan ini tidak bisa diukur, tetapi bisa dirasakan. Dengan kata lain, tidak semua bagian dari pekerjaan harus saling memikul.
  3. Proporsi: Proporsi berisi prinsip-prinsip dasar tata letak untuk menyelaraskan pekerjaan Anda. Oleh karena itu, diperlukan perbandingan yang tepat. Pada dasarnya rasio adalah perbandingan matematis di lapangan. Rata-rata besar (golden average) adalah rasio yang paling populer dan digunakan saat ini dari karya seni ke arsitektur. Rasio ini menggunakan angka Fibonacci dengan rasio 1: 1,618, sering 8:13. Namun demikian, perbandingan ini merupakan perbandingan yang ditemukan pada benda-benda alami, seperti struktur ukuran tubuh manusia, dan merupakan rasio yang Tuhan sendiri ungkapkan. Di bidang desain, rasio ini dapat dilihat dengan membandingkan ukuran kertas dan tata letak halaman.
  4. Ritme (irama); pengulangan latihan yang teratur dan berkelanjutan. Secara alami, Anda dapat mengambil contoh gerakan berulang gelombang laut, semut, daun, dll. Prinsip ritme sebenarnya adalah pengulangan bentuk elemen visual.
  5. Dominasi: Salah satu prinsip dasar tata ruang yang harus ada dalam seni dan desain. Dominasi berasal dari kata dominance, yang berarti keunggulan, dan properti khusus yang luar biasa ini akan menjadi pusat elemen penarik dan perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering disebut pusat perhatian, focal point, atau eye catcher. Kontrol memiliki beberapa tujuan. Mendapatkan perhatian, menghilangkan kebosanan, melanggar aturan.
Baca Lainnya :  √Wakaf adalah

Fungsi dan Manfaat Nirmana

Nirmana berfungsi sebagai referensi dasar untuk merancang desain yang indah dan tampil seperti yang diharapkan, dan memahami elemen dan alasan yang membuat komposisi terlihat cantik. Masalahnya adalah prinsip atau prinsip seni dan desain itu sendiri, yang berlaku sebagian untuk unsur-unsur seni dan desain: garis, bentuk, bidang, warna, dan sebagainya.

Bahkan, proses kreatif yang paling penting atau paling penting adalah naluri, penyerapan, rasa, kepekaan terhadap koneksi visual, atau kreativitas perancang atau seniman itu sendiri. Namun, tidak semua orang memiliki pengalaman dan lingkungan yang kooperatif dalam mengembangkan naluri kreativitas. Nirmana dikemas dengan latihan untuk melatih dan mengasah kreativitas Anda.

Mereka yang sudah memiliki insting dan kreativitas yang cukup tinggi memiliki keinginan untuk memahami berbagai elemen dan prinsip Nirmana, dan tentu saja ada ruang untuk kreativitas. Karena Nirmana adalah esensi dan kesimpulan yang diambil dari berbagai desain dan karya seni yang sebelumnya sukses.


Cara Mengolah Nirmana

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menangani gaya bicara dasar. Misalnya, penempatan, penempatan, komposisi, komposisi, menciptakan variasi, merancang elemen visual untuk sesuatu yang merangsang persepsi pemirsa. Beberapa prinsip yang digunakan untuk mengobati Nirmana yang umum digunakan meliputi:


  • Simetri “Simetri”

Simetri adalah dua atau lebih elemen visual yang identik yang disusun secara paralel atau berdekatan, dengan kesamaan atau kesamaan antara elemen visual.


  • Irama ritme

Ritme adalah kesan bahwa warna garis atau bentuk bergerak berulang-ulang atau secara dinamis, dan kesan keseluruhan tampaknya tidak terlihat. Bentuk berirama biasanya diartikan sebagai bentuk dinamis. Perwujudan bisa dalam bentuk busa keras, tiba-tiba busa lunak dan keras.


  • Keseimbangan “Balance”

Keseimbangan adalah penempatan elemen visual dalam satu bidang, secara teratur atau acak, dan menekankan aspek keseimbangan komposisi “bentuk, warna, bidang” elemen elemen visual. Anda dapat mencapai keseimbangan dengan menempatkan elemen visual simetris atau menempatkan bentuk dinamis.

Baca Lainnya :  Kesehatan adalah

  • Aksentuasi “Accentuation”

Aksen adalah ekspresi elemen khas dalam satu bentuk, agar tidak memberi kesan membosankan atau tampak. Elemen aksen dapat dibuat dalam berbagai bentuk ritme yang berbeda atau berbagai bentuk ekspresi keseluruhan.


  • Varian “Varian”

Varian adalah representasi bahasa visual yang bervariasi dalam ukuran dan warna tetapi masih seragam, dan variasi dapat dikonfigurasi dalam sistem berulang atau modular.


  • Dinamika

Dynamics adalah ekspresi bahasa visual yang mencakup berbagai elemen yang berbeda dalam bidang, bentuk, warna, dan elemen motif, tetapi masih mempertimbangkan kontras, keseimbangan, dan kesatuan.


  • Gradasi

Gradien adalah susunan bentuk atau warna dari yang terkuat ke terendah, atau sebaliknya. Gradien dapat dicapai dengan bidang, warna, atau bentuk 3D.


Contoh Gambar Nirmana

Beberapa contoh Nirmana ditunjukkan di bawah ini.


1. Nirmana titik

Contoh-Nirmana-Titik


2. Nirmana garis

Contoh-Nirmana-Garis


Demikian Penjelasan Materi Tentang Nirmana Beserta Gambar: Pengertian, Jenis, Elemen, Prinsip, Fungsi, Cara,  dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi