Nilai, Norma dan Sanksi

Diposting pada

Selamat datang di PakDosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Nilai, Norma dan Sanksi? Mungkin anda pernah mendengar kata Nilai, Norma dan Sanksi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis dan hubungan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Nilai, Norma dan Sanksi

Pengertian Nilai

Nilai adalah sesuatu yang berharga atau ukuran yang dijadikan sebagai pengukuran bagi seseorang dan dijunjung tinggi oleh sekelompok masyarakat atau penilaian yang dijadikan suatu objek untuk menilai perilaku seseorang baik dan buruknya, benar dan salah, berguna ataupun tidak berguna. Contoh halnya barang antik bernilai bagi pengoleksi barang antik, tetapi tidak bagi orang modern yang tidak menyukainya ,atau dapat dikatakan sesuatu objek bernilai apabila ada subjek yang menilainya.


Jenis-Jenis Nilai

berikut beberapa macam nilai yang menjadi pedoman hidup masyarakat :

  1. Nilai Agama  merupakan nilai yang mengajarkan kebaikan.Setiap agama mengajarkan tentang bagaimana mematuhi perintah terhadap tuhan dan menjalankan kewajibanya untuk selalu berbuat baik kepada siapapun.dan setiap perbuatan manusia itu mendapatkan balasan dari tuhan berupa pahala .dan perbuatan yang buruk akan mendapatkan dosa.
  2. Nilai Hati Nurani Manusia merupakan nilai berupa mampu membedakan hal-hal yang baiK dan buruk ,yang jujur dan melakukan dosa ,serta rasa mengasihani terhadap orang lain dan mau berbagi terhadap orang lain,hati nurani manusia itulah yang membedakan manusia dengan ciptaan yang lainya.
  3. Nilai Adat Istiadat dan Budaya merupakan suatu nilai yang dijadikan patokan bagi seseorang untuk menilai perilaku/ kebiasaan seseorang tentang bagaimana seseorang itu menghormati orang lain dan orang yang lebih tua .adat istiadat dan budaya dapat dijadikan patokan sebagai ajaran bermoral.
Baca Lainnya :  √Hukum Internasional: Pengertian, Asas, Sumber, Hubungan dan Penyelesaian

Pengertian Norma

Norma adalah suatu perilaku hidup yang berupa aturan-aturan kehidupan yang ada di masyarakat. Norma sangatlah penting bagi manusia karna memberikan perlindungan dan penghargaan serta aturan-aturan tentang tingkah laku yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan.


Macam-Macam Norma

Berikut adalah pembagian norma antara lain:


  • Norma Agama

Norma Agama merupakan aturan tentang perintah dan larangan serta petunjuk dari tuhan, sebagai pedoman hidup manusia tentang sebuah kebenaran.misalnya bersedekah kepada fakir miskin agar hidup selamat dunia dan akhirat karna dengan bersedekah dapat menghapus dosa dan menambah pahala serta tidak akan mengurangi harta.


  • Norma Kesusilaan

Norma Kesusilaan merupakan aturan yang bersumber pada nurani manusia sebagai pedoman untuk bersikap dan berbuat terhadap sesama manusia, misalnya anda bebuat curang kepada orang lain termasuk membohongi orang lain. akan tetapi hati kecil anda berkata bahwa perbuatan yang anda lakukan itu nantinya akan mendapatkan dosa.

Sanksi terhadap perbuatan pelanggaran norma ini biasanya berupa perasaan cemas dan ketakutan akan ketauan orang yang anda curangi/bohongi.


  • Norma Hukum

Norma Hukum merupakan aturan yang dibuat oleh suatu lembaga yang berhak yang bersifat mengikat/memaksa untuk dipatuhi oleh masyarakat dan siapa saja ,dan yang melakukan pelanggaran terhadap hukum akan diberikan sanksi yang tegas, misalnya sebagai berikut:

Barang siapa dengan sengaja menghilangkan nyawa seseorang,dipidana dengan hukuman setinggi tingginya 15 tahun(hukuman pidana).


Hubungan Nilai Dan Norma

Nilai adalah sesuatu yang bersifat hakiki,atau bermakna yang berhubungan dengan cita-cita, harapan, keyakinan, maka nilai dapat diwujudkan dengan norma yaitu berupa aturan berupa perintah dan larangan yang terdapat dalam norma itu didasarkan pada suatu nilai yang dianggap baik, bermanfaat, serta dijunjung tinggi. Misalkan kebenaran itu suatu nilai,sedangkan larangan itu merupakan norma, Kejujuran itu nilai, sedangkan suatu larangan untuk berbohong itu merupakan norma.

Baca Lainnya :  Tes Wartegg : Pengertian, Contoh dan Tips Cara Mengerjakan

Merumuskan Nilai Sebagai Sumber Norma

Nilai merupakan sesuatu perbuatan yang membuat dirinya menjadi bernilai jika dia melakukan perbuatan yang baik kepada orang lain dan tidak berbuat semena-mena ,dan mematuhi aturan hukum yang berlaku.kaidah atau norma terdapat dalam agama ,kesopanan,dan hukum.jadi dapat dikatakan seseorang itu bernilai apabila ia mematuhi hukum atau norma.


Nilai, Norma, dan Sanksinya

Berikut ini terdapat beberapa nilai, norma dan sanksinya, yakni sebagai berikut:

  • Norma Agama =Sumber : Tuhan Yang Maha Esa =Sanksi : Siksa di neraka
  • Norma Kesusilaan =Sumber : Hati Nurani =Sanksi : Merasa bersalah/berdosa
  • Norma Kesopanan =Sumber : Masyarakat =Sanksi : Dikucilkan,diasingkan
  • Norma Hukum =Sumber : Negara =Sanksi : Kurungan Penjara

Demikian Penjelasan Materi Tentang Nilai, Norma dan Sanksi: Pengertian, Jenis & Hubungannya

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa