Momen Inersia: Pengertian, Rumus Serta Contohnya Lengkap

Diposting pada

Selamat datang di PakDosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Momen Inersia? Mungkin anda pernah mendengar kata Momen Inersia? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, sifat dan rumus cepat rambat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Momen Inersia: Pengertian, Rumus Serta Contohnya Lengkap

Pengertian Momen Inersia

Inersia ialah keinginan benda untuk menjaga kondisi naik itu stabil diam maupun bergerak. Benda yang sulit bergerak diistilahkan mempunyai inersia yang besar. Bumi yang terus dalam keadaan rotasi mempunyai inersia rotasi. Jadi, pengertian momen Inersia ialah suatu ukuran besarnya keinginan berotasi yang ditetapkan oleh bentuk benda maupun objek pembuatannya. Keinginan sebuah benda untuk menjaga kondisi diam maupun bergerak lurus beraturan disebut juga dengan Inersia.

Rumus Momen Inersia

Sebuah benda dengan massa m dalam berotasi pada sumbunya dengan jari-jari R. Momen inersia titik benda tersebut dijelaskan sebagai hasil kali massa benda dengan jarak benda ke sumbu putar atau jari-jari. Dengan begitu, momen inersia dijelaskan dengan rumus berikut:

I = m.R2

Penjelasan:

I = Momen Inersia

m = Massa Benda

R = Jari-Jari Rotasi

Benda yang terbentuk dari beberapa benda yang berotasi pada sumbunya, kemudian momen inersianya ialah jumlah momen inersia dari benda-benda yang terdapat di dalam benda tersebut. Sehingga dapat dinyatakan dengan rumus berikut:

 I = Ʃmn.Rn2

Obejk yang tersusun bangunnya dan berotasi pada suatu sumbu tersusun memiliki perbandingan momen inersia tersusun, misalnya pada tabel berikut dibawah ini:

tabel momen inersia

tabel momen inersia

Contoh Momen Inersia dalam Aktivitas Sehari-Hari

Apa yang terbentuk suatu mobil yang sedang melaju sangat kencang dan mobil tersebut rem mendadak? Kenyataannya, pada saat tersebut adanya keinginan mobil untuk menjaga gerakannya.

Baca Lainnya :  Kegiatan Konsumsi

Apakah keinginan tersebut berlaku untuk objek diam? Coba anda letakkan gelas disebuah kertas yang ada dikursi. Selanjutnya, anda tarik kertas tersebut dengan cepat dan kut.

Ternyata, gelas masih tertinggal di atas kursi tersebut. Kesimpulannya, jelas bahwa terdapat sifat alami objek tersebut yang ingin menjaga bentuknya yang diam.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Momen Inersia: Pengertian, Rumus Serta Contohnya Lengkap
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi