Modem adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Modem? Mungkin anda pernah mendengar kata Modem? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, jenis, cara kerja, komponen, kelebihan, kekurangan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Modem adalah

Pengertian Modem

Modem merupakan suatu alat untuk mengakses internet atau pemberi sinyal agar bisa tersambung kepada internet dan termasuk dalam perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah sehingga jaringan internet dapat diterima perangkat komputer/ mobile dengan lebih baik. Secara umum modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator berfungsi sebagai pengubah sinyal informasi untuk dijadikan sinyal pembawa data yang siap dikirimkan, Sedangkan Demodulator meruakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang dapat diterima dengan baik.


Fungsi Modem

Berikut adalah beberapa fungsi modem antara lain yakni:


  • Salah satu alat perantara untuk menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet.
  • Sebagai alat komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  • Untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan
  • Untuk melakukan kompresi data yang dikirimkan melalui sinyal
  • Melakukan proses modulasi dan demodulasi

Jenis-Jenis Modem

Adapun beberapa jenis-jenis modem antara lain yaitu:


1. Modem Eksternal

Modem Eksternal merupakan jenis modem yang digunakan komputer agar dapat mengakses internet. Data yang berasal dari komputer berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Apabila modem menerima data berupa sinyal analog akan diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut melalui komputer.

Baca Lainnya :  Ideologi Komunisme

2. Modem Internal

Modem Internal merupakan jenis modem yang terpasang secara internal di mana sinyal analog yang tiba akan diubah menjadi sinyal digital dan secara langsung dikirim ke komputer.


3. Modem ISDN

Modem ISDN atau Integrated Service Digital Network merupakan sistem telekomunikasi yang ada dalam layanan berupa suara data maupun gambar yang kemudian diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Jaringan tersebut menyediakan konektivitas Digital dari ujung ke ujung untuk menunjang pelayanan yang lebih luas.


4. Modem GSM

Modem GSM merupakan jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai media untuk transfer data. Biasanya jenis modem ini didukung dengan penggunaan kartu koneksi dari provider yang memiliki sifat GSM.


5. Modem Analog

Modem Analog merupakan jenis modem yang memiliki fungsi sebagai alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.


6. Modem ADSL

Modem ADSL atau Asimetric Digital Subscribe Line merupakan jenis modem untuk mengakses internet serta menggunakan telepon analog secara bersamaan. Dalam penggunaannya dibantu alat penghubung seperti splitter. Fungsi dari Splitter tersebut untuk menghilangkan gangguan agar dapat berjalan secara bersamaan yaitu menggunakan internet dan dapat menggunakan telepon biasa. Tapi tidak saling bertabrakan.


7. Modem Kabel

Modem Kabel merupakan jenis modem yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan seperti TV kabel.


8. Wireless Modem

wireless Modem merupakan jenis modem dimana terdapat data yang dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu seperti infrared pada remote TV atau melalui gelombang radio dengan frekuensi tertentu.


9. Modem CDMA

Modem CDMA merupakan jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 1x atau CDMA 800 MHz. Untuk jenis modem CDMA yang terbaru sudah menggunakan frekuensi EVDO Rev-A setara 3G.

Baca Lainnya :  Komponen Kebugaran Jasmani

Cara Kerja Modem

Mula- mula Frekuensi sinyal digital yang dikirimkan dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem lalu ditransmisikan melalui kabel telepon untuk dihantarkan ke komputer lainnya dan sebaliknya pada saat penyambungan komputer ke kabel telepon untuk dijadikan internet, maka komputer akan mengirim data. Setelah itu data berbentuk digital tersebut akan diubah oleh modem menjadi data analog yang dikirim dari kabel telepon (atau lainnya). Ketika data tersebut tertuju, modem kembali mengubahnya dalam bentuk data analog menjadi data digital. Hal tersebut juga berlaku ketika mendownload data dalam bentuk analog, agar bisa ditampilkan, maka modem mengubahnya menjadi digital. Melalui proses seperti inilah yang menyebabkan mengapa internet di seluruh dunia bisa saling berinteraksi dengan baik satu dengan yang lainnya.


Komponen Modem

Adapun beberapa bagian komponen penting modem antara lain yakni:


1. Network Interface Card

NIC berfungsi sebagai penghubung antar komputer. Setelah pemasangan card, kemudian memasang kabel jaringan pada NIC agar bisa terhubung dari satu komputer dengan komputer yang lainnya.


2. Repeater

Komponen yang satu ini digunakan sebagai penguat sinyal digital. Sehingga saat menerima sinyal, maka kekuatan sinyal akan bertambah. Repeater juga digunakan sebagai penghubung antara media yang berbeda asalkan metode aksesnya sama.


3. HUB

Sebagai komponen hardware yang disambungkan ke komputer atau sebagai jaringan pusat yang berguna untuk menyatukan kabel agar bisa menjangkau jarak jauh. Komponen ini berperan sebagai pengatur data dan untuk menguatkan sinyal. HUB memiliki lubang di bagian belakangnya atau yang biasa disebut port.


4. Switch

Komponen ini berfungsi sebagai penggabung jaringan wilayah lokal. Switch memiliki kemampuan yang lebih baik daripada repeater maupun HUB dimana tidak hanya digunakan sebagai penghubung antar jaringan saja melainkan juga mengatasi masalah yang berasal dari HUB dan repeater.

Baca Lainnya :  HUB adalah

5. Access Point

Fungsinya hampir sama dengan HUB dimana digunakan sebagai penghubung media yang menggunakan wireless.


6. Bridge

Komponen modem yang fleksibel dan juga cerdas jika dibandingkan dengan repeater. Berfungsi untuk mengirim data menggunakan CSMA atau CD seperti yang digunakan pada network interface.


7. Router

Router juga termasuk sebagai komponen modem yang tentunya lebih cerdas daripada komponen modem yang lainnya. Router bertugas untuk melewatkan data yang memiliki alamat network berbeda.


Kelebihan

Berikut adalah beberapa kelebihan modem internal antara lain yaitu:


  1. Lebih hemat tempat.
  2. Dari segi harga lebih ekonomis.
  3. Tidak membutuhkan adaptor, karena telah terpasang di dalam CPU.
  4. Sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi.

Kelemahan

Adapun beberapa kelemahan modem internal yakni:


  1. Tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software).
  2. Tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU.
  3. Dapat menambah suhu dalam kotak CPU. Karena adanya pengaruh Panas dari komponen – komponen dalam rangkaian modem internal

Demikian Penjelasan Materi Tentang Modem adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Komponen, Kelebihan, Kekurangan

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi