Medula Spinalis

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Medula Spinalis? Mungkin anda pernah mendengar kata Medula Spinalis? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, struktur & fungsi sumsum tulang belakang. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Fungsi-Medula-Spinalis

Pengertian Medula Spinalis

Medula Spinalis atau Sumsum Tulang Belakang ialah saraf pipih yang menjadi ekstensi dari sistem saraf inti dari otak dan melingkupi serta dibentengi oleh tulang belakang. Fungsi utama sumsum tulang belakang ialah pengangkutan penghasilan rangsangan antara periferi dan otak. Fungsi lain sumsum tulang belakang yakni mengatur gerakan spontan, tergolong gerakan spontan pada mata, hidung dan sebagainya.

Sumsum tulang belakang dibalut oleh membran meninges. Apabila disimak secara horizontal, sumsum tulang belakang bagian luar kelihatan berwarna putih dan bagian dalam berupa kupu-kupu yang berwarna abu-abu.

Pada bagian yang berwarna putih banyak menyimpan neurit yang dibungkus myelin. Bagian tersebut untuk menggeletakkan impuls mengarah ke otak dan dari otak mengarah ke efektor.

Bagian yang berwarna abu-abu menyimpan serat saraf yang tidak terdapat mielinnya. Bagian tersebut dibedakan menjadi dua yakni pangkal dorsal ataupun pangkal posterior dan pangkal ventral ataupun pangkal anterior. Pangkal dorsal menyimpan neuron sensorik dan pangkal ventral menyimpan neuron motorik.


Struktur Bagian Medula Spinalis

Medula Spinalis atau Sumsum Tulang Belakang ialah himpunan saraf berbentuk silinder yang berangkat dari otak bagian bawah kemudian membujur menelusuri saluran tulang belakang. Sumsum tulang belakang terbagi menjadi sebagian irisan, tiap-tiap irisan mempunyai selaras pangkal saraf di kanan dan kiri. Pangkal saraf depan ataupun pangkal saraf eferen bekerja sebagai motorik, sementara pangkal saraf belakang ataupun pangkal saraf aferen bekerja sebagai sensorik.

Baca Lainnya :  √Paragraf Deskripsi: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contohnya

Irisan-irisan pada sumsum tulang belakang dikategorikan menjadi beberapa zona, dengan barisan dari atas sampai ke bawah yakni sebagai berikut:

  • Leher terdiri atas 8 pangkal saraf
  • Dada terdiri atas 12 pangkal saraf
  • Perut terdiri atas 5 pangkal saraf
  • Pelvis terdiri atas 5 pangkal saraf
  • Tulang ekor terdiri atas 1 pangkal saraf

Dari setiap lapisan zona tersebut, maka serat saraf akan meluas ke bagian tubuh dan sel-sel tertentu searah dengan lapisannya. Contohnya ialah saraf torak berguna mensarafi bagian dada, kulit, urat-urat pernafasan dan sel-sel di dalamnya.


Fungsi Medula Spinalis

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari medula spinalis, yakni sebagai berikut:

  • Menghubungkan impuls dari indera menuju ke otak
  • Menghubungkan impuls dari otak menuju ke indera
  • Menghubungkan otak dengan semua tubuh
  • Menjadi inti gerak spontan dan memberi keleluasaan jalan sekilas gerak spontan

Bagian Dan Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Adapun bagian sumsum tulang belakang antara lain yaitu:

Bagian Dan Fungsi Sumsum Tulang Belakang

1. Bagian putih (substansia alba)

Bagian putih (substansia alba) ini terdiri dari serabut saraf yang disebut dengan akson, yang memanjang naik serta turun di sepanjang medula spinalis. Tiap-tiap kelompok akson itu membawa informasi tertentu yang perlu dikomunikasikan. Cara kerjanya, Saluran akson yang naik akan berkomunikasi dengan otak, sementara yang turun akan membawa sinyal dari otak ke berbagai otot dan kelenjar di seluruh tubuh.


2. Bagian abu-abu (substansia grisea)

Bagian abu-abu (substansia grisea) pada sumsum tulang belakang itu terbagi lagi dalam beberapa fungsi khusus. Apabila bagian abu-abu dibagi menjadi dua bagian, tiap-tiap bagiannya memiliki bagian yang disebut dengan sebutan tanduk dorsal, tanduk ventral, dan tanduk lateral. Tanduk dorsal dan ventral itu terhubung dengan otot rangka, sedangkan untuk tanduk lateral itu terhubung dengan otot jantung dan otot polos.

Baca Lainnya :  23 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pada tanduk dorsal itu terdapat badan sel saraf penghubung (asosiasi konektor) yang akan menerima impuls dari sel saraf sensori serta akan menghantarkannya ke saraf motor. Pada bagian putih itu terdapat serabut saraf asosiasi. Kumpulan serabut saraf tersebut membentuk saraf (urat saraf). Urat saraf yang membawa impuls ke otak adalah sebuah saluran asenden dan juga yang membawa impuls yang berupa perintah dari otak itu merupakan saluran desenden.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Medula Spinalis: Pengertian, Struktur & Fungsi Sumsum Tulang Belakang Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.