Masalah Adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Masalah? Mungkin anda pernah mendengar kata Masalah? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian masalah menurut para ahli, jenis, ciri, langkah, hakekat dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Masalah

Pengertian Masalah

Masalah ialah bagian lengkap yang harus terdapat dalam melaksanakan kehidupan. Menjadi manusia, kita tidak dapat menjauhkan diri dari masalah. Beberapa besar orang mengemukakan bahwa masalah ialah sebuah kemalangan ataupun sebuah malapetaka.


Pengertian Masalah Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian masalah, yakni sebagai berikut:

1. Menurut Irmansyah Effendi

Menurut pendapat dari Irmansyah Effendi, masalah ialah pelajaran apabila anda insaf, merupakan keinsafan jiwa anda bisa melihat dengan mudah beragam macam kekurangan dan masalah hidup anda.


2. Menurut Hudojo

Menurut pendapat dari Hudojo, masalah ialah perbincangan kepada individu yang mana orang tersebut tidak mempunyai aturan yang bisa dipakai dengan cepat untuk mendapatkan jawaban dari perbincangan tersebut.


3. Menurut Abdul Cholil

Menurut pendapat dari Abdul Cholil, masalah ialah bentuk kecil dari kehidupan, setiap manusia masih sudah memiliki dan mendapati masalah baik dari diri sendiri ataupun berasal dari orang lain.


4. Menurut Jeffey Liker

Menurut pendapat dari Jeffey Liker, masalah ialah harapan untuk mengarah kehidupan yang lebih baik.


5. Menurut Richard Carlson

Menurut pendapat dari Richard Carlson, masalah ialah kawasan terbaik untuk membiasakan diri sehingga hati menjadi lebih bebas. Masalah ialah bentuk penting yang harus terdapat dalam kehidupan kita.


6. Menurut Istijanto

Menurut pendapat dari Istijanto, masalah ialah bentuk penting dalam suatu prosedur penelitian, karena masalah bisa mendatangkan pedoman berbentuk jenis informasi yang kemudian akan sangat diperlukan.

Baca Lainnya :  Produk adalah

7. Menurut KBBI

Menurut pendapat dari KBBI, masalah ialah objek yang mesti dirampungkan.


8. Menurut Dorothy Craig

Menurut pendapat dari Dorothy Craig, masalah ialah keadaan yang akan hadir dan tidak dimohonkan.


9. Menurut James Stoner

Menurut pendapat dari James Stoner, masalah ialah suatu kondisi yang menghalangi lembaga untuk memperoleh beberapa tujuan.


10. Menurut Roger Kaufman

Menurut pendapat dari Roger Kaufman, masalah ialah suatu disparitas yang mesti ditutup antara pengaruh yang diperoleh pada saat tersebut atau lebih dahulu dengan pengaruh yang dimohonkan.


Jenis-Jenis Masalah

Terdapat 2 jenis masalah yaitu sebagai berikut:

  • Masalah Rumit

Masalah rumit mempunyai ukuran besar, yakni mempunyai hubungan baik dengan masalah lainnya, mempunyai pengaruh yang besar dan penyelesaian masalah tersebut membutuhkan pandangan keras atau ulasan yang tajam.


  • Masalah Sederhana

Masalah sederhana mempunyai ciri ukuran kecil, masalah sederhana tidak mempunyai hubungan dengan masalah lain, tidak mempunyai pengaruh yang besar, penyelesaian masalah tidak membutuhkan pandangan yang luas dan terperinci dan dapat dirampungkan secara perorangan.


Langkah-Langkah Dalam Menyelesaikan Masalah

Ada empat langkah mendasar dalam menyelesaikan suatu masalah yaitu:

  1. Mendefinisikan masalah.
  2. Mengumpulkan alternatif penyelesaian masalah.
  3. Mengevaluasi dan memilih alternatif-alternatif tersebut.
  4. Menerapkan solusinya.

Hakekat Masalah

Menurut Akhmad Guntar

  • Masalah adalah sebuah kesempatan untuk berkembang. Sebuah masalah bisa merupakan sebuah tendangan peluang, kesempatan untuk keluar dari stagnan, kebosanan atau status quo serta apapun yg dimaksudkan untuk membuat suatu kondisi jadi lebih baik. Perlu dicatat baik-baik bahwa yang disebut masalah tidaklah harus merupakan akibat dari kejadian buruk atau faktor eksternal. Contoh di bidang industri adalah : Ada kendala dalam memperoleh supplier yang memiliki kualitas baik dan menawarkan harga relative lebih murah.

  • Masalah adalah perbedaan antara kondisi sekarang dan kondisi yg diharapkan. Sebuah masalah bisa muncul berkat adanya pengetahuan atau pemikiran baru. Ketika seseorang tahu di mana posisi sekarang dan ke mana hendak menuju maka orang tersebut sudah punya sebuah masalah terkait bagaimana agar bisa sampai pada tujuan yg diharapkan. Contoh di bidang industri adalah : Perjanjian order penjualan dengan konsumen yang tanggal penyelesaian tidak seperti yang diharapkan sebelumnya.

  • Masalah adalah hasil dari kesadaran bahwa kondisi yg sekarang terjadi belumlah sempurna dan keyakinan bahwa masa depan bisa dibuat jadi lebih baik. Keyakinan bahwa harapan bisa tercapai akan membuat seseorang memiliki sasaran untuk masa depan yang lebih baik. Harapan membuat diri sendiri merasa tertantang dan tantangan semacam ini juga layak juga disebut sebagai masalah. Contoh di bidang industri adalah : Kualitas produk yang diterima oleh konsumen belum sesuai dengan permintaan konsumen.
Baca Lainnya :  Humas adalah

Contoh Masalah

Masalah sosial merupakan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Masalah sosial merupakan suatu keadaan di masyarakat yang tidak normal atau tidak semestinya. Masalah sosial dapat terjadi pada masyarakat di pedesaan maupun di perkotaan. Keadaan masyarakat di pedesaan dan di perkotaan tentu berbeda. Pada umumnya masyarakat pedesaan masih memegang erat nilai-nilai kerukunan, kebersamaan dan kepedulian. Sehingga tidak heran sering kita jumpai adanya kerja bakti, saling memberi dan menolong. Sedangkan masyarakat di kota hidup dalam suasana egois, individu (sendiri-sendiri), kurang akrab serta kurang rukun. Kehidupan semacam ini sebenarnya merupakan salah satu masalah sosial di wilayah tersebut. Saat ini di negara kita masih banyak kita jumpai permasalahan sosial, antara lain sebagai berikut:

1. Kemiskinan

kemiskinan

Ahad 17 Oktober kemarin diperingati sebagai Hari Anti Kemiskinan. Sebagai salah satu fenomena sosial yang dihadapi oleh semua negara, kemiskinan merupakan bagian dari agenda pembangunan yang tak henti-hentinya menjadi wacana dan diskursus yang ramai didiskusikan oleh berbagai kalangan. Kemiskinan memang merupakan salah satu masalah sosial yang selalu ramai dan menarik untuk dibicarakan. Terlebih lagi dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik yang terhitung mulai 1 Juli 2010 yang sangat berpengaruh terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok. Di Indonesia jumlah rakyat miskin masih cukup banyak, walaupun pemerintah telah berupaya mengatasinya. Orang yang miskin tidak dapat memenuhi kebutuhan pokoknya seperti pangan, sandang dan papan. Kemiskinan dapat menyebabkan berbagai permasalahan sosial yang lain, seperti kejahatan, kelaparan, putus sekolah, kurang gizi, rentan penyakit dan stress.


2. Kenakalan Remaja

kenakalan-remaja

Pernahkan kalian melihat sekelompok anak remaja yang kebutkebutan di jalan? Bagaimana perasaan kalian ketika melihat hal itu? Kebut-kebutan bagi mereka sendiri sangat berbahaya yakni dapat menimbulkan kecelakaan. Di samping itu juga mengganggu dan membahayakan orang lain. Kenakalan remaja dapat berbentuk lain seperti coret-coret dinding di jalan, minum-minuman keras, berdandan yang tidak semestinya ataupun menggunakan narkoba. Penyebab kenakalan remaja antara lain sebagai berikut :

  1. Kurangnya perhatian dari orang tua. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak/remaja yang dibesarkan dalam lingkungan sosial keluarga yang tidak baik atau disharmoni keluarga, maka resiko anak untuk mengalami gangguan kepribadian menjadi berkepribadian antisosial dan berperilaku menyimpang lebih besar dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dalam keluarga sehat atau harmonis (sakinah).
  2. Pengaruh lingkungan pergaulan :  Merupakan faktor yang kondusif bagi anak/remaja untuk berprilaku meyimpang. Faktor lingkungan yang sehat misalnya:ini dapat dibagi dalam 2 bagian, yaitu pertama, faktor kerawanan masyarakat dan kedua, faktor daerah rawan (gangguan kamtibmas)
  3. Kurang mantapnya kepribadian diri
  4. Jauh dari kehidupan beragama
Baca Lainnya :  Metafora adalah

3. Kejahatan

kejahatan

Kejahatan sering disebut sebagai tindak kriminal atau perbuatan yang melanggar hukum. Pengangguran dan kemiskinan dapat menyebabkan tindak kejahatan. Jika tidak dilandasi keimanan dan akal sehat, penganggur mengambil jalan pintas untuk mengatasi kemiskinannya.Yang stress dan tidak kuat bisa kemudian minum-minuman keras atau memakai narkoba, namun ternyata kejahatan tidak hanya karena miskintetapi banyak orangorang yang sebenarnya sudah mapan hidupnya melakukan kejahatan. Upaya atau kebijakan untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan kejahatan termasuk bidang kebijakan kriminal.


Kebijakan kriminal ini pun tidak terlepas dari kebijakan yang lebih luas, yaitu kebijakan sosial yang terdiri dari kebijakan/ upaya-upaya untuk kesejahteraan sosial dan kebijakan/upaya-upaya untuk perlindungan masyarakat. (Barda Nawawi Arief (2007:77). Kebijakan penanggulangan kejahatan dilakukan dengan menggunakan sarana ”penal” (hukum pidana),maka kebijakan hukum pidana khususnya pada tahap kebijakan yudikatif harus memperhatikan dan mengarah pada tercapainya tujuan dari kebijakan social itu berupa social welfare” dan “social defence”. (Barda Nawawi Arief (2007:77). Menurut Baharuddin Lopa (2001:16) bahwa “upaya dalam menanggulangi kejahatan dapat diambil beberapa langkah-langkah terpadu, meliputi langkah penindakan (represif) disamping langkah pencegahan (preventif).”


Demikian Penjelasan Materi Tentang Masalah Adalah: Pengertian, Pengertian Masalah Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri, Langkah, Hakekat dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.