Pengertian Manajemen Personalia

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Manajemen Personalia? Mungkin anda pernah mendengar kata Manajemen Personalia? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian menurut para ahli, fungsi, tugas dan wewenang, aktivitas. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Manajemen-Personalia

Pengertian Manajemen Personalia

Manajemen personalia adalah salah satu seni dan ilmu pengetahuan yang menangkap, mempromosikan, dan memanfaatkan tenaga kerja sehingga tujuan organisasi tercapai dengan cara yang efektif dan sukses dan pekerja lebih bersemangat dengan pekerjaan mereka.

Manajemen sumber daya manusia adalah cara untuk secara efisien dan efektif mengelola hubungan dan peran disiplin ilmu atau sumber daya yang dimiliki secara pribadi (tenaga kerja) untuk memaksimalkan tujuan bisnis, karyawan dan masyarakat. Jadi Anda bisa menggunakannya secara optimal.

Juga dikenal sebagai Sumber Daya Manusia, atau Sumber Daya Manusia, didasarkan pada konsep bahwa semua karyawan bukan manusia, mesin, tetapi hanya sumber daya bisnis. Penelitian sumber daya manusia ini (sumber daya manusia) dapat menggabungkan beberapa disiplin ilmu seperti psikologi, sosiologi.


Pengertian Manajemen Personalia Menurut Para Ahli


1. Menurut Profesor Edwin B. Filippo

Manajemen sumber daya manusia berarti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian perekrutan, pengembangan, kompensasi, integrasi, retensi, dan pemutusan bakat untuk mencapai tujuan individu, organisasi, dan masyarakat.


2. Menurut T. Hani Handco

Manajer SDM adalah manajer dan karena manajer harus dapat melakukan fungsi dasar manajemen, terlepas dari sifat fungsi operasionalnya.

Baca Lainnya :  Pengertian Pengangguran

3. Menurut James A. F. Stoner

Manajemen adalah salah satu proses perencanaan upaya anggota organisasi, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, dan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang dinyatakan.


4. Menurut Dale Yoder

Manajemen sumber daya manusia atau sumber daya manusia adalah salah satu penyedia kepemimpinan dan arahan karyawan dalam suatu pekerjaan atau hubungan kerja-karyawan.


5. Menurut  Gary Desler

Manajemen sumber daya manusia disamakan dengan fungsi manajemen, terutama kepegawaian. Ini adalah salah satu keputusan tentang jenis-jenis karyawan yang perlu diangkat, perekrutan calon karyawan, kesiapan untuk melakukan pekerjaan, konseling karyawan, pelatihan, dan pengembangan karyawan.


6. Menurut Manulang

Manajemen sumber daya manusia adalah disiplin ilmu yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan, menyediakan cara untuk menyediakan fasilitas untuk pekerjaan, dan mendapatkan rasa partisipasi kerja dalam satu atau lebih kegiatan.


7. Menurut Malayu S. P. Hasibuan

Manajemen sumber daya manusia, bidang sains dan seni, mengatur hubungan dan peran tenaga kerja agar efektif dan efisien dalam membantu perusahaan, karyawan, dan masyarakat mencapai tujuan mereka.


8. Menurut Alex S. Nichisemito

Manajemen sumber daya manusia adalah bidang seni untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan, yang membuat proses kerja lebih efektif dan dapat seefisien mungkin dalam mencapai personil.


9. Menurut John Sprihunt

Manajemen sumber daya manusia adalah masalah pemantauan fungsi manajemen, pengadaan, penarikan, pengembangan dan kompensasi, integrasi dan pemeliharaan untuk membantu organisasi atau perusahaan mencapai tujuannya.


10. Menurut Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Husnan

Manajemen sumber daya manusia adalah salah satu bidang di mana perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sumber daya karyawan, kompensasi, integrasi dan pemeliharaan untuk mencapai tujuan perusahaan.


Fungsi Manajemen Personalia

Sederhananya, fungsi SDM dapat dibagi menjadi dua fungsi:


1. Fungsi manajemen

  • Fungsi perencanaan
    Artinya, sebagai pra-penentuan program sumber daya manusia yang akan membantu mencapai tujuan perusahaan yang ditetapkan.
  • Fungsi organisasi (organisasi)
    Ini adalah alat yang dapat mencapai tujuan yang secara sistematis menjelaskan hubungan antara tugas, wewenang, dan tanggung jawab.
  • Fungsi pengarahan
    Ini adalah alat yang membantu perusahaan Anda mencapai tujuannya sehingga mereka ingin bekerja secara efektif bersama.
  • Fungsi kontrol
    Amati tindakan itu dan bandingkan dengan rencana, dan perbaiki penyimpangan apa pun.
Baca Lainnya :  Audit adalah

2. Fungsi operasi

  • Fungsi pengadaan tenaga kerja (pengadaan)
    Upaya untuk memastikan Anda memiliki tipe dan jumlah orang yang tepat yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi Anda.
  • Pengembangan tenaga kerja (pengembangan pelatihan)
    Ini adalah salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan Anda melalui pelatihan untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Berikan kompensasi
    Berikan karyawan penghargaan yang adil dan sesuai untuk kontribusi mereka pada pencapaian tujuan organisasi.
  • Integrasi
    Koordinasi keinginan antara keinginan suatu organisasi dengan individu atau kelompok dalam organisasi, karena karyawan ingin bekerja sama untuk mewujudkan organisasi.
  • Pemeliharaan
    Ini adalah upaya untuk mempertahankan kondisi fisik karyawan, dan sikap yang menyenangkan terkait dengan layanan karyawan.

Tugas Dan Wewenang Manajer Personalia

Secara umum, tugas manajemen personalia adalah:


  • Pilih karyawan sesuai dengan apa yang diminta perusahaan Anda dan pastikan bahwa karyawan yang Anda rencanakan akan dipekerjakan berada di posisi yang tepat.
  • Desain anggaran tenaga kerja.
  • Buat deskripsi pekerjaan, spesifikasi pekerjaan, dan analisis pekerjaan.
  • Kami memutuskan sumber daya manusia dan menyediakannya kepada perusahaan.
  • Mengelola, mendidik, dan mengembangkan sumber daya manusia. Ini termasuk proses pengembangan sumber daya manusia.
  • Jaga segala sesuatu tentang pensiun dan pemecatan pekerja.
  • Kami menghargai kesejahteraan karyawan kami.

Tujuan Manajemen Personalia

Sasaran manajemen personalia yang terkait dengan sasaran umum perusahaan. Ini karena manajemen perusahaan berusaha untuk memungkinkan efisiensi di bidang tenaga kerja sebagai keuntungan dan efisiensi kontinuitas.

(Manullang, 2001: 165) memiliki dua tujuan untuk manajemen personalia.

  1. Pikiran produksi (efisiensi dan kemudahan penggunaan).
  2. Orang-orang perlu diingat (kerja sama).

Oleh karena itu, dalam manajemen personalia ini, semua karyawan didorong untuk memberikan kontribusi sebaik mungkin kepada pemberi kerja, karena tanpa kerja sama penuh dari karyawan kita tidak dapat mengharapkan efisiensi maksimum. Upaya mungkin diperlukan untuk menciptakan kondisi tersebut.


Aktivitas Bagian Personalia


1.  Procuring

Mempersiapkan dan memilih pekerja (persiapan dan seleksi). Proses persiapan melaksanakan perencanaan untuk kebutuhan personel Anda dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin terjadi.

Yang dapat Anda lakukan adalah membuat perkiraan atau perkiraan pekerjaan yang tersedia, jumlah, waktu, dll. Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan selama persiapan: faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, dan departemen yang ada.

Baca Lainnya :  Motherboard adalah

Faktor eksternal seperti hukum, yaitu sumber daya manusia adalah sebagai berikut.

  • Dapatkan tenaga kerja
  • Buat anggaran tenaga kerja.
  • Menarik pekerja.
  • Buat analisis pekerjaan, deskripsi pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaan.
  • Membangun dan menghubungi sumber-sumber tenaga kerja.
  • Memegang pilihan pekerja masa depan.

2. Pengembangan

  • Pelatihan dan evaluasi karyawan (pelatihan dan evaluasi). Pekerja yang bekerja di suatu organisasi atau perusahaan harus dapat menguasai pekerjaan mereka dan tanggung jawab yang bertanggung jawab. Akibatnya, karyawan yang ada dapat menjadi lebih terampil dan profesional di bidangnya masing-masing, dan mungkin perlu pengarahan untuk meningkatkan kinerja yang ada.
  • Memberikan kompensasi dan perlindungan kepada karyawan (kompensasi dan perlindungan). Kompensasi adalah hadiah untuk kontribusi reguler karyawan dari suatu organisasi atau perusahaan.
  • Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenagakerjaan di masa depan atau membahayakan organisasi atau perusahaan.
  • Perlindungan juga diperlukan, dan pekerja harus dapat melakukan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi mereka kadang-kadang dapat dimaksimalkan.
  • Mempromosikan atau mengembangkan tenaga kerja.
  • Melatih dan mendidik tenaga kerja.
  • Promosi dan perpindahan pekerja.
  • Mengevaluasi keterampilan tenaga kerja.

3. Perawatan

  • Promosi adalah jenis transfer yang melibatkan pemindahan karyawan ke posisi di mana pembayaran yang lebih tinggi dan kewajiban yang lebih besar, hak, dan peluang mungkin terjadi.
  • Pemecatan, juga dikenal sebagai pemecatan, sering disebut sebagai perampingan, yang untuk sementara atau sementara memindahkan karyawan dari gaji. Secara umum, ini dapat mengurangi beban biaya tenaga kerja, dan masalah keuangan perusahaan diperburuk.
  • Pensiun adalah tindakan kontrol dalam bentuk memisahkan karyawan dari organisasi karena melanggar aturan organisasi atau tidak berkinerja cukup baik untuk meninggalkan karyawan.
  • Pengakhiran sukarela adalah inisiatif organisasi untuk memisahkan seorang karyawan dari organisasi atau kehendak karyawan sendiri.
  • Pengunduran diri adalah pemisahan karyawan yang telah menyelesaikan pekerjaan maksimum dari suatu organisasi, atau umumnya dikenal sebagai pensiun.
  • Waspadai kesejahteraan karyawan Anda, termasuk pembayaran upah, perumahan, rekreasi, obat-obatan, dll.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Manajemen Personalia: Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Aktivitas, Tugas dan Wewenang
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi