Manajemen Pemasaran

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Manajemen Pemasaran?Mungkin anda pernah mendengar kata Manajemen Pemasaran? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, tujuan, fungsi, faktor, strategi, karakteristik, konsep. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba.  Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan. Sehingga dapat mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli antara lain yakni:

1. Winardi

Menurut Winardi“manajemen pemasaran iyalah proses pengambilan suatu keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam sistem pemasaran.”


2. William J. Stanton

Menurut William J. Stanton manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan suatu pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai tujuan suatu organisasi.


3. Menurut Suparyanto & Rosad (2015:1)

Menurut Suparyanto & Rosad manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, merencanakan, mengatur, dan mengelola program- program yang mencakup pengkonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi dari produk, jasa dan gagasan yang dirancang utnuk menciptakan dan memelihara pertukarn yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.


4. Kotler & Keller (2009:5)

  • mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasarn dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
  • Manajemen pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan untuk menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan program-program yang menguntungkan perusahaan, dan juga dapat diartikan sebagai ilmu memilih pangsa pasar supaya dapat menciptakan nilai pelanggan yang unggul.

5. Menurut Daryanto (2011:1)

Menurut Daryanto manajemen pemasaran adalah Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain”.

Baca Lainnya :  Pasang Surut Air Laut

6. Dharmmesta & Handoko, 1982

Menurut Dharmmesta manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan agar perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Suatu Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan suatu kepuasan kepada konsumen jika ingin usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.


7. American Marketing Association

Menurut American Marketing Association manajemen pemasaran adalah sebagai berikut: Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.


8. Philip Kotler/Armstrong (2002:14)

Menurut Philip Kotler terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun  : “Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta  pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi”


9. Buchari Alma (2004:130), “

Menurut Buchari Alma manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”


10. Lupiyo Adi (2006:6) :

Menurut Lupiyo manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan pada konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun keuntungan bersama”.


Tujuan Manajemen Pemasaran

Berikut adalah tujuan manajemen pemasaran antara lain yakni:

  • Menciptakan suatu permintaan ( Demand)
  • Membuat kepuasan kepada pelanggan ( Customer)
  • Pangsa pasar atau market share, mengadakan kegiatan promosi penjualan secara inovatif
  • Meningkatkan laba atau keuntungan
  • Membuat produk yang baik dimata konsumen agar banyak dimintai
  • Memuaskan pelanggan
  • Mengembangkan suatu konsep-konsep produk atau barang untuk sebuah kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar
  • Menciptakan komunikasi pemasaran secara efektif dan efisienMengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment yang layak.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Adapun beberapa fungsi manajemen pemasaran antara lain sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan riset pembeli atau konsumen
  • Agar dapat mengembangkan produk
  • Untuk komunikasi terhadap konsumen dan promosi ke konsumen nya mudah.
  • Manajemen pemasaran berfungsi  sebagai strategi distribusi
  • Berfungsi untuk penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan pada konsumen

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran

Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran organisasi adalah sebagai berikut


  • Target pelanggan dalam mencapai sebuah keuntungan perusahan harus membuat target penjualan
  • Produk, tempat, promosi, dan harga sangat berpengaruh dalam strategi pemasaran maka dari itu harus memeperhatikan produk yang akan dijual, tempat atau lokasi yang strategis dalam menjual barang, dan promosi yang inovatif dan efektif sangat mempengaruhi terutama masalaha harga dan kualitas
  • Informasi pemasaran, perencanaan, organisasi, implementasi, dan sistem kontrol
  • Perantara pemasaran, publik, pesaing, dan pemasok
  • Lingkungan demografis dan ekonomi, lingkungan teknologi dan fisik, lingkungan sosial dan budaya, dan lingkungan politik dan hukum.
Baca Lainnya :  Good Governance

Strategi Manajemen Pemasaran

Berikut adalah strategi manajemen pemasaran yang efektif :


1. Pemasaran melalui Media Sosial

Media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube saat ini menjadi senjata ampuh untuk melakukan pemasaran produk atau jasa. Bisa langsung beriklan atau menggunakan jasa influencer, selebgram, ataupun Youtuber untuk mengiklankan produk atau jasa Anda.

Bukan hanya menjual atau memasarkan barang atau jasa, media sosial juga bisa digunakan untuk membangun citra perusahaan. Berinteraksi langsung dengan konsumen, dan menampung saran maupun kritik dari konsumen. Pemasaran lebih mudah dan praktis melalui media sosial.


2. Pemasaran melalui komunitas 

Model pemasaran lain, adalah lewat komunitas. Anda dapat menggandeng atau bekerja sama dengan komunitas tertentu, menjadi sponsor untuk acara mereka. Pilih komunitas yang sesuai dengan lini bisnis Anda. Biasanya komunitas sering menggelar acara, seperti seminar, workshop, kopi darat, coffee morning, gathering, dan sebagainya.


3. Pemasaran melalui email atau newsletter

Zaman sekarang, sudah banyak masyarakat yang punya akun email. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai ajang pemasaran. Melalui email maupun konten marketing, di antaranya newsletter, dan lainnya.

Email sekarang penting bagi perusahaan dalam mengumpulkan database konsumen. Kalau sudah punya database alamat email konsumen, Anda jadi lebih mudah untuk mengirimkan iklan atau promo produk Anda.


Karakteristik Manajemen Pemasaran

Adapun beberapa karakteristik manajemen pemasaran antara lain sebagai berikut:


1.Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan suatu istilah yang sering digunakan dalam pemasaran. Ini adalah tolak ukur bagaimana produk dan layanan yang dipasok oleh perusahaan memenuhi atau melampaui harapan pelanggan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang melalui kepuasan yang diinginkan pelanggan.


2. Berorientasi pada Pelanggan

Semua kegiatan bisnis harus diarahkan untuk menciptakan dan memuaskan pelanggan. Semua keputusan pemasaran harus dibuat berdasarkan dampaknya terhadap pelanggan. Konsumen menjadi sasaran inti pada sebuah bisnis.


3. Riset Pasar

Riset Pasar merupakan salah satu hal yang penting program riset pasar yang teratur dan sistematis diperlukan untuk mengikuti perkembangan pasar. Selain itu, inovasi dan kreativitas diperlukan untuk mengembangkan produk sesuai ekspektasi pelanggan.


4. Membuat Rencana Pemasaran

Konsep pemasaran membutuhkan pendekatan yang berorientasi pada tujuan untuk pemasaran. Tujuan keseluruhan perusahaan haruslah menghasilkan laba melalui kepuasan pelanggan. Rencana pemasaran dapat menjadi bagian dari rencana bisnis secara keseluruhan. Strategi pemasaran yang solid adalah dasar dari rencana pemasaran yang ditulis dengan baik. Jika Anda membuat rencana pemasaran berisi daftar tindakan namun tanpa landasan strategis yang sehat, maka itu tidak banyak berguna untuk bisnis.

Baca Lainnya :  Pengertian Pajak Menurut Para Ahli

5. Pemasaran yang Sistematis

Setelah tujuan organisasi dan tiap departemen dirumuskan, perlu juga untuk menyelaraskan tujuan organisasi dengan tujuan individu yang bekerja pada organisasi. Kegiatan dan operasi berbagai unit organisasi harus dikoordinasikan dengan benar untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Departemen pemasaran harus mengembangkan bauran pemasaran yang paling tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui kepuasan pelanggan.


Konsep Manajemen pemasaran

Adapun beberapa konsep manajemen pemasaran antara lain sebgai berikut:


1. Konsep produksi

Konsep produksi merupakan suatu konsep yang didasarkan pada memproduksi produk murah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.


2. Konsep produk

Konsep produk merupakan suatu konsep yang mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, berfokus pada produk yang berkualitas dan sangat mempertimbangkan produk yang dipilih konsumen. Mereka percaya bahwa konsumen akan membayar harga yang lebih tinggi untuk barang atau jasa yang memiliki kualitas.


3. Konsep penjualan

Konsep penjualan merupakan suatu konsep yang berpendapat bahwa dengan promosi biasanya dapat membantu konsumen untuk memahami manfaat produk kemudian mereka akan membeli. Oleh sebab itu perusahaan akan melakukan berbagai upaya untuk berpromosi untuk menjual produk baik melalui iklan atau cara lainnya


4. Konsep pemasaran

Konsep pemasaran merupakan suatu konsep yang mengatakan bahwa ketika perusahaan menerapkan konsep pemasaran maka mereka harus melakukan penelitian, pengembangan, distribusi, kontrol kualitas, dll. Alasannya adalah diperlukan upaya yang lebih untuk menjaga kepuasan pelanggan sehingga diperlukan perbaikan terus menerus terhadap produk lama dan mengembangkan produk baru. Selain itu anda juga harus membangun brand yang kuat sehingga konsumen lebih menyukai produk anda dibandingkan dengan pesaing.


5. Konsep pemasaran sosial

Konsep pemasaran sosial merupakan suatu konsep yang berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Faktor, Strategi, Karakteristik, Konsep

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya