Makhluk Hidup: Pengertian dan Ciri-Cirinya Lengkap

Diposting pada

Makhluk Hidup: Pengertian dan Ciri-Cirinya Lengkap


Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Makhluk Hidup? Apakah kalian pernah mendengar istrilah dari Makhluk Hidup? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang pengertian dan ciri-ciri lengkap. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Makhluk Hidup: Pengertian dan Ciri-Cirinya Lengkap

Pengertian Makhluk Hidup

Makhluk Hidup merupakan makhluk dengan ciri-ciri kehidupan seperti bernapas, bergerak, dan berkembangbiak. Ikan, kambing, burung dan manusinya dapat bergerak, membutuhkan makanan, berkembang biak dan bernapas. Kondisi tersebut yang membedakan antara makhluk hidup dan benda mati. Sementara contoh benda mati yaitu meja, kursi, pupen, tas, buku dan lain-lain yang tidak mempunyai ciri-ciri dari makhluk hidup.

Sedangkan menurut pendapat dari Kimball, makhluk hidup merupakan  sesuatu yang mempunyai ciri-ciri yang paling utama yaitu berevolusi atau dengan arti lain berevolusi merupakan makhluk hidup pada umumnya serta semestinya mendapati perubahan dalam bentuk hidup. Kemudian untuk ciri yang kedua merupakan responsif ataupun mampu menerima rangsangan. Rangsangan dalam kondisi tersebut mempunyai arti yang banyak sekali, baik berupa rangsangan suara, sentuhan dan lain-lainnya.


Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri makhluk hidup, yakni sebagai berikut:


#1. Bergerak

Bergerak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Gerak manusia dan hewan terlihat jelas. Manusia dan hewan dibantu oleh alat gerak, misalnya pada manusia mempunyai tangan dan kaki. Sedangkan hewan mempunyai sayap, kaki, sirip dan silia.

Tumbuhan melakukan gerakan, tapi gerakan yang tidak mudah untuk dilihat. Contoh tumbuhan putri malu yang apabila disentuh akan menutup. Daun petai cina yang menutup pada sore hari, tumbuhan tanaman selalu ke arah datangnya sinar matahari, dan bunga matahari yang selalu menghadap matahari. Gerakan tumbuhan disebabkan oleh ransangan dari luar.

Baca Lainnya :  √11 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli dalam Bukunya

#2. Membutuhkan Makanan

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan atau nutrisi untuk mempertahankan hidupnya. Makanan dibitukan sebagai sumber energi untuk melakukan proses proses kehidupan. Cara memperoleh makanan maupun cara makan setiap makhluk hidup berbeda-beda. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri dengan proses fotosintesis. Hewan dan manusia memperoleh makanan dari makhluk hidup lain. Fungsi makanan untuk makhluk hidup, antara lain:

  1. Menimbulkan energi (tenaga).
  2. Pembangun tubuh (pertumbuhan) .
  3. Mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

#3. Bernapas (Respirasi)

Saat bernapas kita dapat merasakan terjadinya proses pemasukan udara dari luar yang mengandung oksigen dan pengeluaran udara dari dalam paru-paru. Udara yang keluar dari paru-paru mengandung karbon dioksida dan uap air. Oksigen yang kita hirup digunakan untuk oksidasi zat makanan di dalam tubuh agar diperoleh energi yang digunakan untuk aktivitas hidup. Makhluk hidup mempunyai cara dan alat pernapasan yang berbeda-beda. Manusia, mamalia, unggas, dan reptilian bernapas dengan paru-paru, sedangkan ikan bernapas dengan insang. Udara pernapasan pada tumbuhan masuk melalui     lubang kecil pada seluruh bagian tumbuhan, yaitu stomata (pada daun) dan lentisel (pada batang) pada batang.


#4. Tumbuh dan Berkembang

Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan berat kering sel makhluk hidup, yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke keadaan semula). Pertumbuhan pada makhluk hidup bersel satu (uniseluler) ditunjukkan dengan bertambahnya volume dan ukuran sel. Pertumbuhan pada makhluk hidup bersel banyak (multi seluler) terjadi karena jumlah sel bertambah banyak dan ukuran sel bertambah besar. Sel dapat bertambah banyak karena sel mengalami proses pembelahan. Akibat dari pertumbuhan adalah bertambah tinggi dan berat badan seorang anak, dan bertambah panjangnya ukuran batang. Selain mengalami pertumbuhan, makhluk hidup juga mengalami perkembangan.

Baca Lainnya :  Verba Transitif Dan Intransitif

Perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan. Perkembangan merupakan perubahan atau penyempurnaan struktur dan fungsi organ tubuh yang menyertai proses pertumbuhan, misalnya seorang anak usia 18 bulan dapat berjalan tanpa bantuan.  Antara 2—3 tahun, anak telah dapat mengontrol keinginan kencing danbuang air besar. Pada usia 3 tahun anak telah dapat berbicara dengan kalimat sederhana, usia 5 tahun ke atas telah berkembang kemampuan berbicara, menulis, membaca, dan belajar bagaimana bergaul dengan orang lain.


#5. Berkembang Biak

Makhluk hidup selalu berusaha untuk menjaga kelangsungan hidupnya, salah satu caranya sebagai dengan berkembang biak atau reproduksi. Dalam proses perkembangbiakan, sifat anak akan mewarisi sifat induknya. Perkembangbiakan makhluk hidup dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara seksual (kawin atau generatif) dan secara aseksual (tidak kawin atau vegetatif).


#6. Adaptasi

Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Bagi makhluk hidup yang dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, ia dapat hidup lebih lama dan individu sejenisnya (populasi) cenderung bertambah banyak. Tetapi bagi makhluk hidup yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan akan punah.


#7. Iritabilita (Peka terhadap Rangsang)

Salah satu dari makhluk hidup adalah respons terhadap rangsangan. Kemampuan makhluk hidup memberi tanggapan dari adanya rasangan.

Iritabilitas hewan dan manusia menggunakan panca indera terdiri dari:

  • Mata untuk melihat
  • Telinga untuk mendengar
  • Hidung untuk mencium
  • Lidah untuk mengecap
  • Kulit untuk meraba

#8. Ekskresi (Pengeluaran Zat Sisa)

Oksidasi zat makanan serta pertukaran zat di dalam tubuh makhluk hidup (metabolisme) selain menghasilkan energi juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Kadar zat sisa yang tinggi jika tidak dibuang akan membahayakan tubuh. Contoh paruparu dan insang mengeluarkan CO2 dan uap air, kulit mengeluarkan keringat, dan ginjal mengeluarkan urine. Tumbuhan mengeluarkan zat sisa melalui stomata.

Baca Lainnya :  Kebijakan Fiskal

#9. Membutuhkan Suhu

Semua makhluk hidup bertahan suhu tertentu, ikan hidup di air yang bersuhu antara 5º C sampai 30º C, untuk jenis bakteri bisa hingga suhu 80º C, sementara tumbuhan bisa hidup antara suhu 0-43º C.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Makhluk Hidup: Pengertian dan Ciri-Cirinya Lengkap
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi