Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Makalah? Mungkin anda pernah mendengar kata Makalah? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, ciri, karakteristik, fungsi, jenis, syarat, sistematika, struktur, langkah dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.
Pengertian Makalah
Makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan permasalahan tertentu. pada umumnya pembuatan makalah bertujuan untuk memenuhi tugas tertentu seperti tugas akademik dan tugas non akademik.
Pengertian Makalah Menurut Para Ahli
Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai makalah, yakni sebagai berikut:
1. Menurut KBBI
Menurut pendapat dari KBBI, makalah merupakan tulisan remsi mengenai suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.
2. Menurut Poerwadarminta
Menurut pendapat dari Poerwadarminta, makalah merupakan sebuah uraian tertulis yang membahas tentang suatu permasalahan untuk mendapatkan pembahasan lebih lanjut.
3. Menurut Tanjung dan Ardial
Menurut pendapat dari Tanjung dan Ardial, makalah merupakan sebuah karya tulis yang memuat mengenai suatu masalah tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut, disertai analisis yang logis dan objektif.
4. Menurut Surakhmad
Menurut pendapat dari Surakhmad, makalah merupakan Zaenal Arifin karya tulis ilmiah yang menyajikan masalah dan pembahasannya berdasar pada data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.
5. Menurut Sudjiman
Menurut pendapat dari Sudjiman, makalah merupakan sebuah karangan berbentuk prosa, bukan fiksi, yang membahas mengenai topik tertentu. Makalah juga bisa disebut sebagai naskah semester yang biasa diminta dosen.
Ciri-Ciri Makalah
Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri dari makalah, yakni sebagai berikut:
-
Akurat dan Menyeluruh
Maksudnya disini adalah, makalah yang dibuat haruslah menyajikan fakta-fakta dan gagasan yang akurat, lengkap dan tuntas.
-
Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya
Maksudnya disini adalah ciri yang paling penting dari setiap makalah, dimana makalah yang bagus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik sejenis.
-
Seimbang
Makalah yang dibuat harus memiliki sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing.
-
Tertata dengan Baik
Penulisan sebuah makalah harus tertata dengan baik dan rapi, memiliki tujuan yang jelas sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.
Karakteristik Makalah
Berikut ini terdapat beberapa karakteristik dari makalah, yakni sebagai berikut:
- Merupakan hasil kajian literatur dan6atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu topik yang diangkat.
- Mendemonstrasikan pemahaman penulis tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan penulis dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan topik yang diangkat.
- Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan.
- Mendemonstrasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasidalam kesatuan sintesis yang utuh.
- Akurat dan menyeluruh, artinya makalah tersebut menyajikan faktadengan gagasan secara akurat, dan membahas masalahnya secara lengkap dan tuntas. Makalah tersebut juga telah mengantisipasi pertanyaan- pertanyaan yang kemungkinan akan diajukan oleh pembaca mengenai topik makalah tersebut dan menjawabnya dengan baik.
- Memiliki sumber informasi yang baik, ini merupakan ciri yang paling penting dari setiap makalah. Makalah harus mengakui sumbangan penulis lain, dimana karyanya tentang topik itu telah diterbitkan.
- Secara teknis, penulisannya benar. Ini berarti bahwa makalah tersebut bebas dari kesalahan gaya bahasa, tata bahasa, tanda baca, penggunaanfakta, dan ejaan.
- Tertata dengan baik, artinya makalah tersebut memiliki tujuan yang jelas. Dalam makalah tersebut, materinya ditata secara logis, dengan kata-kata transisi yang baik di antara bagian-bagiannya.
Fungsi Makalah
Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari makalah, yakni sebagai berikut:
- Makalah dibuat untuk melatih penulis agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat, sehingga menjadi semakin menarik dan mudah untuk dicerna oleh pembacanya.
- Memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulisnya.
- Memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoris maupun konsep praktis.
- Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.
Jenis-Jenis Makalah
Berikut ini terdapat beberapa jenis jenis dari makalah, yakni sebagai berikut:
1. Makalah Deduktif
Makalah deduktif merupakan makalah yang berdasarkan pada kajian teoritis dan relevan dengan permasalahan yang dibahas.
2. Makalah Induktif
Makalah ini merupakan suatu makalah yang ditulis berdasarkan data yang empiris dan bersifat objektif berdasar pada apa yang di peroleh dari lapangan.
3. Makalah Kajian
Makalah kajian merupakan makalah yang biasanya digunakan sebagai sarana pemecahan suatu permasalan yang kontroversial.
4. Makalah Kerja
Makalah kerja merupakan makalah yang dibuat dari hasil penelitian, dan memungkinkan penulis untuk berargumentasi dari suatu permasalahan yang dibahas dan didapatkan dari proses penelitian tersebut.
Syarat Menulis Makalah
- Berikut ini terdapat beberapa syarat menulis makalah, yakni sebagai berikut:
- Fokus pada topik (judul) yang telah dipilih.
- Merefleksikan secara kritis dan luas bacaan artikel, buku, dan materiallainnya yang relavan.
- Menyajikan penjelasan yang masuk akal dan ilmiah.
- Mencantumkan semua sumber informasi secara tepat.
- Menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Sistematika Penulisan Makalah
Berikut ini terdapat beberapa sistematika penulisan makalah, yakni sebagai berikut:
- Cover
- Kata pengantar
- Daftar Isi
- BAB I Pendahuluan
- BAB II Pembahasan
- BAB III Penutup
- Daftar Pustaka
- Lampiran
Struktur Makalah
Berikut ini adalah struktur makalah yaitu:
1. Cover / Bagian Sampul Makalah.
2. Kata Pengantar
3. Daftar Isi
4. BAB I Pendahuluan
- Latar Belakang. Memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus.
- Rumusan Masalah, berisi rumusan apa yang Anda bahas dalam makalah Anda.
- Maksud dan Tujuan, berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.
5. BAB II Pembahasan
6. BAB III Penutup
7. Daftar Pustaka
8. Lampiran
Langkah-Langkah Membuat Makalah
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat makalah yaitu:
- Menentukan topik makalah
- Mencari bahan atau referensi
- Penelaahan atau membaca secara mendalam bahan-bahan yang telah terkumpul
- Proses penulisan
- Koreksi dan editing
- Revisi
- Presentasi
Contoh Makalah Penelitian
Berikut ini adalah contoh makalah penelitian yaitu:
1.1 Latar belakang Masalah
Pendidikan baru bisa dimulai setelah usia Sekolah Dasar (7 tahun) ternyata tidak benar . Bahkan pendidikan yang dimulai pada usia Taman Kanak-Kanak (4-6tahun) pun dianggap sudah terlambat. Menurut hasil penilitian , pada usia 4 tahun pertama , separuh kapasitas kecerdasan manusia sudah terbentuk. Artinya , kalau pada usia tersebut otak anak tidak mendapat rangsangan yang maksimal, maka potensi otak anak tidak akan berkembang secara optimal. Anak adalah potensi utama bagi masa depan bangsa. Mereka tidak hanya sebagai cikal bakal penerus bangsa , tetapi juga sebagai individu yang diharapkan memiliki daya saing tinggi.
Mereka memegang peranan penting dan tanggung jawab yang besar bagi bangsa. Kepribadian dan kualitas individu pada masa dewasa sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan pendidikan yang diperoleh pada masa kanak-kanak Pemeliharaan Kesehatan bagi anak-anak juga sangat penting. Kualitas anak sangat dipengaruhi kesehatan selama masa tumbuh kembang anak. Anak pada golongan usia dini adalah masa rawan sehingga perlu mendapat pelayanan kesehatan lebih dalam karena anak mudah terinfeksi atau kekurangan gizi. Oleh karena itu , diperlukan perhatian khusus terhadap anak-anak tentang pendidikan dan pemantauan kesehatan dalam proses perkembangan mereka. Namun seiring dengan proses modernisasi.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan Pada latar belakang masalah ,saya telah menyusun rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut :
1.Bagaimana pembelajaran anak pada usia dini?
2.Apa akibat dari kesalahan paradikma pada mental pembelajaran siswa?
3.Bagaimana cara memotivasi anak usia dini agar tertarik?
4.Apa saja yang berpengaruh terhadap kesalahan paradikma ini?
5.Apa kekurangan metode pembelajaran ini?
6.Apa kelebihan metode pembelajaran ini?
7.Bagaimana metode pembelajaran ini bisa bekerja?
8. Siapakah yang menjadi fokus pembelajaran ini?
9.Apa kendala dalam pelaksanaan metode ini?
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas ,maka penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah sistem pembelajaran pada anak usia dini.Dengan sebuah sistem yang baru pada anak usia 4 tahun pertama , separuh kapasitas kecerdasan manusia sudah terbentuk. Artinya , kalau pada usia tersebut otak anak tidak mendapat rangsangan yang maksimal, maka potensi otak anak tidak akan berkembang secara optimal. Anak adalah potensi utama bagi masa depan bangsa. Mereka tidak hanya sebagai cikal bakal penerus bangsa , tetapi juga sebagai individu yang diharapkan memiliki daya saing tinggi. Mereka memegang peranan penting dan tanggung jawab yang besar bagi bangsa. Anak pada golongan usia dini adalah masa rawan sehingga perlu mendapat pelayanan kesehatan lebih dalam karena anak mudah terinfeksi atau kekurangan gizi. Oleh karena itu , diperlukan perhatian khusus terhadap anak-anak tentang pendidikan dan pemantauan kesehatan dalam proses perkembangan mereka.
1.4 Hipotesis Penelitian
1.5 Asumsi Penelitian
Asumsi yang mendasari penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Anak usia dini adalah sistem yang baru pada anak usia 4 tahun pertama separuh kapasitas kecerdasan manusia sudah terbentuk.
- Anak usia dini adalah potensi utama bagi masa depan bangsa karena sebagai cikal bakal penerus bangsa
- Guru, Sebagai sarana pembelajaran siswa yang lebih efektif dilakukan anak pada usia dini.
- Anak usia dini, Meningkatkan motivasi belajar anak karena dapat mengembangkan sebuah sistem pembelajaran anak usia dini.
Ruang lingkup penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan arah mengenai informasi permasalahan inti yang ada dalam suatu penelitian
- Variabel penelitian, Dalam penelitian ini ada 2 variabel, yaitu variabel bebas yaitu sistem pembelajaran anak usia dini yaitu motivasi belajar.
- Subjek penelitian
Subjek penelitian ini adalah anak usia dini - Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan pada playgroup.
Demikian Penjelasan Materi Tentang Makalah Adalah: Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Karakteristik, Fungsi, Jenis, Syarat, Sistematika, Struktur, Langkah dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.