√Lembaga Keuangan: Pengertian Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenisnya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Lembaga Keuangan? Mungkin anda pernah mendengar kata Lembaga Keuangan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli dan jenis-jenisnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Lembaga Keuangan: Pengertian Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan ialah salah satu aspek dari ekonomi baru yang berperan menanggapi masyarakat dengan menjalankan jasa finansial.

Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian lembaga keuangan, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Ahmad Rodoni

Menurut pendapat dari Ahmad Rodoni, lembaga keuangan ialah salah satu lembaga usaha dimana aset berupa aset finansial dan aset non-finansial.

  • Menurut Dahlan Siamat

Menurut pendapat dari Dahlan Siamat, lembaga keuangan ialah lembaga usaha yang aset tersebut dalam berupa aset finansial dibanding aset non-finansial atau konkret.

  • Menurut Kasmir

Menurut pendapat dari Kasmir, lembaga keuangan ialah lembaga setiap perusahaan yang berjalan dibidang aset dimana aktivitas yang dijalankan dapat hanya menggabungkan dana saja ataupun hanya memanifestasikan ataupun mungkin dapat semuanya.

  • Menurut Pasal 1 UU no.14 tahun 1967

Menurut dari Pasal 1 UU no.14 tahun 1967, lembaga keuangan ialah suatu lembaga yang aktivitasnya memikat hasil-hasil dana dari klien atau penabung yang lalu disalurkan kembali pada masyarakat.

Jenis Jenis Lembaga Keuangan

Berikut ini terdapat 2 jenis jenis lembaga keuangan, yakni sebagai berikut:

Lembaga Keuangan Bank (LKB)

Ialah badan yang menyodorkan jasa-jasa keuangan dan memikat dana dari klien atau penabung secara langsung. Berikut ini terdapat jenis jenis dari lembaga keuangan bank, yakni sebagai berikut:

  • Bank Sentral

Bank Sentral di Indonesia diduduki dan dijalankan oleh Bank Indonesia. Tujuan pokok dari Bank Indonesia menjadi Bank Sentral di Indonesia ialah untuk memperoleh dan menjaga kesetimbangan nilai rupiah.

  • Bank Umum

Bank umum ialah bank yang bisa menggabungkan dana dari klien atau penabung dalam bentuk giro, deposit waktu panjnag dan tabungan.

  • Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ialah bank yang membolehkan simpanan dari klien atau penabung hanya dalam bentuk deposit berperiode, tabungan atau bentuk lainnya disamakan dengan tersebut dan menyodorkan kredit kepada klien atau penabung.

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Ialah lembaga usaha yang menjalankan aktivitas dalam bidang keuangan yang secara langsung dan tidak langsung untuk menggabungkan dana dan memanifestasikan ke klien atau penabung yang berguna mendanai penanaman modal perusahaan. Berikut ini terdapat beberapa jenis jenis lembaga keuangan bukan bank, yakni sebagai berikut:

  • Pasar Modal

Pasar modal ialah pasar sebagai lokasi perjumpaan dan menjalankan transaksi antara pencari dana dengan penanam modal.

  • Pasar Uang

Pasar uang ialah pasar sebagai lokasi mendapati dana dari penanaman modal dan penanaman modal dana.

  • Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam ialah koperasi yang menggabungkan dana dari para pesertanya lalu memanifestasikan kembali dana tersebut kepada para peserta koperasi dan masyarakat umum.

  • Perusahaan Pegadaian

Perusahaan pegadaian ialah badan keuangan yang memberikan akomodasi pinjaman dengan menyodorkan jaminan spesifik.

  • Perusahaan Leasing

Perusahaan leasing ialah perusahaan yang lebih menegaskan pada pendanaan barang-barang modal yang diperlukan oleh klien atau penabung.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Lembaga Keuangan: Pengertian Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenisnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  Hakikat Bangsa Dan Negara
Baca Lainnya :  √Informasi: Pengertian, Ciri, Macam-Macam Serta Fungsi Informasi
Baca Lainnya :  Apresiasi adalah