Laut Adalah

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Laut? Mungkin anda pernah mendengar kata Laut? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, manfaat, macam, kedalaman, pembagian, arus dan peran. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Laut: Pengertian, Manfaat Serta Macam-Macam Laut Lengkap

Pengertian Laut

Laut ialah gabungan air asin yang sangat banyak dan luas dipermukaan bumi dan berkaitan dengan samudera, memisahkan dan mengaitkan suatu benua dengan benua lain dan pulau dengan pulau lain. Air laut terdiri dari gabungan 96,5% air murni dan 3,5% materiel lainnya misalnya garam, gas tercampur, bahan organik dan elemen tidak tercampur. Sifat fisis utama air laut ditetapkan oleh 96,5% air murni. Akan tetapi, air laut di dunia mempunyai kadar garam yang berbeda. Air laut yang paling tawar yakni di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothania, selain itu juga bagian dari laut Baltik. Sementara yang mempunyai air laut yang paling asin berada di Laut Merah.


Ciri-Ciri Laut

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri air laut yaitu:

  •  Warna Air Laut

Biru karena refleksi, hijau endapan atau lumpur, merah karena makhluk hidup kecil warna merah.


  • Suhu Air Laut

Suhu air permukaan kedalaman di perairan di Indonesia umumnya berkisar antara 28-30oC. Faktor meteorologi yang berperan disini yaitu, curah hujan, penguapan, kedalam udara, kecepatan angin dan intensitas radiasi matahari.


  • Kadar Garam Air Laut

Jumlah berat semua garam (dalam gram) yang terlarut dalam satu liter air. Sebaran salinitas dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pola sirkulasi air, penguapan, curah hujan, aliran sungai. Kadar garam minimum bersumber dari kutub Utara yang tenggelam kemudian menyebar sampai ke khatulistiwa.


  • Arus Laut

Gerakan (aliran) air laut dari tempat ketempat lain dengan arah yang menetap dan teratur.

Baca Lainnya :  Menyontek Adalah

Penyebab tejadi arus laut: (a) Peristiwa pasang dan surut air laut karena gaya tarik bulan dan matahari, (b) Adanya angin yang arahnya tetap, (c) Perbedaan tinggi rendahnya permukaan air laut, (d) Perbedaan kadar garam air laut, (e) Adanya rintangan yang berupa daratan.


Manfaat Laut

Berikut ini terdapat beberapa manfaat laut, yakni sebagai berikut:

  1. Menjadi lokasi wisata dan fasilitas hiburan
  2. Menjadi pembangkit listrik
  3. Menjadi lokasi hidup beragam jenis sumber makanan
  4. Menjadi lokasi eksistensi barang tambang
  5. Menjadi lintasan transportasi air
  6. Menjadi salah satu lokasi menyimpan persediaan air
  7. Menjadi objek pengkajian dan peningkatan
  8. Menjadi lokasi pencaharian para nelayan
  9. Meresap karbon diokasida
  10. Menjadi pengatur iklim dunia

Macam-Macam Laut

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam laut, yakni sebagai berikut:

1. Berdasarkan Proses Terjadinya

Berdasarkan proses terjadinya, terdapat 3 macam bagian, antara lain:

  • Laut Transgresi

Laut Transgresi ialah laut yang terjadi karena terdapat transformasi permukaan laut secara positif. Contoh laut transgresi misalnya Laut Jawa, Laut Arafuru dan Laut Utara.


  • Laut Ingresi

Laut Ingresi ialah laut yang terjadi karena terdapat penyusutan tanah di dasar laut, sehingga laut tersebut sering juga disebut dengan laut tanah turun. Contoh lubuk laut yaitu lubuk Sulu, Lubuk Sulawesi dan Lubuk Karibi.


  • Laut Regresi

Laut Regresi ialah jenis laut yang menyusut. Menyusut tersebut terjadi karena terdapat pengendapan oleh batuan misalnya pasir, lumpur dan lainnya yang dibawa oleh sungai yang hilir di laut tersebut.


2. Berdasarkan Letaknya

Berdasarkan letaknya, terdapat 3 macam bagian, antara lain:

  • Laut Tepi

Laut Tepi ialah laut yang berlokasi di tepi benua dan seolah terputus dari samudera luas oleh daratan pulau ataupun jazirah. Contoh laut tepi ialah Laut Cina Selatan diputuskan oleh kepulauan Indonesia dan Kepulauan Filipina.


  • Laut Pertengahan

Laut Pertengahan ialah laut yang berlokasi diantara benua-benua. Lautnya dalam dan mempunyai rangkain pulau-pulau. Contoh laut tengah ialah benua Afrika-Asia dan Eropa.


  • Laut Pedalaman

Laut pedalaman ialah laut yang dekat semuanya disekitar daratan. Contoh laut pedalaman ialah Laut Hitam.


3. Berdasarkan Kedalamannya

Berdasarkan kedalamannya, terdapat 4 macam bagian, antara lain:

  • Zona Lithoral

Zona Lithoral ialah kawasan pantai ataupun pesisir. Pada kawasan tersebut, pada saat air pasang akan terendam air dan pada saat air surut kan berganti menjadi daratan.

Baca Lainnya :  Renang Gaya Bebas: Pengertian, Sejarah, Teknik, Kesalahan dan Tips

  • Zona Neritic

Zona Neritic ialah baris batas kawasan pasang surut sampai kedalaman 150 m.


  • Zona Bathyal

Zona Bathyal ialah kawasan laut yang mempunyai kedalaman sekitar 150 sampai 1800 m.


  • Zona Abysal

Zona Abysal ialah kawasan laut yang mempunyai kedalaman lebih dari 1800 m.


Kedalaman Laut

Berdasarkan kedalamannya laut dibedakan menjadi 4 wilayah (zona) yaitu: zona Lithoral, zona Neritic, zona Bathyal dan zona Abysal lihat pada gambar

  1.  Zona Lithoral, adalah wilayah pantai atau pesisir atau shore. Di wilayah ini pada saat air pasang tergenang air dan pada saat air laut surut berubah menjadi daratan. Oleh karena itu wilayah ini sering juga disebut wilayah pasang-surut.
  2.  Zona Neritic (wilayah laut dangkal), yaitu dari batas wilayah pasang surut hingga kedalaman 150 m. Pada zona ini masih dapat ditembus oleh sinar matahari sehingga pada wilayah ini paling banyak terdapat berbagai jenis kehidupan baik hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Contohnya laut Jawa, laut Natuna, selat Malaka dan laut-laut di sekitar kepulauan Riau.
  3.  Zona Bathyal (wilayah laut dalam), adalah wilayah laut yang memiliki kedalaman antara 150 m hingga 1800 m. Wilayah ini tidak dapat tertembus sinar matahari, oleh karena itu kehidupan organismenya tidak sebanyak yang terdapat di wilayah Neritic.
  4.  Zone Abyssal (wilayah laut sangat dalam), yaitu wilayah laut yang memiliki kedalaman di atas 1800 m. Di wilayah ini suhunya sangat dingin dan tidak ada tumbuh-tumbuhan. Jenis hewan yang dapat hidup di wilayah ini sangat terbatas

Pembagian wilayah perairan laut di Indonesia

Berikut adalah Batas Laut Nusantara, Batas Landas Kontinen dan Zona Ekonomi Eksklusive (ZEE), yaitu:

  • Batas Laut Teritorial yaitu batas kedaulatan penuh negara Indonesia artinya negara-negara lain tidak diperbolehkanmemasuki wilayah ini tanpa izin negara kitaBatas Laut Teritorial ini ditarik sejauh 12 mil laut dari garis pantai yang terjauh menjorok ke laut (1 mil laut = 1,852 km).
  • Landas Kontinen (Continental Shelf) adalah bagian dari benua yang terendam oleh air lautBatas Landas Kontinen diukur dari garis dasar ke arah luar paling jauh 200 mil laut
  •  Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah daerah-daerah yang berbatasan dengan laut  bebas seperti sebelah selatan pulau Jawa dan sebelah barat pulau Sumatera yang berbatasan dengan Samudera Hindia atau Maluku Utara yang berbatasan dengan Samudera Pasifik ZEE diukur sejauh 200 mil laut dari garis pantai yang paling jauh menjorok ke laut (garis dasar)

Arus Laut

Berikut ini adalah beberapa arus yang perlu kita ketahui yaitu:

  1. Arus Teluk Gulfstream, merupakan arus menyimpang yang segera diperkuat oleh dorongan angin besar dan merupakan arus panas. Arus khatulistiwa utara (ditambah dengan sebagian arus khatulistiwa selatan) semula masuk ke Laut Karibia terus ke Teluk Mexiko dan keluar dari teluk ini melalui Selat Florida(sebagai Arus Florida). Arus Florida yang segera bercampur dengan Arus Antillen merupakan arus besar yang mengalir di sepanjang pantai timur Amerika Serikat ke arah Timur. Arus inilah yang disebut arus teluk sebab sebagian dari arus ini keluar dari teluk Meksiko.
  2. Arus Labrador, berasal dari laut Kutub Utara yang mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Labrador. Arus ini didorong oleh angin timur dan merupakan arus dingin, yang pada umumnya membawa “gunung es” yang ikut dihanyutkan.
  3. Arus Canari, merupakan arus menyimpang dan termasuk arus dingin. Arus ini merupakan lanjutan sebagian arus teluk yang mengubah arahnya setelah pengaruh daratan Spanyol dan mengalir ke arah selatan menyusur pantai barat Afrika Utara.
Baca Lainnya :  Laba adalah

Peranan Laut Bagi Kehidupan Manusia 

Berikut ini adalah beberapa manfaat laut bagi kehidupan manusia antara lain:

  • Transportasi
  • Perikanan
  • Pertambangan
  • Bahan baku obat-obata
  • Energi
  • Rekreasi dan Pariwisata
  • Pendidikan dan penelitian
  • Konservasi alam/melindungi dan melestarikan lingkungan alam laut
  • Pertahanan keamanan.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Laut Adalah: Pengertian, Ciri, Manfaat, Macam, Kedalaman, Pembagian, Arus dan Peran Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.