Laring adalah

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Laring? Mungkin anda pernah mendengar kata laring? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, fungsi, bagian serta struktur. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Laring: Pengertian, Fungsi, Bagian Serta Struktur Laring

Pengertian Laring

Laring ialah sel pada bagian leher yang mengenai trakea dan sebagai sel yang tertampak dalam prosedur penghasilan suara. Laring tergolong salah satu sel yang berfungsi dalam sistem respirasi manusia. Letak laring berada sebelum trakea.


Fungsi Laring

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari laring, yakni sebagai berikut:

  • Menjaga Sirkulasi Respirasi dari Makanan

Laring berada pada sebelum trakea. Epiglotis yang berada di bagian dasar laring yabg berfungsi untuk menjaga makanan dan air masuk ke sirkulasi respirasi. Epiglotis tersebut akan menutup trakea sehingga saat kita makan sirkulasi respirasi stabil aman.

  • Memusatkan Makanan ke Esofagus

Pada saat makan, epiglotis dari laring akan mengarah ke esofagus untuk memusatkan makanan dan air mengarah sirkulasi pencernaan, tidak ke sirkulasi pencernaan. Saat makan bercakap, akan ada makanan ataupun air yang masuk ke sirkulasi respirasi dan kondisi tersebutlah yang mengakibatkan berlangsungnya otomatis batuk dan bersin.

  • Memperoleh Nada Suara

Tulang laring yang menjalar membentuk pita suara, bersistem atas ligamen ataupun otot rangka. Suara yang keluar akan bersandar pada pembukaan laring. Getaran dari hubungan otot dan ligamen yang  terjadi dari sentuhan dengan udara yang masuk. Karena itu, laring berfungsi dalam mengelola nada suara.

  • Melindungi Saluran Pernapasan

Peranan laring paling penting setelah pembentukan suara adalah melindungi saluran pernapasan dari masuknya benda asing yang dapat membahayakan saluran pernapasan tersebut. Benda asing yang masuk ke saluran pernapasan dapat melukai saluran pernapasan, dan masuknya air dapat menyebabkan endapan air di paru-paru sehingga membuat pernapasan menjadi terganggu. Epligotis membuka saat kita bernapas. Saat kita makan dan minum, epligotis menutup trakea sehingga makanan dan minuman tidak masuk ke saluran pernapasan. Jika epligotis terbuka atau tidak menutup sempurna dapat menyebabkan makan dan minuman masuk ke trakea, sehingga akhirnya kita tersedak.

Baca Lainnya :  Gelombang Radio

Bagian Serta Struktur

Berikut ini terdapat beberapa bagian serta struktur, yakni sebagai berikut:

Membran Epitel

Terdapat beberapa membran epitel yang membentuk laring, namun sebagian besar laring terstruktur oleh epitel silindris bersilia. Sementara epiglotis terstruktur atas epitel pipih.

Membran Ikat

Terdapat 2 jenis pada membran ikat, yakni sebagai berikut:

  • Lamina Propria

Ialah bagian membran basal pada susunan epitel yang berfungsi untuk merangkaikan lapisan epidermis dan membran lainnya.

  • Ligamen

Ialah golongan membran ikat padat yang merangkaikan otot dengan tulang.

Tulang Rawan (Kartilago)

Tulang rawan berfungsi berupa pendukung baguab dan fungsional laring.

Membran Otot

Getaran untuk menghasilkan suara ialah hasil sentuhan dengan pita suara dengan otot dan ligamen dengan udara yang masuk.

Jakun

Ialah pankreas tiroid yang mencolok pada leher laki-laki.

Epiglotis

Ialah struktur tulang rawan yang berlokasi di belakang lidah dan di depan laring.


Gangguan Fungsi Laring

Berikut adalah gangguan fungsi laring antara lain sebagai berikut:

  • Laringitis akut adalah peradangan dan pembengkakan pada laring. Hal ini disebabkan oleh flu dan terlalu banyak berteriak.
  • Laringitis kronis biasanya disebabkan oleh merokok, berteriak berlebihan, debu, dan terlalu lama terpapar udara yang terpolusi.
  • Presbilaringis adalah kondisi penyusutan atau pengecilan jaringan laring yang menghasilkan suara yang lemah dan rentang suara yang terbatas dan stamina yang lemah.
  • Ulcers atau luka pada laring akibat penggunaan kateter pada trakea yang cukup lama.
  • Polip dan nodul merupakan benjolan kecil pada pita suara akibat asap rokok dan penggunaan suara yang tidak wajar.
  • Kanker laring yang sangat kuat dugaannya terkait dengan seringnya terpapar asap rokok dan alkohol.
  • Paresis pita suara adalah lemahnya salah satu atau kedua pita suara
  • Laringopharingeal reflux adalah merupakan kondisi di mana asam dari perut mengiritasi dan membakar laring.
  • Laryngomalacia adalah kondisi yang biasanya terjadi pada bayi baru lahir. Disebabkan oleh luruhnya laring bagian atas karena kurang matangnya tulang rawan dan menyebabkan hambatan pada saluran pernapasan.
Baca Lainnya :  Materi Viskositas

Demikian Penjelasan Materi Tentang Laring: Pengertian, Fungsi, Bagian Serta Struktur Laring
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi