Kriminalitas adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Kriminalitas? Mungkin anda pernah mendengar kata Kriminalitas? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, penyebab, dampak, cara mengatasi, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Kriminalitas adalah

Pengertian Kriminalitas

Kriminalitas merupakan suatu tindakan kejahatan yang dapat melanggar nilai dan norma hukum serta perilaku tersebut dapat meresahkan dan merugikan banyak pihak baik dirinya sendiri sebagai pelaku terlebih lagi orang lain yang menjadi korban dari tindakan tersebut. Kriminalitas dapat dilakukan oleh individu, kelompok maupun komunitas.


Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian kriminalitas menurut para ahli diantaranya yakni:


1. Susilo

Menurut Susilo kriminalitas merupakan suatu tindakan yang membahayakan dan merugikan para korban, termasuk masyarakat, karena tindakan yang satu ini akan merusak ketertiban dan kedamaian.


2. Kartono

Menurut Kartono kriminalitas ini mencakup semua kegiatan yang tidak disetujui atau ditolak oleh masyarakat karena merupakan suatu tindakan yang melanggar norma agama, sosial dan hukum yang tentunya berbahaya baik secara psikologis maupun ekonomi.


4. Elliat

Menurut Elliat kriminalitas merupakan suatu perilaku atau tindakan ilegal. Oleh sebab itu, hukuman dalam bentuk denda ialah penjara atau hukuman mati.


5. Bonger

Menurut Bonger kriminalitas merupakan suatu tindakan atau perilaku anti sosial yang di lakukan oleh seseorang / individu, komunitas atau kelompok secara sadar maupun tidak sadar.

Baca Lainnya :  Penyimpangan Sosial


6. Sahetapy dan B. Mardjono Reksodipuro

Menurut Sahetapy kriminalitas merupakan suatu bentuk kejahatan yang mana perbuatannya mesti diberi sanksi berupa hukuman atau pidana dan dilarang oleh masyarakat, sebab tindakan kejahatan tentunya melanggar norma-norma yang telah disepakati masyarakat dalam kehidupan.


Penyebab Kriminalitas

Berikut adalah beberapa penyebab kriminalitas diantaranya yakni:


1. Kondisi-Kondisi Sosial

Kondisi sosial yang beragam dapat memicu terjadinya kriminalitas hal ini dikarnakan salah satu faktornya yakni pengangguran , kemiskinan yang menyebabkan seseorang melakukan suatu tindakan kriminal demi menyambung hidup.


2. Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kriminalitas di negeri ini. Bagaimana tidak, sebab tidak bisa dipungkiri perbedaan tingkatan sosial dimasyarakat akan menimbulkan perbedaan pandang dan perlakuan. Misalnya saja mereka yang memiliki uang dan jabatan akan cenderun lebih mudah mendapatkan kekuasaan. Sebaliknya masyarakat ekonomi lemah cenderung mengalami kesulitan bahkan hanya untuk mendapatkan perlakuan adil saat berada di depan hukum. Perbedaan perlakuan karena kesenjanagan sosial ini tentu dapat memicu tindakan kriminalitas. Terlebih dari masyarakat ekonomi lemah yang cenderung akan ingin mendapatkan status yang setara. Sehingga tindak kriminal seperti perampokan, pembegalan hingga pencurian menjadi salah satu tindakan kriminal yang paling sering terjadi.


3.  Meningkatnya Tingkat Kepadatan Penduduk

Karna adanya urbanisasi( perpindahan penduduk) yang dapat menyebabkan jumlah penduduk yang semakin meningkat serta membuat persaingan semakin meningkat. Mereka yang lebih memiliki peluang sukses adalah yang kreatif, inovatif dan mampu memanfaatkan berbagai peluang. Tentunya hal ini menutup peluang bagi individu yang tidak memiliki keahliam dan pendidikan tinggi. Pada akhirnya kondisi ini akan berujung pada semakin meningkatnya tindak kriminalitas.


4. Adanya Dendam Pribadi

Penyebab tindakan kriminal selanjutnya adalah didasari oleh adanya dendam pribadi. Dendam ini dapat bermula dari tindakan kejengkelan atau kemarahan yang terpendam. Banyak sudah kasus yang bermotif dari tindakan sebagai aksi balas dendam. Bahkan kejahatan yang dilakukan cenderung sadis dan pastinya memakan korban. Aksi balas dendam ini hanya untuk melampiaskan amarah yang tersembunyi karena emosi yang mendalam.

Baca Lainnya :  Ambigu adalah


5. Faktor Ekonomi

Ekonomi menjadi salah satu faktor pemicu munculnya tindak kriminal. Masyarakat ekonomi lemah cenderung sering terlibat tindak kejahatan. Mulai dari pencurian, penjambretan, pencopetan bahkan perampokan. Tentunya motifnya tidak lain adalah karena masalah ekonomi. Apalagi dengan semakin meningkatnya kebutuhan ekonomi yang tinggi. Semakin banyak pelaku kejahatan demi mencukupi kebutuhan hidupnya.


6. Asimilasi Budaya

Budaya merupakan bagian dari identitas kita sebagai bangsa indonesia. Sebagai negar yang dikenal dengan budaya ketimuran sekaligus juga dengan negara mayoritas penduduk muslim tentunya ada aturan tata krama dan ada istiadat yang melekat. Namun, dengan masuknya budaya barat yang tidak bisa dibendun saat ini banyak yang mengikuti gaya berpakaian ala kebarat-baratan yang cenderung terbuka . Tentu saja hal ini menjadi salah satu penyebab maraknya tindak kejahatan pelecehan seksual seperti pemerkosaan terutama terhadap kaum wanita.


7. Pengangguran Meningkat


8. Gengsi Tinggi

Perkembangan teknologi yang sangat pesat. Hal ini menjadi sebagian orang sulit mengikutinya, namun tak sedikit pula orang yang berusaha mengikuti perkembangan tersebut dengan tidak melihat kemampuannya sendiri dalam mencapai keinginanya itu. Tindakan tersebut menjadi pendorong yang menyebabkan ia melakukan tindakan kriminalitas, karena demi gengsi karena ingin mengikuti perkembangan zaman sampai nekat merampok, mencuri, menjambret atau yang lainnya.


Dampak Kriminalitas

Adapun beberapa dampak positif dan negatif dari kriminalitas diantaranya yakni:


Dampak Positif


1. Meningkatkan Solidaritas

Dengan adanya tindakan kriminalitas yang sering terjadi di dalam masyarakat, menjadikan mereka para masyarakat menigkatkan rasa solidaritas dalam menjaga keamanan, ketertiban salah satunya seperti melakukan ronda yang di lakukan secara bersama-sama atau yang lainnya.

Baca Lainnya :  Asteroid Adalah


2. Evaluasi Hukum

Lembaga-lembaga yang terkait dengan hukum semakin merevisi untuk memperkuat kekuatan atau kapasitas hukum dan menambah kekuatan lain menekan tindakan kejahatan.


3. Efek Jera Media

Efek jera media ini bisa kita lihat dalam pemberitaan mengenai adanya tindakan kriminal yang menyiarkan pemberitaan penangkapan pelaku kejahatan, membantu pihak-pihak tertentu dalam mengusut suatu kejahatan, dan mempersempit gerak pelaku kriminal.


Dampak Negatif

1. Cacat Fisik dan Mental

Tindakan kriminal atau kejahatan sadis menyebabkan kerusakan fisik dan psikologis atau mental pada korban. Misalnya, perampokan yang disertai dengan penyiksaan, pemerkosaan, pembunuhan, dan lainnya.


2. Traumatis

Dampak negatif dasar dari kejahatan adalah trauma korban. Ini terjadi, misalnya, karena para penjahat mengarahkan senjata mereka kepada para korban.


3. Merusak Keamanan

Tingkat kriminalitas yang tinggi menimbulkan dampak terhadap masyarakat, seperti menimbulkan rasa ketakutan, kecemasan, atau yang lainnya.


4. Banyak Hal Yang Menjadi Sia-Sia

Gangguan kriminalitas yang timbul di dalam kehidupan masyarakat oleh pelaku kriminal tentunya akan menyebabkan banyak materi maupun energi yang keluar sia-sia dari berbagai pihak terkait.


Cara Mengatasi Kriminalitas

Berikut adalah beberapa cara mengatasi tindakan kriminalitas antara lain sebagai berikut:


  1. Menciptakan Lapangan Kerja Sebanyak-Banyaknya.
  2. Adanya Tindakan Tegas Dari Aparat Hukum.
  3. Menjunjung tinggi norma-norma seperti norma agama, norma hukum, dan norma sosial.
  4. Tidak mengikuti emosi atau tidak mudah terpancing emosi
  5. Peran orang tua semakin di tingkatkan
  6. Lebih selektif terhadap budaya-budaya asing yang masuk
  7. Meningkatkan kerja sama antara aparat/ pihak tertentu dengan seluruh masyarakat demi menjaga keamanan dan ketertiban bersama.
  8. Tidak melakukan tebang pilih, yakni berlaku tidak adil terhadap pelaku tindak kejahatan.

Contoh Kriminalitas

Berikut adalah beberapa contoh kriminalitas yaitu:


  • Tindak kekerasan seksual
  • Prostitusi online
  • Judi online
  • Penyelundupan narkoba
  • Pemerkosaan
  • Begal motor dan mobil
  • Korupsi
  • Menghabisi nyawa seseorang
  • Pengeboman
  • Perampokan

Demikian Penjelasan Materi Tentang Kriminalitas adalah: Pengertian, Penyebab, Dampak, Cara Mengatasi, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari