Komunikasi Bisnis

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Komunikasi Bisnis? Mungkin anda pernah mendengar kata Komunikasi Bisnis? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli serta faktornya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Komunikasi Bisnis: 10 Pengertian Menurut Para Ahli Serta Faktornya

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis ialah suatu peralihan opini, pikiran, konsep serta wawasan yang di dalamnya diperoleh tujuan yang tentu di siapkan dengan perorangan ataupun kelompok dengan menggunakan atribut-atribut, ikon maupun lambang. Secara umumnya komunikasi bisnis ialah suatu proses menyajikan dan juga mendapat pesan maupun informasi yang di lakukan kedua orang atau lebih yang mempunyai tujuan untuk bisa terjadi efek positif ataupun untuk bisa mengakibatkan dampak tertentu yang sudah diimpikan.


Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini Terdapat 10 pendapat dari para ahli mengenai pengertian komunikasi bisnis, antara lain sebagai berikut:

  • Menurut Djoko Purwanto, M.B.A

Menurut pendapat Djoko Purwanto, M.B.A, komunikasi bisnis ialah komunikasi yang bisa dipakai di dalam dunia bisnis yang bisa melingkupi beragam jenis bagian dari komunikasi yang dilakukan sosial itu dengan cara yang lisan ataupun dengan cara tertulis untuk bisa mendekati suatu tujuan tertentu.

  • Menurut Wikipedia

Menurut pendapat Wikipedia, komunikasi bisnis ialah suatu peralihan informasi ataupun ide yang bermakna diperoleh tujuan tertentu yang sosial dengan individu maupun kelompok yang menerapkan suatu representasi maupun karakter.

  • Menurut Persing

Menurut pendapat Persing, komunikasi bisnis ialah suatu proses penyajian makna dengan menggunakan karakter-karakter yang bermakna melingkupi beberapa faktor yang saling berhubungan dengan bagian lisan maupun tulisan yang bisa dilakukan di dalam lembaga yang membiayai orang dengan cara berbarengan melakukan dan mempromosikan barang maupun jasa yang bisa mendapatkan keuntungan.

  • Menurut Rosenbalt

Menurut pendapat Rosenbalt, komunikasi bisnis ialah suatu peralihan gagasan, pendapat, arahan, fakta, maupun sejenisnya yang bisa di kemukakan baik dengan cara individual maupun kelompok dengan membuat karakter ataupun atribut untuk bisa memperoleh suatu tujuan perusahaan.

  • Menurut Curtis

Menurut pendapat Curtis, komunikasi bisnis ialah suatu komunikasi di dalam lembaga bisnis yang pada hidangannya bisa menyelesaikan suatu perkara dan bisa membentuk keputusan.

  • Menurut William C.Himstreet dan Wyne murlin Baty

Menurut pendapat William C.Himstreet dan Wyne murlin Baty, komunikasi bisnis ialah suatu peralihan gagasan yang di lakukan antar perorangan yang menggunakan suatu lembaga yang dapat di lakukan dengan ikon, tanda, serta bisa dengan karakter maupun dengan kegiatan.

  • Menurut William Albig

Menurut pendapat William Albig, komunikasi bisnis ialah sebuah peralihan gagasan, arahan, fakta, serta sejenisnya yang mempunyai suatu tujuan tertentu yang di bagikan dengan individu ataupun kelompok yang menghubungkan tanda dan karakter.

  • Menurut Philip Kotler

Menurut pendapat Philip Kotler, komunikasi bisnis ialah suatu aktivitas yang diminta bisa memenuhi suatu kepentingan maupun keinginan dengan suatu proses peralihan.

  • Menurut Hughess dan Kapoor

Menurut pendapat Hughess dan Kapoor, komunikasi bisnis ialah suatu aktivitas atau bisa berbentuk usaha dari perorangan yang sudah terstruktur untuk bisa memperoleh dan bisa menjual barang maupun jasa yang bisa mendapatkan keuntungan dan bisa melengkapi kepentingan masyarakat.

Baca Lainnya :  Processor Adalah

Tujuan Komunikasi Bisnis

Berikut ini adalah tujuan komunikasi bisnis antara lain sebagai berikut:

1. Memberi Informasi (Informing)

Dalam hal ini, informasi yang dimaksud adalah hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dengan berbagai pihak. Misalnya, seorang manajer marketing ingin meningkatkan penjualan produk baru, maka ia akan mencoba memasang iklan di berbagai media.

Masing-masing media pun memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari sisi biayanya maupun dari sisi impact yang didapatkan. Cara penyampaian informasi di setiap media juga menjadi faktor penentu keberhasilan iklan tersebut.


2. Melakukan Persuasi (Persuading)

Persuasi adalah cara berkomunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi sering dilakukan dalam aktivitas pemasaran agar orang lain terpengaruh dan membeli suatu produk, dan juga dalam penegasan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan pemesanan.


3. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Kolaborasi adalah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat. Dengan adanya komunikasi yang baik maka kerjasama bisnis dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Komunikasi bisnis dapat dilakukan dengan berbagai media. Misalnya via telepon/ Smartphone, Chatting, Email, dan lain-lain.


Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

  • Terdapat tujuan, maksudnya adalah komunikasi tersebut memiliki tujuan yang telah ditentukan dan sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Ada pertukaran, maksudnya adalah komunikasi melibatkan setidaknya dua orang atau lebih (komunikator dan komunikan).
  • Berisi informasi, gagasan, opini, instruksi, ini adalah isi dari pesan yang terdapat dalam komunikasi dimana bentuknya bisa beragam tergantung situasi, kondisi, dan tujuannya.
  • Memanfaatkan saluran personal atau impersonal, maksudnya adalah komunikasi dapat dilakukan dengan bertatap muka, memanfaatkan media khusus, atau media massa jika ingin menjangkau banyak orang.
  • Memakai simbol atau sinyal, maksudnya adalah metode atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga dapat dimengerti oleh penerima pesan.
  • Pencapaian target atau tujuan organisasi, dimana tujuan tersebut telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Baca Lainnya :  Ideologi adalah

Faktor-Faktor Komunikasi Bisnis

Berikut ini terdapat beberapa faktor komunikasi bisnis, antara lain:

  • Mempunyai suatu keinginan positif yang berguna maka komunikasi bisnis di lakukan untuk bisa menentukan mengenai keinginan yang akan diperantarakan dengan tujuan organisasi.
  • Peralihan yang di lakukan oleh sangat minimal 2 orang yang sama-sama bertindak menjadi komunikator dan komunikan.
  • Arahan, pendapat, fakta, serta sejenisnya ialah sebuah pesan yang ada di bermakna dengan bagian yang bermacam dan terkait dari keadaan, keinginan, dan juga suasan kondisi.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Komunikasi Bisnis: 10 Pengertian Menurut Para Ahli Serta Faktornya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Mahasiswa & Semuanya