Kesenjangan Sosial

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Kesenjangan Sosial? Mungkin anda pernah mendengar kata Kesenjangan Sosial? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, faktor, dampak, solusi serta contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Kesenjangan Sosial: Pengertian, Faktor, Dampak, Solusi Serta Contohnya

 

Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial ialah suatu kondisi dimana berlangsung kesenjangan sosial ataupun kepincangan sosial dalam masyarakat yang mengakibatkan suatu pertentangan yang sangat drastis antar masyarakat.


Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian kesenjangan sosial menurut para ahli antara lain yaitu:

1. Karl Marx

kesenjangan atau ketimpangan sosial merupakan pembedaan kelas sosial berdasarkan kepemilikan alat produksi


2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI pengertian kesenjangan sosial adalah ketidakseimbangan, perbedaan, jurang pemisah, yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.


3. Wikipedia

Menurut Wikipedia kesenjangan sosial ekonomi berhubungan dengan kesenjangan pendapatan, kekayaan, dan jurang pemisah antara kaya dan miskin, mengacu pada persebaran ukuran ekonomi di antara individu dalam kelompok, kelompok dalam populasi, atau antarnegara.


4. Robert Chambers

Menurut Rober Chambers, Pengertian kesenjangan sosial ekonomi merupakan gejala yang timbul di dalam masyarakat karena adanya perbedaan batas kemampuan finansial dan yang lainnya di antara masyarakat yang hidup di sebuah wilayah tertentu.


Ciri-ciri Kesenjangan Sosial

Berikut adalah ciri-ciri kesenjangan sosial antara lain yaitu:

  • Kondisi dirasakan oleh banyak orang dalam suatu masyarakat, tak hanya dirasakan oleh orang tertentu ataupun kelompok masyarakat tertentu saja.
  • Sebuah kondisi yang dirasakan oleh banyak orang dalam masyarakat tak menyenangkan dan menganggu norma di masyarakat.
  • Masyarakat menganggap kondisi atau masalah tertentu harus diperbaiki atau dipecahkan permasalahannya.
  • Masyarakat menganggap perlunya pemecahan masalah secara menyeluruh mulai dari pengendalian, pencegahan, dan penyelesaian serta dilakukan secara bersama oleh banyaknya kelompok masyarakat.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Ekonomi

Berikut ini terdapat beberapa faktor penyebab kesenjangan sosial ekonomi, yakni sebagai berikut:

  • Pertentangan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam berinteraksi erat dengan fase perekonomian suatu tempat. Apabila bisa menggunakan sumber daya alam dengan baik, perlembangan perekonomian suatu kawasan akan mengembang, fase perekonomian suatu kawasan rendah apabila masyarakat tidak bisa menggunakan sumber daya alam secara optimal.

Baca Lainnya :  41 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

  • Peraturan Pemerintah

Kebijakan pemerintah bisa mengakibatkan kesenjangan sosial. Contohnya peraturan mengenai program warga pendatang.


  • Pengaruh Globalisasi

Masyarakat yang bisa menngkum globalisasi dengan benar akan bisa menggunakan globalisasi untuk menggapai perkembangan.


  • Faktor Demografis

Keadaan Demografis membuktikan fase perkembangan dan bentuk kependudukan, fase pendidikan, fase kesehatan, perbandingan keadaan ketenaga kerjaan dan semua kondisi yang berhubungan dengan penduduk.


  • Letak dan Keadaan Geografis

Letak dan keadaan geografis Indonesia mengakibatkan fase pembentukan suatu masyarakat.


Penyebab Kesenjangan Sosial

Berikut adalah penyebab kesenjangan sosial yang terjadi secara umum diantaranya yaitu:

1. Kemiskinan dan Pengangguran

Kesenjangan sosial biasanya ditandai dengan angka kemiskinan dan pengangguran yang semakin naik dari tahun ke tahun. Bila masyarakat miskin dan menganggur mendominasi di sebuah negara, maka pendapatan mereka pun sangat rendah. Dengan pendapatan yang tidak pasti dan cenderung sangat rendah membuat daya beli masyarakat pada kebutuhan sekunder akan menurun. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan keuntungan perusahaan tidak optimal.


2. Maraknya Tindak Kejahatan

Kasus kejahatan di Indonesia dapat dibilang sangat tinggi. Bahkan baru-baru ini banyak kasus kejahatan dari hacker yang merugikan perusahaan besar karena meretas data-data penting di perusahaan.

Tingginya tidak kriminal di masyarakat bisa terjadi karena  permasalahan finansial akibat kesenjangan sosial. Sampai saat ini ekonomi  menjadi salah satu faktor terbesar yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang berbuat Tindak kejahatan.


3. Sulit Mencari Tenaga Kerja yang Kompeten

Kenyataannya meskipun banyak pengangguran di Indonesia, tetapi banyak perusahaan yang mengatakan kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten. Kesenjangan sosial menyebabkan tingkat dan kualitas pendidikan masyarakat banyak yang di bawah rata-rata.

Walaupun banyak yang bergelar sarjana, tetapi nyatanya keahlian mereka banyak yang belum dibutuhkan di negara ini apalagi yang masih fresh graduate.

Baca Lainnya :  Kalimat Tunggal: Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis dan Contoh

4. Target Pasar yang Tidak Tepat

Sesuai dari pengertian kesenjangan sosial dimana terjadi ketimpangan yang signifikan di antara masyarakat maka akan membuat target pasar perusahaan tidak tepat arahnya. Jika perusahaan mempunyai target pasar untuk kalangan menengah kebawah, maka akan cenderung  merugikan perusahaan karena daya beli mereka cenderung tak stabil.

Akan tetapi meskipun perusahaan mempunyai target pasar untuk kalangan menegah keatas, tidak menjamin perusahaan akan mengalami keuntungan. Mengingat kalangan elit di negara Indonesia lebih menyukai belanja produk luar negeri daripada industri dalam negeri.


Dampak Kesenjangan Sosial

Berikut ini terdapat 2 dampak dari kesenjangan sosial, yakni sebagai berikut:


Dampak Positif

Berikut ini terdapat dampak positif terhadap kesenjangan sosial, antara lain:

  1. Melenyapkan keadaan yang mendatangkan stress
  2. Merelaksasi baik rohani dan jasmani
  3. Memperlancar prosedur kegiatan manusia
  4. Mengakibatkan pemberian kerja yang lebih adil

Dampak Negatif

Berikut ini terdapat dampak negatif terhadap kesenjangan sosial, antara lain:

  • Meningkatkan bentuk berat pinggul
  • Ketidakpuasan mengenai sesuatu
  • Mudah patah semangat yang menghalangi pergerakan kerja
  • Dampaknya kebencian sosial
  • Banyak berlangsungnya perbuatan kejahatan

Solusi Kesenjangan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa solusi mengenai kesenjangan sosial, yakni sebagai berikut:

  1. Mengasihkan harapan yang sama pada masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang memadai baik itu mau kaya maupun miskin
  2. Membentuk lapangan pekerjaan sebanyak mungkin
  3. Melaksanakan pemaparan pembangunan di semua tempat

Contoh Kesenjangan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa contoh mengenai kesenjangan sosial, yakni sebagai berikut:

  • Koruptor yang menghabiskan uang rakyat sampai milyaran rupiah hanya saja dipenjara sekitar 3 tahun, sementara orang yang maling sendal cepit bisa dipenjara sampai puluhan tahun.
  • Tidak terdapatnya akomodasi kendaraan yang cukup memadai untuk pengidap cacat.
  • Orang yang menampilkan dengan pakaian mahal dan bagus diaktualkan dengan sangat baik oleh pelayan, sementara berlainan dengan orang yang menampilkan pakaian umumyang diaktualkan biasa saja.
Baca Lainnya :  √Kompensasi: Pengertian, Jenis, Faktor, Manfaat dan Tujuan Kompensasi

Upaya Mengatasi Kesenjangan Sosial

1. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah adalah upaya yang pertama untuk mencegah dan mengendalikan kesenjangan sosial.  Di antara kebijakan pemerintah yang diharapkan bisa mencegah kesenjangan sosial antara lain kebijakan tentang pemerataan pembangunan, kebijakan mengenai sistem pendidikan, penyedeiaan lapangan pekerjaan, perbaikan sistem perasilan,  upaya tindakan pada korban bencana alam, serta pemeliharaan lingkungan.


2. Sosialisasi

Sosialisasi umumnya berhubungan dengan peran lembaga pengendalian sosial. Dengan sosialisai, diharapkan anggota masyarakat memiliki kesadaran tentang pentingnya pendidikan untuk manusia. Hal ini selanjutnya secara tidak langsung akan mengendalikan masyarakat untuk tidak melakukan tindakan kejahatan atau kriminal.


3. Perbaikan Sistem Peradilan

Sistem peradilan yang diperbaiki meliputi mekanisme pelaksanaan sistem peradilan. Dengan sistem peradilan yang baik, akan menjamin persamaan hukum untuk seluruh anggota masyarakat. Hasilnya tidak ada lagi perbedaan hukum karena perbedaan status sosial dan ekonomi terhadap seseorang. Sistem peradilan yang baik pun meniadakan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang berujung kepada kesenjangan sosial.


4. Optimalisasi Sumber Daya

Kesenjangan sosial bisa dicegah dengan mengoptimalisasi sumber daya manusia dan sumber daya alam dari sebuah daerah. Meskipun terjadi bencana alam atau daerah yang dikatakan miskin sumber daya, dengan optimasi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu bentuk optimasi sumber daya manusia ialah meningkatkan kreativitas masyarakatnya serta meningkatkan kepercayaan diri.


5. Pemerataan Fasilitas Publik

Fasilitas publik atau fasilitas umum,  contohnya sarana kesehatan dan sarana transportasi diperlukan untuk mencegah kesenjangan sosial, terutama kesenjangan dipemukiman daerah dan kota. Dengan fasilitas umum yang baik, daerah juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonominya, memperkecil perbedaan dengan kota.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Kesenjangan Sosial: Pengertian, Ciri, Faktor, Penyebab, Dampak, Solusi, Contohnya, Upaya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi