√Kepribadian: Pengertian Menurut Para Ahli, Tipe, Ciri Serta Teori

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Kepribadian? Mungkin anda pernah mendengar kata Kepribadian? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli, tipe, ciri serta teori. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Kepribadian: Pengertian Menurut Para Ahli, Tipe, Ciri Serta Teori

Pengertian Kepribadian

Kepribadian ialah sebuah perilaku sosial yang terdiri dari mimik, perasaan, ciri spesifik, ketahanan, dukungan, kebutuhan dan anggapan menyatu pada seseoarang apabila berinteraksi dengan orang lain ataupun ditujukan pada kondisi tertentu.

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai kepribadian, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Roucek dan Warren

Menurut pendapat dari Roucek dan Warren, kepribadian ialah penataan aspek-aspek sosiologis, psikologis, dan biologis yang dilandasi oleh sikap seseorang.

  • Menurut Theodore R Newcombe

Menurut pendapat dari Theodore R Newcombe, kepribadian ialah penataan perilaku yang dipunyai oleh seseorang sebagai dasar mengenai tingkah laku.

  • Menurut George Herbert Mead

Menurut pendapat dari George Herbert Mead, kepribadian ialah perilaku manusia yang meningkat lelewati peningkatan diri. Peningkatan kepribadian dalam diri seseorang terjadi seumur hidup.

  • Menurut Robert Sutherland

Menurut pendapat dari Robert Sutherland, kepribadian ialah generalisasi seseorang dan perilakunya sama mengenai lingkungan masyarakat dan kultur.

  • Menurut Koentjaraningrat

Menurut pendapat dari Koentjaraningrat, kepribadian ialah ciri, budi pekerti yang diperhatikan seseorang secara lahir, bertanggung jawab dan kosekuen setiap manusia menjalankan proses sosialisasi.

Tipe-Tipe Kepribadian

Berikut ini terdapat 4 tipe-tipe kepribadian pada manusia, yakni sebagai berikut:

  • Koleris

Kalau mengatasi suatu pekerjaan maka seseorang Koleris akan mengatasinya dengan caranya sendiri. Dia benar-benar inovatif, bahkan kalau terdapat panduan, kemudian dia tidak suka mematuhi panduan tersebut. Intinya koleris akan berupaya untuk mengatasi pekerjaan tersebut sampai selesai.

  • Sanguinis

Si sanguin ini dapat dianggap seseorang anak yang terisolasi dalam tubuh orang dewasa. Awet muda dan berkenan hanya bermain-main.

  • Melankolis

Tipe dari melankolis ialah pekerja sistematis. Senangnya rapi dan teratur. Dalam mengatasi pekerjaan, kemudian seseorang yang berperilaku melankolis akan mempunyai cara optimum.

  • Plegmatis

Tipe dari plegmatis yang paling menggembirakan bagi semua orang. Orang plegmatis tersebut hampir tidak pernah marah. Senyumnya tulus, hanya saja seperti orang yang tidak punya gairah. Orangnya tenang dan tidak suka bercekcok.

Ciri Ciri Kepribadian

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari kepribadian pada manusia, yakni sebagai berikut:

  1. Kegigihan
  2. Gairah
  3. Penyimpangan seksual
  4. Dampaknya kecondongan generasi

Teori Kepribadian

Berikut ini terdapat beberapa teori dari kepribadian, yakni sebagai berikut:

  • Psychodynamic Theory

Psychodynamic Theory ialah teori yang dibentuk oleh Sigmund Freud. Dalam teorinya, ambisi dengan Premis, bahwa keperluan ataupun ambisi yang tidak dirasakan oleh pelanggan terutama dorongan biologis dan seksual sebagai pokok dari semangat dan kepribadian.

  • Neo-Freudian Personality Theory

Teori ini dicermati oleh Karen Hornet. Dalam teorinya menyajikan sebuah metode yang dilalui seseorang dalam kerangka mencari jalan keluar dari percekcokan yang merisaukan.

  • Trait Theory

Teori ini dikemukakan oleh Costa dan McCrae, memakai anggapan bahwa semua seseorang mempunyai kepribadian berbeda dan kepribadian tersebut yang bersifat bertanggung jawab dan bisa diukur perbedaanya antara seseorang yang satu dengan yang lainnya.

  • Carl Jung Theory

Menurut Car Jung dalam teori ini beranggapan bahwa diperoleh dua perspektif cara bersikap dan empat fungsi psikologi.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Kepribadian: Pengertian Menurut Para Ahli, Tipe, Ciri Serta Teori
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  Contoh Surat Penawaran dan Cara Membuat yang Baik dan Benar
Baca Lainnya :  Jenis Teks Diskusi: Pengertian, Unsur, Manfaat, Jenis dan Tahapan
Baca Lainnya :  √Black Hole: Pengertian, Sejarah, Teori, Jenis, Sifat dan Karakteristik