Karbonhidrat adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Karbonhidrat? Mungkin anda pernah mendengar kata KarbonhidratDisini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, sumber, dampak, cara mengatasi, jenis, sifat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Karbonhidrat adalah

Pengertian Karbonhidrat

Karbonhidrat merupakan senyawa organik yang ditemukan dalam makanan yang terdiri dari elemen karbon, hydrogen dan oksigen, terdapat dalam tumbuhan seperti beras, jagung, gandum, umbi-umbian, dan terbentuk melalui proses asimilasi dalam tumbuhan. Karbohidrat sangat penting karna sebagai sumber energi utama tubuh.


Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat karbonhidrat bagi tubuh antara lain yakni:


1. Sebagai Sumber energi utama yang diperlukan untuk gerak.

Pada beberapa organ tubuh seperti otak, lensa mata, dan sel saraf, sumber energinya sangat bergantung kepada glukosa dan tidak dapat digantikan oleh sumber energi lainnya. Dan dalam melakukan aktivitas lain seperti berolahraga, tubuh membutuhkan energi. Energi ini diperoleh dari karbohidrat yang dicerna dan diolah menjadi glukosa. Setelah itu, insulin akan membantu glukosa terserap oleh sel-sel tubuh. Dari sinilah tubuh memperoleh energi.


2. Menjaga Metabolisme Tubuh

Karbohidrat sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karna memiliki perana yakni dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, atau menjadi penyeimbang asam dan basa pada tubuh kita. Selain itu juga dapat untuk memperbaiki jaringan-jaringan sel/organ tubuh atau regenerasi.


3. Pengisi Ulang Energi

Karbohidrat bagi tubuh manusia memiliki manfaat sebagai isi ulang energi dalam tubuh. Dalam setiap 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kalori yang akan menjadi energi positif dalam tubuh kita.

Baca Lainnya :  Alur adalah


4. Melancarkan pencernaan

Karbohidrat juga berfungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan untuk memudahkan pembuangan feses, beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat juga diketahui memiliki serat yang cukup. Fungsi serat adalah membantu proses sistem pencernaan menjadi lancar dan sehat.


5. Sebagai pemanis alami

Karbohidrat berfungsi sebagai pemberi rasa manis alami pada suatu makanan khususnya Disakarida dan jenis karbohidrat Monosakarida.


6. Mengoptimalkan kinerja protein

Peran karbohidrat penting dalam mengoptimalkan kinerja protein atau sebagai pengantinya. Karena jika tubuh kekurangan karbohidrat maka protein yang akan menggantikan perannya menjadi energi dalam tubuh untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-harinya.


7. Memberi Efek Kenyang

Dengan kandungan selulosanya, karbohidrat mampu memberikan efek kenyang.


8. Merupakan bahan pembentuk senyawa kimia

Karbonhidrat juga merupakan bahan pembentuk senyawa kimia lainnya, misalnya lemak dan protein

Sumber-sumber karbohidrat banyak sekali kita temui yaitu antara lain :


Sumber Karbonhidrat

Berikut adalah beberapa sumber-sumber karbonhidrat diantaranya yakni:


  • Pada biji-bijian, yakni diantaranya : Beras, jagung, gandum dan lain sebagainya.
  • Pada Buah-buahan yakni diantaranya : Pisang dan semua jenis buah yang rasanya manis.
  • Pada Akar/umbi-umbian yakni diantaranya : Ubi jalar, Ubi kayu, Keladi, Kentang dan lain sebagainya
  • Pada Daun-daunan yakni diantaranya : Sayur-sayuran yang berwarna Hijau.

Dampak Kekurangan Dan Kelebihan Karbonhidrat


Kekurangan

Berikut adalah beberapa dampak  yang timbul akibat kekurangan karbonhidrat diantranya yakni:


  1. Mengalami penurunan berat badan
  2. Rentan terkena flu
  3. Mudah terkena penyakit jantung dan diabetes
  4. Menyebabkan tubuh cepat letih, lemah, lesu, dan sulit konsentrasi karna kehilangan sebagian sumbe energi bagi tubuh.
  5. Mood tidak menentu dan mudah marah hal ini biasanya Karena karbohidrat sangat penting untuk produksi hormon serotonin yang mampu menyeimbangkan mood.
  6. Konstipasi atau mengalami kesulitan dalam buang air besar karna salah satu sumber karbonhidrat adalah serat.
  7. Memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda jadi mudah terserang penyakit.

Kelebihan

Berikut adalah beberapa dampak  yang timbul akibat kelebihan karbonhidrat diantranya yakni:


  1. Sulit menurunkan berat badan hal ini dikarnakan karbonhidrat merupakan salah satu penyumbang kalori yang sangat besar.
  2. Meningkatnya kadar kolestrol  hal ini terjadi pada orang-orang yang mengonsumsi karbohidrat berlebih, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.
  3. Rentan kena diabetes mellitus tipe 2 hal ini dikarnakanpeningkatan berat badan lebih mudah. Berat badan yang melonjak drastis akan mengganggu kerja hormon insulin. Alhasil gula menumpuk di darah, inilah yang membuat orang semakin besar risikonya mengalami diabetes.
  4. Sering merasa lapar karena terlalu banyak kadar gula darah akan membuat kadar gula darah naik dengan cepat dan anda akan merasa lapar.
  5. Mengalami obesitas apabila terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan.
  6. Mengalami darah tinggi semakin banyak karbohidrat yang Anda konsumsi, semakin tinggi tekanan darah Anda.
  7. Menyebabkan penyakit jantung karna saat karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, kandungan trigliserida juga akan meningkat. Kolesterol pun meningkat. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menyumbat aliran darah. Hingga akhirnya, menyebabkan penyakit jantung.
Baca Lainnya :  Etnosentrisme Adalah

Cara Mengatasi Kekurangan Karbohidrat

Berikut adalah cara mengatasi kekurangan karbohidrat diantaranya sebagai berikut:

  • Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Buah dan sayuran juga mengandung banyak serat, yang bisa membuat anda kenyang untuk waktu lebih lama.
  • Mengonsumsi beragam makanan sehat dengan gizi seimbang, artinya harus mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, vitamin, mineral, serat, dan cairan dalam jumlah yang cukup.
  • Mengonsumsi susu dan produk-produk olahannya. Selain sebagai sumber karbohidrat, susu juga merupakan sumber protein, vitamin, dan kalsium yang sangat baik.
  • Mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh atau bekatul.
  • Membatasi asupan karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini banyak terdapat dalam makanan manis, seperti eskrim.

Jenis Karbonhidrat

Berikut adalah beberapa jenis karbonhidrat antara lain yakni:

1. Monosakarida

Monosakarida atau gula merupakan jenis karbonhidrat yang kebanyakan ditemukan pada buah-buahan, dan madu. Mereka dapat mengandung tiga hingga sembilan atom karbon. Perwakilan paling umum terdiri dari lima atau enam yang bergabung bersama untuk membentuk molekul seperti rantai.


Adapun beberapa contoh monosakarida:

  1. Glukosa merupakan molekul paling sederhana. Biasanya glukosa terdapat dalam buah-buahan masak terutama anggur. Glukosa merupakan salah satu hasil utama fotosintesis dan awal bagi respirasi.
  2. Fruktosa merupakan makanan berenergi yang pada akhirnya akan dioksidasi menjadi karbon dioksida dan air di dalam sel-sel tubuh. Biasanya terdapat pada madu dan buah-buahan.
  3. Galaktosa merupakan monosakarida yang dihasilkan dari proses gula susu mamalia.

2. Disakarida

Disakarida tersusun dari dua molekul monosakarida yang jenisnya sama atau berbeda. Disakarida terjadi dengan penggabungan dua molekul monosakarida dengan pelepasan air.


Adapun beberapa contoh disakarida diantaranya :

  1. Sukrosa atau sakarosa dikenal juga dengan nama gula tebu atau gula bit. Sukrosa dapat juga ditemukan dalam buah, sayuran, dan madu.
  2. Maltosa terbuntuk dalam setiap pemecahan pati, seperti yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan berkecambah, sedangkan didalam usus manusia terjadi pada saat pencernaan pati.Maltosa pecah menjadi dua unit glukosa.
  3. Laktosa (gula susu) hanya terdapat pada susu dan terdiri atas satu unit glukosa dan galaktosa. Laktosa adalah gula yang memiliki rasa paling tidak manis dan sangat susah untuk larut dibanding sakarida lainnya.
  4. Trehalosa dikenal sebagai gula jamur karena sebanyak 15% bagian kering dari jamur terdiri atas trehalosa, terdapat pula dalam serangga.
Baca Lainnya :  Pengertian Estimasi

3.  Oligosakarida

Oligosakarida terdiri atas dua hingga sepuluh polimer monosakarida.Oligosakarida dapat dijumpai pada biji tumbuh-tumbuhan dan kacang-kacangan.

Adapun beberapa contoh disakarida diantaranya :


  1. Amilum ada sebagai persediaan makanan tumbuh-tumbuhan. Seperti kentang, jagung, singkong. Terbentuknya amilum pada tumbuh-tumbuhan merupakan hasil reaksi fotosintesis.
  2. Glikogen terdiri atas satuan-satuan D-glukosa, kurang lebih 1.000 unit, merupakan makanan cadangan yang terdapat dalam hati, jaringan hewan menyusui, dan manusia.
  3. Selulosa merupakan molekul yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Biasanya ditemukan dalam struktur selular hampir semua materi tanaman.

Sifat Karbonhidrat


1. Monosakarida

Berikut adalah sifat-sifat monosakarida yakni:


  • Mempunyai rasa manis
  • Larut dalam air
  • Bersifat optis aktif
  • Bersifat gula pereduksi

2. Disakarida

Berikut adalah sifat-sifat Disakarda yakni:


  • Mempunyai rasa manis
  • Larut dalam air
  • Terhidrolisis menjadi dua monosakarida sejenis ataupun berlainan jenis
  • Ada yang bersifat sebagai gula pereduksi dan ada yang bukan merupakan gula pereduksi

3. Oligosakarida

Sifat-sifat amilum:


  • Dengan larutan iodium memberikan warna biru karena adanya amilosa.
  • Pada hidrolisis dengan asam encer mula-mula terbentuk dekstrin dan akhirnya glukosa.

Sifat-sifat glikogen:

  • Dengan iodium memberi warna merah.
  • Mereduksi larutan Fehling. Larut dalam air.
  • Pada hidrolisis dengan asam terbentuk glukosa, sedang hidrolisis dengan enzim diastase membentuk maltosa.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Karbonhidrat adalah: Pengertian, Fungsi, Sumber, Dampak, Cara Mengatasi, Jenis, Sifat
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari