Pengertian Investasi Jangka Pendek

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Investasi Jangka Pendek? Mungkin anda pernah mendengar kata Investasi Jangka Pendek? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, jenis, contoh, tujuan, bentuk, karakteristik. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Investasi-Jangka-Pendek

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Investasi adalah istilah yang berkaitan dengan akumulasi aset dengan harapan menghasilkan keuntungan di masa depan.

Investasi berdasarkan teori ekonomi adalah pembelian dan produksi barang modal yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi atau barang produksi di masa depan.

Investasi jangka pendek adalah investasi apa pun yang dapat dibuat atau didanai langsung dari kelebihan dana yang dimiliki sementara oleh perusahaan yang dapat bertahan hingga 12 bulan.


Jenis-Jenis Dan Contoh Investasi Jangka Pendek


1. Rekening setoran bank

Tabungan bank adalah jenis investasi jangka pendek yang sangat sederhana dan mudah ditarik, tetapi menawarkan penarikan yang mudah dan simpanan hasil rendah atau rendah.

Banyak dari rekening tabungan ini tidak mengikuti inflasi, jadi Anda tidak dapat menggunakannya untuk menghemat uang dalam waktu yang lama.

Baca Lainnya :  Hubungan Internasional

2. Sertifikat deposito

Sertifikat deposito sering digunakan untuk investasi jangka pendek. Jika Anda menginvestasikan uang dalam sertifikat setoran, Anda akan mendapatkan keuntungan atau imbalan yang lebih tinggi dengan tidak menerima atau menariknya dalam periode waktu tertentu.

Durasi sertifikat deposito adalah dari 3 bulan hingga maksimum sekitar 5 tahun. Seringkali sertifikat deposito ini dijamin sebagai investasi. Ini adalah investasi jangka pendek yang aman dan hasilnya wajar.


3. Kepercayaan investasi pasar uang

Seperti berinvestasi dalam rekening tabungan, dana pasar uang dapat dengan mudah dilikuidasi, tetapi dengan pengembalian yang lebih besar.

Kelemahan pasar uang adalah bahwa investasi dalam reksa dana ini memiliki risiko tinggi dan tidak diasuransikan.


4. Obligasi jangka pendek dan obligasi

Investasi jangka pendek ini menawarkan jangka waktu yang fleksibel mulai dari satu bulan hingga satu tahun.

Obligasi jangka pendek dirancang untuk jenis tabungan jangka pendek dan menawarkan pengembalian yang sangat rendah, sedangkan obligasi lebih fleksibel, tetapi tidak selalu aman.


Tujuan Investasi Jangka Pendek

  • Memanfaatkan sementara dana arus kas surplus
  • Dapatkan uang tambahan

Bentuk investasi jangka pendek


1. Efek saham

Sekuritas yang pada dasarnya adalah saham adalah saham perusahaan (yang bisa dalam bentuk saham biasa, tetapi juga bisa termasuk saham preferen).

Pemegang kewajaran ini adalah pemegang saham. Ini berbeda dari Surat Hutan, yang memberi para pemegang saham syarat dan ketentuan untuk membayar bunga berkala.

Dengan efek eukitas ini, pemegang efek tidak berhak melakukan pembayaran. Dalam hal terjadi kebangkrutan, nilai saham akan dalam bentuk sisa aset perusahaan setelah dikurangi pembayaran utang (jika ada) kepada semua kreditor perusahaan.

Pemegang saham memiliki hak atas laba perusahaan dan kenaikan harga saham pemilik.

Baca Lainnya :  Ergonomi adalah

2. Efek hutang

Tergantung pada tanggal jatuh tempo atau karakteristik lainnya, itu juga dikenal sebagai efek hutang atau efek hutang, obligasi, atau efek komersial.

Pemegang surat utang khususnya berhak atas pembayaran pokok dan bunga dan hak-hak lain berdasarkan penerbitan surat utang, termasuk hak untuk mendapatkan informasi tertentu.

Obligasi ini umumnya diterbitkan dengan jatuh tempo tetap dan hanya dapat diuangkan saat jatuh tempo.

Efek ini dapat disertai dengan efek yang, dalam hal kebangkrutan, membawa efek yang memiliki peringkat lebih tinggi daripada pembeli lain dari hutang tanpa jaminan.


Karakteristik Investasi Jangka Pendek

  • Dapat diganti atau dicairkan dengan cepat
  • Investasi ini untuk manajemen kas. Jadi jika Anda ingin uang tunai, Anda dapat menjual investasi ini.
  • Risiko rendah (membeli sekuritas yang berisiko tinggi bagi pemerintah karena dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar sekuritas yang tidak termasuk dalam investasi jangka pendek).

Sarana Investasi Jangka Pendek


1. Layanan Giro

Layanan giro, produk bank yang menawarkan suku bunga terendah, memiliki kisaran 3-4%.

Sering digunakan oleh perusahaan untuk memudahkan transaksi pembayaran.


2. Tabungan

Tabungan, layanan perbankan yang memberikan minat pada layanan Anda saat ini, selalu tersedia.


3. Setoran

Deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan, tetapi mereka perlu dipertahankan untuk jangka waktu tertentu.

Jika pembayaran diperlukan sebelum jatuh tempo, denda atau penalti akan dikenakan.


4. Kepercayaan Investasi Pasar Uang

Reksa Dana Pasar Uang adalah reksa dana yang berinvestasi di pasar uang seperti deposito, SBI, dan obligasi jangka pendek.

Pengembalian Reksa Dana Pasar Uang biasanya lebih tinggi dari simpanan yang disyaratkan dan lebih rendah dari simpanan, tetapi mudah untuk membuatnya kapan saja.

Baca Lainnya :  Pengertian Kargo

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Investasi Jangka Pendek: Jenis, Contoh, Tujuan, Bentuk dan Karakteristik
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi