Introvert adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Introvert? Mungkin anda pernah mendengar kata Introvert Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, jenis, penyebab. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Introvert adalah

Pengertian Introvert

Introvert merupakan suatu keadaan dimana kepribadian seseorang yang sering menutup diri pada keadaan luar. Mereka akan cenderung lebih pendiam dan tidak mudah percaya kepada orang lain jika berada di dalam keramaian. tidak mudah bergaul dan berbaur dalam kehidupan dan malu untuk bertemu dengan orang-orang baru atau yang baru dikenalnya. Biasanya orang introvert suka ketenangan, dan merasa kurang nyaman di keramaian.


Ciri-Ciri Introvert

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang menunjukan seorang introvert diantaranya yakni:


1. Senang Dengan Kesendirian

Berada sendiri di rumah adalah suatu kesenangan untuk orang introvert. Waktu menyendiri yang dihabiskan oleh seorang introvert sangatlah penting untuk mengembalikan energi, kesehatan, dan kebahagiannya.


2. Tidak Suka Keramaian

Suasana ramai sangat membuat introvert merasa tidak nyaman. Di dalam keramaian, introvert merasa sendiri dan sepi, mereka tidak tahu harus berbuat apa karena tingkah mereka yang cenderung lebih sedikit. Berbeda dengan seorang ekstrovert yang akan memiliki banyak tenaga di tengah keramaian, introvert justru akan kehilangan energi. Sebaliknya, jika dalam keadaan sepi dan hening, introvert merasa nyaman dan kembali segar, sedangkan ekstrovert akan merasa jenuh dan bosan. Itu dikarenakan sifat ekstrovert yang suka banyak tingkah dalam bersosialisasi.

Baca Lainnya :  Gaya Renang Bebas adalah

3. Tidak Memiliki Banyak Teman

Biasanya lingkaran pertemanan seorang introvert tidak terlalu besar. Bahkan tak jarang banyak orang yang beranggapan bahwa orang introvert dianggap tidak suka dengan orang lain. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Orang introvert hanya lebih suka berkumpul dengan orang-orang terdekat, dibandingkan dengan banyak orang.


4. Sering dianggap pendiam oleh orang lain

Orang-orang yang introvert seringkali dikira memiliki sifat pendiam. Meski sebagain memang ada yang bersifat seperti itu, namun sebagian lainnya lebih bersikap memilih untuk menyaring kata-kata yang keluar, untuk kepentingan tertentu. Mereka juga tidak ingin menghabiskan energi dengan berbasa-basi untuk sesuatu yang kurang penting.


5. Lebih memilih profesi yang menawarkan kebebasan

Secara Umum seorang introvert lebih memilih profesi yang tidak mengharuskan pekerjanya melakukan banyak interaksi sosial. Karna seorang introvert cenderung memilih profesi yang dapat memberikan mereka kebebasan dalam mengekspresikan idenya, seperti penulis, seniman, atau perancang grafis.


6. Lemah Dalam Berkomunikasi

Tidak jarang seorang ekstrovert akan lebih senang menceritakan curhatannya kepada introvert. Bukan hanya sebagai pendengar yang baik, introvert tidak akan berani menyela percakapan seseorang karena takut menyinggung perasaan orang itu. Introvert akan lebih banyak berbicara jika ada suatu hal yang penting harus disampaikan, itupun jika mereka sedang dalam keadaan stabil. Jika tidak, maka pemikiran yang menumpuk itu hanya tersimpan dalam pikirannya dan mungkin bisa saja akan menimbulkan pusing di kepalanya. Introvert takut jika apa yang ia katakan salah, maka sebelum menyuarakannya introvert akan berpikir lebih dalam. Jika itu tidak baik, introvert akan memilih diam. Ini yang membuat introvert lemah dalam hal berpendapat.


7. Lebih senang menyampaikan pendapat dengan tulisan

Lebih senang menyampaikan pendapat dengan tulisan Introvert umumnya lebih memilih untuk menyampaikan isi kepalanya melalui tulisan dibandingkan dengan kata-kata. Orang dengan kepribadian introvert umumnya menyampaikan pendapatnya dengan hati-hati, sehingga menulis merupakan metode yang lebih aman dibandingkan dengan berbicara.

Baca Lainnya :  Khitan Adalah

8. Merasa berkumpul dengan banyak orang menguras energi

Apakah kamu pernah merasa lelah sehabis berkumpul dengan banyak orang? Atau pernah merasa perlu menyendiri untuk mengembalikan energi? Kedua hal tersebut sangat khas untuk kepribadian introvert. Orang-orang yang introvert, akan mengeluarkan energinya saat berkumpul dengan banyak orang. Sehingga, setelah selesai, mereka akan merasa kelelahan. Meski begitu, bukan berarti orang introvert tidak dapat berinteraksi atau menghindari suatu acara dengan orang lain.Hanya saja, mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat, dibandingkan bertemu dengan orang baru.


Jenis-Jenis Introvert

Berikut adalah beberapa jenis-jenis introvert antara lain yakni:


1. Introvert sosial

Tipe introvert sosial lebih senang dengan kelompok kecil daripada kerumunan besar. Introvert sosial umumnya lebih memilih menyendiri daripada bersosialisasi dalam kelompok. Penting untuk membedakan hal ini dari rasa malu, karena introvert sosial tidak merasakan kecemasan tentang pilihan mereka. Mereka cenderung lebih memilih kelompok pertemanan yang kecil.


2. Introvert berpikir

Tipe introvert berpikir tidak berbagi preferensi sosial seperti yang dilakukan oleh introvert sosial, mereka tidak ada hubungannya dengan kelompok orang sama sekali. Introvert berpikir sangat introspektif dan bijaksana. Mereka cenderung menghabiskan banyak waktu secara internal dengan cara yang kreatif dan imajinatif. Salah satu cara terbaik untuk menggambarkan tipe introvert ini adalah hilang dalam dunia fantasi sendiri.


3. Introvert yang cemas

Biasanya tipe introvert yang cemas digambarkan sebagai si pemalu, karena mereka tidak merasa nyaman berada bersama banyak orang atau kelompok yang besar berdasarkan kurangnya kepercayaan diri atau keterampilan sosial. Mereka akan memikirkan panjang lebar tentang apa yang bisa dan akan terjadi jika bergabung dalam suatu kegiatan.


4. Introvert terkendali

Sedangkan tipe introvert yang satu ini sering digambarkan sebagai si pendiam. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai, bergerak dengan dengan langkah dan ukuran waktu mereka sendiri.

Baca Lainnya :  Pengertian Wabah

Penyebab Seorang Introvert

Berikut adalah beberapa penyebab seseorang menjadi introvert


  • Karena lingkungan keluarganya dan kepribadiannya.
  • Memiliki rasa malu untuk melakukan segala hal.
  • Tidak memiliki rasa percaya diri didepan publik.
  • Kehilangan seseorang yang dicintai.
  • Lingkungan hidup yang tidak mensupport.
  • Adanya trauma bully dimasa lalu.
  • Kekurangan kasih sayang orang tua.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Introvert adalah: Pengertian, Ciri, Jenis, Penyebab
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya