√Intellectual Capital: Pengertian, Ciri, Unsur, Jenis Serta Penilaiannya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Intellectual Capital? Mungkin anda pernah mendengar kata Intellectual Capital? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, unsur, jenis serta penilaiannya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Intellectual Capital: Pengertian, Ciri, Unsur, Jenis Serta Penilaiannya

Pengertian Intellectual Capital

Intellectual Capital ialah aset yang tidak berbentuk yang menjadi sumber daya informasi dan pengetahuan yang berperan untuk mengembangkan keahlian bersama-sama serta mengembangkan kinerja perusahaan.

Ciri-Ciri Intellectual Capital

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari intellectual capital, yakni sebagai berikut:

  1. Aset yang membagikan perusahaan kewenangan dalam pasar, misalnya trademark, kesetiaan konsumen, bisnis yang terus lagi dan lain-lainnya.
  2. Aset yang mengediakan kepunyaan dari hasil gagasan intellectual property misalnya paten, merek dagang, hak paten dan lain-lainnya.
  3. Aset yang membagikan ke lembaga kewenangan internal, misalnya budaya perusahaan, manajemen dan prosedur bisnis, kewenangan yang diperoleh dari sistem teknologi informasi dan lain-lainnya.
  4. Aset yang diperoleh dari seseorang yang bekerja di perusahaan tersebut, misalnya pengetahuan mereka kepandaian, keahlian networking dan lain-lainnya.

Unsur-Unsur Intellectual Capital

Berikut ini terdapat tiga unsur-unsur intellectual capital, yakni sebagai berikut:

  • Human Capital

Nilai pegawai ditetapkan dari keahlian dalam menerapkan keahlian mereka.

  • Structural Capital

Structural capital ialah keahlian suatu lembaga dalam mengisi prosedur rutinitas perusahaan dan strukturnya yang memberi usaha pegawai untuk memperoleh kemampuan intelektual yang ideal dan memperoleh bisnis secara keseluruhaan, seperti sistem operasional perusahaan dan prosedur manufakturing.

  • Relational Capital

Relational Capital ialah modal yang terdiri dari tentang yang dapat dengan jelas pengenalan seperti hak paten, pengesagan, waralaba, namun juga dapat melingkupi tentang yang tidak terlihat berwujud seperti hubungan dengan konsumen dan interaksi antar manusia.

Jenis-Jenis Intellectual Capital

Berikut ini terdapat tiga jenis-jenis intellectual capital, yakni sebagai berikut:

  • Human Capital

Human capital ialah sumber hidup dalam intellectual capital, disini diperoleh sumber inovasi dan perbaikan, namun unsur tersebut sangat sulit untuk diukur.

  • Structural Capital

Structural capital ialah keahlian suatu lembaga dalam mengisi prosedur rutinitas perusahaan dan strukturnya yang memberi usaha pegawai untuk memperoleh kemampuan intelektual yang ideal dan memperoleh bisnis secara keseluruhaan, seperti sistem operasional perusahaan dan prosedur manufakturing.

  • Relational Capital

Relational Capital ialah unsur intellectual capital yang membagikan nilai secara berbentuk. Rational capital ialah interaksi yang selaras yang dipunyai oleh perusahaan dengan para rekan kerjanya, baik yang bersumber dari distributor yang pandai dan berbobot, bersumber dari interaksi perusahaan dengan pemerintah maupun dengan masyarakat sekelilingnya.

Penilaian Intellectual Capital

Metode VAIC (Value Added Intellectual Coefficient) dibentuk untuk menyiapkan informasi tentang value creation efficiency dari aset berbentuk dan aset tidak berbentuk yang dipunyai perusahaan.

VAIC merupakan instrument untuk menilai keahlian intellectual capital perusahaan. Metode tersebut dipakai untuk menilai seberapa dan bagaimana keahlian intellectual capital dan capital employed dalam membentuk nilai menurut pada interaksi tiga unsur utama, yakni Human capital, Capital employed, Structural capital.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Intellectual Capital: Pengertian, Ciri, Unsur, Jenis Serta Penilaiannya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  √Pelapukan: Pengertian, Faktor Serta Contoh Pelapukan
Baca Lainnya :  √Karya Ilmiah: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Manfaat Serta Tujuan
Baca Lainnya :  √Resensi: Pengertian, Jenis, Faktor Serta Tujuan dan Manfaat