Infrastruktur adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Infrastruktur?Mungkin anda pernah mendengar kata Infrastruktur? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, jenis, fungsi, manfaat, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Infrastruktur adalah

Pengertian Infrastruktur

Infrastruktur adalah fasilitas yang dibuat secara khusus dalam mendukung aktivitas tertentu serta kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari beberapa macam jenis berupa fasilitas yang berfungsi sebagai penunjang kehidupan manusia yang dikembangkan atau dibutuhkan oleh agen” untuk fungsi” pemerintah dalam penyediaan air, tenaga listrik, pembuangan limbah, transportasi dan pelayanan.Infrastruktur merupakan sistem fisik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi.


Pengertian Infrastruktur Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai infrastruktur, yakni sebagai berikut:


1. Robert J. Kodoatie

Menurut Robert J. Kodoatie (2005), pengertian infrastruktur adalah suatu sistem yang menunjang sistem sosial dan ekonomi yang secara sekaligus menjadi penghubung sistem lingkungan, dimana sistem ini bisa digunakan sebagai dasar dalam mengambil kebijakan.


2. Grigg (1988)

Infrastruktur adalah suatu sistem fisik yang menyediakan sarana transportasi, pengairan, drainase, bangunan gedung dan fasilitas publik lainnya, yang mana sarana ini dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar manusia, baik itu kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan sosial.


3. N. Gregory Mankiw

Menurut N. Gregory Mankiw (2003), dalam ilmu ekonomi, arti infrastruktur adalah wujud modal publik (public capital) yang terdiri dari jalan umum, jembatan, sistem saluran pembuangan, dan lainnya, sebagai investasi yang dilakukan oleh pemerintah.

Baca Lainnya :  √Tenaga Kerja: Pengertian Menurut Para Ahli, Macam Serta Masalahnya

4. Stone (1974)

Infrastruktur adalah berbagai fasilitas fisik yang dibutuhkan dan dikembangkan oleh agen-agen publik dengan tujuan untuk memenuhi tujuan ekonomi dan sosial dan fungsi-fungsi pemerintahan dalam hal transportasi, penyediaan air, tenaga listrik, pembuangan limbah serta pelayanan-pelayanan lainnya yang serupa.


Jenis-Jenis Infrastruktur

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis infrastruktur, yakni sebagai berikut:


1. Infrastruktur Keras (Physical Hard Infrastructure)

Merupakan infrastruktur yang memiliki bentuk fisik yang nyata dan kegunaannya memang berasal dari bentuk fisik yang dimilikinya tersebut. Jenis infrastruktur ini adalah jenis yang paling banyak berhubungan dengan dengan kepentingan umum masyarakat. Kebanyakan masyarakat mengartikan sebagai infrastruktur keras.


Berikut contoh beberapa yang termasuk dalam infrastruktur keras diantaranya yaitu:

  1. Jalan raya
  2. Bandar udara
  3. Jalur kereta api
  4. Pelabuhan
  5. Saluran irigasi
  6. Dan lain-lain

2. Infrastruktur Keras Non-Fisik (Non-Physical Hard Infratructure)

Merupakan infrastruktur keras yang tidak memiliki bentuk fisik yang nyata atau jelas namun tetap mendukung dan berguna keberadaan infrastruktur keras lainnya. Infrastruktur keras non-fisik sangat berhubungan erat dengan permasalahan kepuasan publik.


Berikut contoh beberapa yang termasuk dalam infrastruktur keras diantaranya yaitu:

  • Pengadaan air bersih
  • Penyediaan pasokan listrik
  • Penyediaan jaringan telekomunikasi
  • Penyediaan pasokan energi
  • Dan lain-lain

3. Infrastruktur Luna (Soft Infrastructure)

Merupakan infrastruktur yang berbentuk kelembagaan ataupun kerangka institusional. Infrastruktur lunak pada dasarnya harus dibangun dengan memperhatikan berbagai macam nilai dan norma seperti norma agama, norma budaya, norma sosial, norma hukum dan berbagai nilai dan norma lainnya. Jenis infrastruktur ini berhubungan erat dengan aktivitas pelayanan masyarakat yang disediakan oleh pemerintah.


Berikut contoh beberapa yang termasuk dalam infrastruktur keras diantaranya yaitu:

  1. Etika kerja
  2. Peraturan lalu lintas
  3. Pelayanan publik yang berkualitas
  4. Undang-undang hukum “perdagangan, pernikahan dan lain-lain”
  5. Dan lain-lain
Baca Lainnya :  Inflasi adalah

Fungsi Infrastruktur

Infrastruktur berfungsi sebagai penopang kegiatan masyarakat. Infrastruktur berfungsi untuk memfasilitasi serta mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat, distribusi barang dan jasa.


Terdapat beberapa contoh infrastruktur beserta fungsinya:

  1. Jembatan berfungsi sebagai penghubung antara satu tempat dengan tempat lainnya. Tempat tersebut dapat merupakan suatu daerah maupun kota.
  2. Jalan berfungsi untuk melancarkan transportasi pengiriman bahan baku sampai ke pabrik kemudian untuk distribusi ke pasar hingga sampai kepada masyarakat
  3. Rumah berfungsi sebagai tempat tinggal. Tempat untuk berteduh dan melakukan aktivitas.
  4. Rumah Sakit berfungsi sebagai pelayanan kesehatan masyarakat
  5. Tempat Rekreasi; Taman Kota, Tempat Bermain dan Stadion berfungsi sebagai tempat hiburan dan tempat olahraga

Manfaat Infrasturktur

Infrastruktur mempunyai banyak manfaat. Diantaranya, manfaat di bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Di bidang sosial, infrastuktur  bermanfaat sebagai sarana komunikasi. Jika tidak adanya infrastruktur, suatu daerah akan terisolasi dan tidak dapat bersosialisasi dengan daerah lainnya. Daerah yang terisolasi jaringannya akan terputus dari daerah luar, sehingga  akan terganggunya kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

  • Bidang ekonomi infrastruktur bermanfaat sebagai sarana untuk melakukan transaksi jual beli. Selain itu juga, infrastruktur berfungsi sebagai sarana penghubung dalam melakukan distribusi produksi dan jasa. Jika infrastruktur lancar, maka kegiatan ekonomi pun akan menjadi lancar. Sehingga masyarakat dapat hidup sejahtera dan perekonomian masyarakat akan semakin meningkat.
  • Bidang budaya infrastruktur dapat bermanfaat untuk menjadi salah satu kebudayaan itu sendiri. Contohnya adalah rumah-rumah adat. Dalam hal ini, infrastruktur berupa rumah-rumah adat yang dibangun sesuai dengan kebudayaan setempat.

Contoh Infrastruktur

Stasiun, Pelabuhan, Jalan Tol, Jalan Raya, Rambu Lalu Lintas dan Bandara. Contoh Infrastruktur yang dibangun oleh perorangan ataupun kelompok diantaranya; sebuah perusahaan Otomotif yang membangun fasilitas untuk menunjang kelancaran kegiatan perusahaan seperti; gedung, sistem kelistrikan, jaringan komputer, dll.

Baca Lainnya :  Sinonim, Antonim dan Polisemi

Demikian Penjelasan Materi Tentang Infrastruktur: Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi semuanya.