Informasi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Informasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Informasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, macam-macam serta fungsi. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Informasi: Pengertian, Ciri, Macam-Macam Serta Fungsi Informasi

Pengertian Informasi

Informasi ialah sebagai serangkaian data ataupun hakikat yang diolah sehingga memiliki arti dan makna bagi pemeroleh informasi. Maksud dari data yang diolah ialah bisa menyampaikan klarifikasi ataupun penjelasan.


Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian informasi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

1. Kenneth C. Laudon

Menurut Kenneth C. Laudon menyatakan bahwa Informasi yaitu suatu data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan bisa digunakan untuk manusia.


2. Anton M Meliono

Menurut Anton M Meliono menyatakan bahwa informasi ialah sebuah data yang sudah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Yang dimana tujuannya yaitu agar menghasilkan suatu keputusan


3. Abdul Kadir, MC Fadden DKK

Menurut Abdul Kadir, MC Fadden DKK menyatakan bahwa informasi ialah sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa yang sehingga mampu meningkatkan sebuah pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.


4. George R Terry

Menurut George R Terry menyatakan bahwa informasi ialah sebagai data yang terpenting untuk memberikan suatu pengetahuan yang bermanfaat.


5. Jogianto

Menurut Jogianto menyatakan bahwa Informasi ialah sebuah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna bagi sih penerimanya untuk mengambil suatu keputusan masa kini maupun masa yang akan datang.


6. Azhar Susanto

Dalam buku Sistem Informasi Akuntansi, Azhar Susanto mendefinisikan informasi sebagai hasil pengolahan data. Data yang dihasilkan tersebut memberikan arti & manfaat tertentu bagi otang yang menerimanya.


7. Burch & Strater

Menurut Burch dan Strater, informasi didefinisikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan data yang ditujukan untuk memberikan keterangan atau pengetahuan tertentu mengenai suatu hal.


8. Barry E. Cushing

Dalam buku Accounting Information System and Business Organization, Barry E. Cushing menyatakan bahwa infromasi merupakan suatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data. Hasil pengolahan data tersebut terorganisir dan mempunyai manfaat atau berguna bagi penerimanya.


9. Firmanzah

Menurut Firmanzah, informasi dapat didefinisikan sebagai data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.


10. Davis

Davis mengemukakan bahwa informasi adalah data yang telah diolah sehingga mememiliki bentuk yang berarti dan bermanfaat bagi penerimanya. Yaitu untuk dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, baik untuk saat ini atau di masa yang akan datang.

Baca Lainnya :  Inflasi adalah

11. Gelinas & Dull

Dalam bukunya, Gelinas dan Dull menyatakan bahwa informasi merupakan data yang disajikan dalam bentuk formulir. Data tersebut memiliki kegunaan dalam pembuatan atau pengambilan keputusan.


12. George H. Bodnar

Menurut George H. Bodnar Informasi dapat diartikan sebagai data yang telah diolah, sehingga data terebut dapat dijadikan sebagai dasar atau bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat mengenai suatu hal.


13. George R. Terry, D.

Georgr R. Terry, Ph. D. menyatakan bahwa informasi merupakan data penting, yang dapat memberikan pengetahuan yang berguna atau bermanfaat bagi penerimanya.


14. Jogianto HM.

Dalam buku Analisis dan Desain Sistem Informasi Jogianto mengemukakan bahwa informasi merupakan data yang telah diolah kedalam bentuk yang lebih berarti, berguna atau bermanfaat bagi orang yang menerimanya. Hasil pengolahan data tersebut menggambarkan kejadian (event) yang nyata (fact) yang dapat digunakan untuk membuat atau mengambil keputusan.


15. Gordon B. Davis

Gordon B. Davis juga menyatakan bahwa informasi merupakan data yang telah diolah. Pengolahan tersebut dilakukan agat data tersebut menjadi bentuk yang memiliki arti dan bermanfaat bagi penerimanya, baik untuk pengambilan keputusan di masa ini atau di masa depan.


16. Joner Hasugian

Joner Hasugian mendefinisikan informasi sebagai sebuah konsep, yang bersifat universal dan dalam jumlah muatan yang besar. Konsep ini meliputi banyak hal dalam masing-masing ruang lingkup yang berkaitan, dan terekan dalam sejumlah media.


17. Kusrini

Kusrini mendefinisikan informasi sebagai data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi orang yang menggunakannya. Hasil pengolahan data tersebut memiliki manfaat dalam pengambilan keputusan atau manfaat untuk mendukung sumber informasi.


18. Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta, informasi merupakan data yang disajikan dalam bentuk yang lebih berguna, dengan tujuan untuk membuat sebuah keputusan.


19. Robert N. Anthony & John Dearden

Dalam buku Management Control Systems, Robert N. Anthony dan John Dearden mendefinisikan informasi sebagai suatu hal yang bersifat nyata, berupa data atau item yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan orang yang menerimanya.


20. Mc Leod

Mc Leod mendefinisikan infomasi sebagai data yang telah diproses menjadi data yang memiliki arti bagi penerimanya.


21. Robert G. Murdick

Menurut Robert G. Murdick informasi terdiri atas data yang telah didapatkan kemudian diolah atau diproses agar dapat digunakan untuk menjelaskan, menerangkan, menguraikan, atau menjadi dasar pertimbangan dalam membuat ramalan atau pengambilan keputusan.

Baca Lainnya :  Sastra: Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Fungsi dan Jenis

22. Raymond Mc.leod

Menurut Raymond Mc.leod informasi dapat didefinisikan sebagai data yang telah diolah, sehingga memiliki bentuk yang berarti, bermanfaat, atau berguna bagi orang yang menerimanya dalam  pengambilan keputusan pada saat ini atau masa mendatang.


23. Romney dan Steinbart

Romney dan Steinbart mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses dan diorganisasikan, sehingga dapat memberikan arti atau manfaat bagi orang yang menggunakannya.


24. Drs, The Liang Gie

Menurut Drs, The Liang Gie, informasi dapat didefinisikan sebagai keterangan, rangkaian perkataan, kalimat, gambar, atau tanda tulis lainnya yang mengandung pengertian, buah pikir, pengetahuan atau semacamnya. Sehingga pemimpin organisasi dapat menggunakannya untuk membuat keputusan-keputusan yang tepat berdasarkan kenyataan yang ada.


25. Wikipedia

Dalam Wikipedia Indonesia dinyatakan bahwa informasi memiliki pengertian sebagai hasil dari pemrosesan, manipulasi serta pengorganisasian atau penataan dari sekelompok data. Pengolahan data ini dilakukan untuk menghasilkan hal yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) yang dapat digunakan oleh orang yang menerimanya.


26. Tata Sutabri, S.Kom., MM.

Menurut Tata Sutabri, S.Kom., MM. informasi memiliki pengertian sebagai data yang telah diklasifikasi, diolah dan diinterpretasikan dengan tujuan agar dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.


27. Stephen A. Moscove & Mark G. Simkin

Dalam buku Accounting Information Systems, Stephen A. Moscove & Mark G. Simkin

Mengemukakan bahwa informasi merupakan suatu bentuk yang nyata, yang mempunyai nilai manfaat, sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan.


28. Anton M. Moeliono

Informasi yakni sebagai data yang sebelumnya sudah diproses dan pemrosesannya dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Selain itu Anton M. Moeliono juga mengemukakan pendapat lain bahwa informasi merupakan keterangan, pemberitahuan, penerangan, kabar berita, atau bahan nyata lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan kajian analisis untuk mengambil kesimpulan atau mengambil keputusan.


29. McFadden et al (1999)

Informasi di definisiskan sebagai data yang telah diolah sedemikian rupa yang bisa menambah pengetahuan seseorang yang menggunakannya.


30. Robert N. Anthony & John Dearden

Informasi yakni sebagai suatu hal yang sifatnya nyata, berupa data yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi penerimanya.

 


Ciri Ciri Informasi

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari informasi, yakni sebagai berikut:

  • Relevan

Ialah informasi yang diperoleh harus memiliki fungsi serta peranan oleh pemakainya.


  • Akurat

Ialah informasi yang disampaikan harus akurat, mempunyai tujuan yang detail dan bebas dari persoalan-persoalan yang ada.


  • Tepat

ialah informasi diperoleh secara tepat pada periodenya.


  • Konsisten

Ialah informasi yang diperoleh harus sesuai dengan data yang sesungguhnya dan tidak mendapati transformasi.

Baca Lainnya :  √Media Sosial: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi Serta Dampak Media Sosial

Macam Macam Informasi

Berikut ini terdapat beberapa macam macam dari informasi, yakni sebagai berikut:

Informasi Menurut Sifatnya

Menurut sifatnya, jenis informasi ini terdapat 3 bagian, antara lain:

  1. Nyata, ialah informasi yang berupa nyata atau bener yang bisa diinformasikan kenyataannya.
  2. Pandangan atau anggapan, ialah informasi yang bisa mendeskripsikan tanggapan yang dijelaskan oleh orang lain.
  3. Pemaparan, ialah informasi yang bercorak pemaparan artinya informasi yang didalamnya mengandung semua klarifikasi sesuatu secara detail.

Informasi Menurut Pemakaiannya

Menurut pemakaiannya, jenis ini terdapat 2 bagian, antara lain:

  • Informasi yang meningkatkan pengetahuan , ialah suatu informasi yang bisa meningkatkan pengetahuan yang belum anda pahami sebelumnya.
  • Informasi yang menurut penyiapannya, ialah informasi yang bisa juga disiapkan ke dalam beberapa bagian, misalnya berita, artikel dan esai.

Informasi Menurut Bidang Kehidupan

Informasi tersebut dibentuk ke dalam beberapa bagian, misalnya pendidikan, olahraga, kesehatan dan gaya hidup.


Informasi Menurut Tempat Kejadian

Informasi yang dibentuk menurut tempat kejadian dibagi 2 bagian, yakni informasi dalam negeri dan informasi luar negeri.


Fungsi Informasi

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari informasi, yakni sebagai berikut:

  1. Untuk mengembangkan pengetahuan bagi pemeroleh informasi
  2. Untuk mengilustrasikankondisi sesuatu keadaan yang sesungguhnya
  3. Untuk menyusutkan ketidakpastian dalam mengambil kententuan

Manfaat Informasi

Adapun manfaat informasi anatara lain sebagai berikut:

  • Dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan
  • Dapat mengetahui keadaan atau situasi dilingkungan sekitar karna ada nya informasi dari orang lain atau media informasi
  • Mengetahui yang belum kita ketahui, karna ada nya sebuah informasi.
  • Memberikan kabar terkinj pada hari ini
  • Menyampaikan hal yang sedang terjadi
  • Membantu mengetahui berita
  • Memberi insipirasi
  • Mengetahui yang belum kita ketahui

Contoh Informasi

  • Seorang guru memberitahu salah satu murid nya bahwa besok akan diadakanya upacara hari pahlawan, dan semua murid diwajibkan datang tepat waktu dan mengenakan perlengkapan upacara dengan lengkap kemudian murid itu memberitahukan infromasi tersebut ke semua murid yang ada disekolah bahwa guru akan mengadakan upacara untuk memperingati hari pahlawan yang akan diadakan besok.
  • Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Sepang Jaya , siang tadi pukul 11:00, korban jiwa sebanyak 7 orang, yang merupakan satu keluarga dan meninggal ditempat
  • Kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kg diakibatkan oleh tingginya permintaan pasar.
  • Harga beras di tradisional mencapai Rp 12.000
  • Kenaikan harga BBM adalah Rp 500 per liter untuk jenis pertamax.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Informasi: Pengertian, Ciri, Macam, Fungsi , Manfaat, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Mahasiswa