Indeks Buku

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Indeks Buku? Mungkin anda pernah mendengar kata Indeks Buku? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, bagian, macam dan Contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Indeks Buku

Pengertian Indeks Buku

Biasanya dalam menerbitkan sebuah buku harus tersusun dengan rapi dan berurutan. salah satu bagian terpenting didalam buku ialah indeks buku, Karena terkadang di dalam sebuah buku adanya istilah-istilah yang sudah tersusun yang berdasarkan abjad, ketika akan mencari suatu istilah maka akan bisa dengan mudah ditemukan dengan melihat indeks buku.


Biasanya Indeks Buku Ditaruh Di Halaman Akhir Sebuah Buku, Berguna Mempercepat Pencarian Istilah Yang Ada Didalam Buku Sehingga Tidak Perlu Memerlukan Waktu Banyak Untuk Mencari Sebuah Istilah.  kali ini disini akan mengulas tentang pengertian indeks buku, bagian-bagian indeks buku,Fungsi indeks buku, macam-macam indeks buku , dan contoh indeks buku.berikut adalah penjelasaanya:


Indeks buku adalah kata atau istilah penting yang tersusun berdasarkan abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah ditemukan. Indeks sangat berguna untuk mempermudah mencari keterangan di dalam buku karena dengan segera akan ditemukan informasi yang kita cari. Pada umumnya, indeks buku diletakkan pada halaman akhir buku.Sehingga Tidak Perlu Memerlukan Waktu Banyak Untuk Mencari Sebuah Istilah.


Bagian-Bagian Indeks Buku

Bagian-Bagian Indeks Buku

Indeks buku pada umumnya terdiri dari beberapa bagian, diantaranya yaitu indeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan juga nomor halaman dimana nama atau rincian topik tersebut berada. Itu semua merupakan bagian-bagian yang membangun indeks buku. perhatikan penjelasaan berikut:

  1. Indeks nama (pengarang), merupakan susunan atau kumpulan nama-nama orang dalam sebuah indeks.
  2. Indeks topik (subjek/istilah), merupakan kumpulan subjek atau istilah yang disusun berdasarkan abjad yang istilah tersebut berada dalam buku atau bersangkutan dengan isi buku tersebut. Dalam sebuah buku Kimia, indeks topik yang ada biasanya adalah istilah-istilah yang ada kaitannya dengan ilmu Kimia.
  3. Perincian indeks topik, merupakan istilah-istilah atau subjek yang ada kaitannya dengan subjek yang ada dalam sebuah indeks topik.
  4. Nomor halaman, merupakan bagian indeks buku yang bertuliskan nomor-nomor halaman dimana sebuah sebuah istilah itu berada.
Baca Lainnya :  √Mekanisme Pernapasan: Pengertian Serta Jenis-Jenisnya

Fungsi Indeks Buku

Berikut Ini Terdapat Beberapa Fungsi Indeks Buku, Antara Lain Sebagai Berikut:

  1. Mempermudah Pembaca Memahami Suatu Kata Yang Belum Dimengerti.
  2. Mempercepat Pembaca Ketika Ingin Menemukan Suatu Topik Pembicaraan.

Macam-Macam Indeks Buku

Indeks dibedakan menjadi 2 yaitu indeks subjek dan indeks pengarang. Silahkan baca uraian dibawah ini untuk mengetahui perbedaan serta pengertian macam indeks buku ini.

  1. Indeks Subjek, berisi daftar istilah-istilah dalam buku.
  2. Indeks Pengarang, berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam buku yang bersangkutan.

Adapun aturan penulisan indeks pengarang:

  • Jika nama pengarang hanya terdiri atas satu kata maka nama pengarang ditulis apa adanya. Nama depan ditulis dengan huruf kapital.
  • Jika nama pengarang terdiri atas dua kata, maka nama kedua diletakkan di depan nama pertama; di antara nama kedua dan pertama diberi tanda koma.
  • Jika nama pengarang terdiri atas lebih dari dua kata, maka nama terakhir diletakkan di depan nama pertama dan kedua; setelah nama terakhir tersebut diberi tanda koma.
  • Nama kedua dan ketiga dalam penulisannya boleh disingkat salah satu atau keduanya.
  • Nama gelar sebaiknya tidak dicantumkan.

Contoh Indeks Buku

Anafora, 44, 417, 430
Analogi, 31, 228
anteseden, 417
bahasa nasional, 15, 23
bahasa nusantara purba, 3
bahasa resmi, 22
bahasa tora, 55
benefaktif, 345


Penjelasan:

Anafora, adalah topik
44, 417, 430 adalah halaman


Contoh Indeks nama/pengarang

Kalau membaca indeks topik kalian akan mendapatkan topik-topik yang dibahas dalam suatu buku, maka dalam indeks nama atau pengarang kalian akan mendapatkan informasi tentang nama-nama yang berkaitan dengan isi buku yang kalian baca tersebut.

Harrison, George 2 : 41
Harrison, John 11 : 20
Harry Aveling 1 : 112
Harry S. Truman 4 : 94
Harsaja, R.A.S 8 : 101
Harsansyi, John C. 11 : 35

Baca Lainnya :  √Proses Pembentukan Tulang (Osifikasi) Bagi Manusia

Penjelasan:

Harrison, George adalah Indeks nama
2 : adalah jilid ensiklopedi
41 adalah nomor halaman ensiklopedi