Implementasi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Implementasi?Mungkin anda pernah mendengar kata Implementasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, prosedur, unsur, tujuan, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Implementasi

Pengertian Implementasi

Implementasi merupakan suatu tindakan atau rancangan pelaksana rencana yang telah disusun secara cermat, rinci  dan matang. Dengan kata lain, implementasi hanya dapat dilakukan jika sudah ada perencanaan dan bukan hanya sekedar tindakan semata.


Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian implementasi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:


1. Daniel A. Mazmanian dan Paul Sabatier ( 1979 )

Menurut Daniel A. Mazmanian dan Paul Sabatier, pengertian implementasi adalah emahaman yang akan terjadi setelah menetapkan suatu program yang menjadi fokus perhatian pemerintah yang merancang implmentasi kebijakan. Dikatakan juga bahwa Implementasi merupakan kejadian yang terjadi setelah dibuat dan disahkan pedoman kebijakan negara.


2. Nurdin Usman ( 2002:70 )

Nurdin Usman berpendapat bahwa implementasi bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan, atau adanya mekanisme suatu sistem. Implementasi bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai tujuan kegiatan.


3. Harsono ( 2002 : 67 )

Menurut Hanifah Harsono, Implementasi adalah suatu proses untuk melaksanakan kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan dalam rangka penyempurnaan suatu program.


4. Budi Winarno

Menurut Budi Winarno, implementasi merupakan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang telah ditunjuk untuk menyelesaikan suatu tujuan yang telah ditetapan sebelumnya.

Baca Lainnya :  Teks Anekdot

5. Menurut Mazmanian dan Sabatier

Pengertian Implementasi adalah pelaksanaan dari kebijakan dasar hukum juga berbentuk dalam bentuk perintah atau keputusan, atau putusan pengadilan.


6. Solichin Abdul Wahab (1997: 63)

Implementasi menurut Solichin Abdul Wahab adalah tindakan-tindakan yang dilakukan baik oleh individu-individu, pejabat-pejabat, atau kelompok – kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan – tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.


7. Prof. H. Tachjan ( 2006: 25 )

Prof. H. Tachjan mengartikan Implementasi sebagai kebijakan publik adalah proses kegiatan administrasi yang dilakukan setelah kebijakan ditetapkan / disetujui Kegiatan ini terletak di antara perumusan kebijakan dan Implementasi Kebijakan evaluasi kebijakan mengandung logika yang top-down, yang berarti lebih rendah / alternatif menginterpretasikan.


8. Van Meter dan Van Horn

Pengertian implementasi menurut Van Meter dan Van Horn adalah pelaksanaan tindakan oleh individu, pejabat, instansi pemerintah atau kelompok swasta yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah digariskan dalam keputusan tertentu. Badan-badan ini melaksanakan tugas-tugas pemerintahan yang berdampak pada warga.


9. Menurut Friedrich

Implementasi adalah Kebijakan adalah suatu tindakan yang mengarah pada tujuan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok atau pemerintah dalam lingkungan tertentu sehubungan dengan adanya hambatan-hambatan tertentu seraya mencari peluang-peluang untuk mencapai tujuan atau mewujudkan sasaran yang diinginkan.


10. KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan.


Prosedur Implementasi

Berikut adalah prosedur implementasi dalam mengkoordinis suatu organisasi berikut beberapa rencananya:

  • Design organisasi serta susunan organisasi.
  • Pembagian pekerjaan serta design pekerjaan.
  • Integrasi serta koordinasi.
  • Perekrutan serta peletakan sumber daya manusia.
  • Hak, wewenang serta kewajiban.
  • Pendelegasian.
  • Pengembangan kemampuan organisasi serta kemampuan sumber daya manusia.
  • Budaya organisasi.
  • Aspek berikutnya yakni penggerakan serta kepemimpinan yaitu melakukan alokasi sumber daya, menyesuaikan prosedur implementasi dengan sumber daya yang dipakai.
Baca Lainnya :  Meteor adalah

Unsur Penting Dalam Proses Implementasi

Adapun beberapa unsur penting dalam proses implementasi diantaranya yaitu:

  1. Adanya program atau kebijakan yang dilaksanakan
  2. Mempunyai sebuah target group yaitu kelompok masyarakat yang menjadi sasaran dan ditetapkan akan menerima manfaat dari program, perubahan atau peningkatan
  3. Terdapat unsur pelaksana (Implementor) baik organisasi atau perorangan untuk bertanggung jawab dalam memperoleh pelaksanaan dan pengawasan dari proses implementasi tersebut.

Tujuan Implementasi

Adapun beberapa tujuan implementasi antara lain yakni:

  1. Mampu melaksanakan agenda yang sudah disusun dengan akurat dan cermat baik itu individu ataupun kelompok.
  2. Dapat menguji dan mendokumentasikan suatu kebijakan didalam pelaksanaan rencana atau juga kebijaksanaan.
  3. Untuk dapat melaksanakan tujuan yang akan diraih dalam pra-rencana atau kebijakan yang sudah dirancang.
  4. Dapat mengetahui keahlian masyarakat untuk melaksanakan suatu kebijakan ataupun rencana yang sesuai dengan apa yang rencanakan.
  5. Mampu mengetahui fase keberhasilan suatu kebijakan atau konsep yang sudah dirancang untuk meningkatan mutu.

Contoh Implementasi

1. Contoh Implementasi Politik di Bidang Komunikasi

  • Memaksimalkan manfaat dari teknologi komunikasi dan informasi untuk kepentingan masyarakat luas.
  • Meningkatkan kualitas komunikasi di berbagai bidang, dengan mencegah adanya penyebaran berita bohong, meminimalisir terjadinya misskomunikasi dan menjaga keterbukaan informasi.
  • Menjaga kebebasan pers yang bertanggung jawab.

2. Contoh Implementasi Politik di Bidang Pendidikan

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta profesionalisme para tenaga pendidik.
  • Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik.
  • Memperbarui sistem pendidikan dan selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan untuk menjaga kualitas pendidikan sesuai dengan kemajuan zaman.
  • Menjaga, mengevaluasi dan selalu meningkatkan kualitas lembaga pendidikan untuk bisa mencetak peserta didik yang berkualitas.

3. Implementasi kebijakan publik

  • Perusahaan yang mempekerjakan seorang karyawan harus memfasilitasinya dengan fasilitas BPJS yang diterbitkan oleh pemerintah.
  • Pemberian obat generik pada pasien yang kurang mampu.
  • Pemberian kartu KIS bagi keluarga pra sejahtera.
  • Pergantian kurikulum yang tujuannya supaya pendidikan di Indonesia itu semakin maju.
  • Pemberian bantuan dana operasional sekolah (BOS) yang memiliki tujuan untuk membantu membangun serta juga memperbaiki sekolah sehingga menjadi tempat belajar yang nyaman bagi seluruh siswa.
  • Penerapan pendidikan budaya serta juga karakter di sekolah supaya generasi muda penerus bangsa itu mempunyai pengetahuan tentang budaya Indonesai dan supaya mereka memiliki moral yang lebih baik.
Baca Lainnya :  Jaringan Otot

4. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

  • Menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kerja bakti atau gotong royong.
  • Memberikan pertolongan kepada tetangga yang sedang membutuhkan, terutama mereka yang terkena musibah.
  • Menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat dengan cara memperkuat persatuan dan kesatuan dan sama-sama mengamankan lingkungan bersama.

5. Contoh Implementasi Politik di Bidang Ekonomi

  1. Mempercepat pemulihan ekonomi untuk bisa meningkatkan sektor riil terutama di tingkat usaha kecil menengah dan koperasi. Tujuan ini bisa dicapai dengan mengendalikan laju inflasi, menjaga kestabilan kurs mata uang dan menjaga suku bunga wajar serta menyediakan likuiditas sesuai kebutuhan.
  2. Menjaga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) agar tetap sehat dengan meminimalisir defisit anggaran melalui peningkatan disiplin anggaran, mengurangi subsidi dan hutang luar negeri secara bertahap, meningkatkan penerimaan pajak progresif yang adil dan jujur dan menghemat pengeluaran.
  3. Mendukung perkembangan perekonomian yang berorientasi global dengan mengikuti perkembangan teknologi dengan menonjolkan keunggulan setiap daerah.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Implementasi: Pengertian, Prosedur, Unsur, Tujuan, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya