Iklan Baris

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Iklan Baris? Mungkin anda pernah mendengar kata Iklan Baris? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, jenis, unsur, fungsi, tujuan, struktur, cara dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Iklan Baris: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contoh Iklan Baris

Pengertian Iklan Baris

Iklan baris ialah informasi yang ditujukan untuk mengambil hati ataupun mengajak massa ramai supaya terpikat dengan barang maupun jasa yang ditawarkan, dalam bentuk beberapa baris dalam kolom yang minim, sehingga notulis memakai pangkasan guna menyesuaikan tempat dan biaya.


Ciri-Ciri Iklan Baris

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari iklan baris, yakni sebagai berikut:

  1. Hanya menampilkan informasi penting, sehingga ditulis dengan sangat pendek dan umumnya mempunyai sekitar 2 sampai 3 baris.
  2. Ditampilkan secara Bersama-sama sesuai dengan jenis barang maupun jasa yang ditawarkan, misalnya tanah, mobil, jasa dan lowongan pekerjaan.
  3. Tidak memerlukan gambaran grafis.
  4. Diperoleh kenyataan dan penilaian iklan.
  5. Biaya penempatan iklan sangat murah karena hanya memerlukan tempat yang minim dalam surat kabar.
  6. Berbentuk kalimat pendek bahkan memakai pangkasan, ada juga iklan yang dilengkapi dengan gambar yang berdiameter sangat minim dan tidak memakai berwarna.
  7. Umumnya dilengkapi dengan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Jenis-Jenis Iklan Baris

Berikut ini terdapat beberapa jenis jenis dari iklan baris, yakni sebagai berikut:

  • Iklan Penawaran

Iklan penawaran ialah iklan yang mempromosikan barang maupun jasa.


  • Iklan Pencarian

Iklan pencarian ialah iklan yang menyampaikan suatu informasi pencaharian.


  • Iklan Pemasaran

Iklan pemasaran ialah iklan informasi pemasaran barang.


  • Iklan Lowongan

Iklan lowongan ialah iklan informasi lowongan pekerjaan bagi yang menginginkan sebuah pekerjaan.


Unsur-Unsur Iklan Baris

Berikut ini adalah beberapa unsur-unsur dari iklan baris yaitu:

1. Kriteria penulisan Ikaln Penawaran (barang/jasa)

  1. Disebutkan barang/jasa yang ditawarkan
  2. Disebutkan jenis/tipe barang/jasa yang ditawarkan
  3. Disebutkan kondisi barang/jasa yang ditawarkan
  4. Disebutkan fasilitas barang/jasa yang ditawarkan
  5. Disebutkan alamat/nomor telepon lokasi penawaran barang/jasa

2. Unsur-unsur yang harus ada dalam Iklan Pencarian

  • Disebutkan barang/jasa yang dibutuhkan/dicari
  • Disebutkan jenis/tipe barang/jasa yang dibutuhkan/dicari
  • Disebutkan kondisi barang/jasa yang dibutuhkan/dicari
  • Disebutkan fasilitas barang/jasa yang dibutuhkan/dicari
  • Disebutkan alamat/nomor telepon yang dapat dihubungi
Baca Lainnya :  Zina adalah

3. Unsur-unsur yang harus ada dalam Iklan Penjualan

  1. Disebutkan barang/jasa yang dijual
  2. Disebutkan jenis/tipe barang/jasa yang dijual
  3. Disebutkan kondisi barang/jasa yang dijual
  4. Disebutkan fasilitas barang/jasa yang dijual
  5. Disebutkan alamat/nomor telepon lokasi penjualan barang/jasa

4. Unsur-unsur yang harus ada dalam Iklan Lowongan Pekerjaan

  • Disebutkan bidang/posisi yang dibutuhkan
  • Disebutkan kemampuan/kemahiran yang dibutuhkan
  • Disebutkan kondisi seseorang yang dibutuhkan (jenis kelamin, usia, lulusan,dll)
  • Disebutkan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan
  • Disebutkan alamat/nomor telepon lokasi perusahaan yang dapat dihubungi.

Fungsi Iklan Baris

Pada awalnya, fungsi iklan hanyalah salah satu jalan untuk memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, iklan menjadi badian terpenting untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Selain untuk mempengaruhi konsumen melalui materi dan visualisasinya, iklan juga digunakan untuk mempertahankan konsumen yang sudah menggunakan produk tersebut agar tetap menggunakannya. Berikut ini beberapa fungsi iklan dalam kehidupan manusia, yaitu:

  • Sebagai Sumber Informasi

Iklan memang merupakan dumber informasi bagi masyarakat untuk memilih alternative produk yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Hanya dengan iklan orang bias mengetahui berbagai produk baru. Masyarakat tinggal melihat atau mendengar berbagai macam iklan tersebut, kemudian menentukan pilihan.


  • Sebagai Kegiatan Ekonomi

Salah satu fungsi iklan adalah untuk kegiatan perekonomian, entah untuk jangka panjang atau pendek. Kegiatan ekonomi tentu merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Mereka semakin berlomba-lomba dalam mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan beriklan secara tidak langsung akan membuat para pelaku ekonomi tetap memperoduksi dan memperdagangkan produk mereka. Sedangkan bagi konsumen akan membeli berbagai produk tersebut dengan konsekuensi yang berbeda-beda. Dengan begitu maka perputaran mata uang tidak akan pernah berhenti. Kegiatan perekonomian dalam kehidupan akan terus berjalan secara alamiah.


  • Sebagai Pembagi Beban Biaya

Secara tidak langsung, periklanan juga sangat membantu terciptanya skala ekonomi yang besar bagi setiap produk yang dihasilkan. Adanya skala ekonomi yang besar ini, akan berdampak dengan menurunnya biaya produksi dan distribusi per-unit atas produk tersebut. Pada gilirannya harga jual dimasyarakat akan menjadi murah.


  • Sebagai Sumber Dana Media

Selain orang yang memiliki produk, media yang dibuat untuk beriklan juga akan mendapaykan dampak positif dengan adanya iklan ini. Kedua pihak sama-sama mendapatkan keuntungan yang besar. Jika iklan dipasang dimedia cetak, maka secara tidak langsung periklanan akan menunjang harga eceran atau langganan media surat kabar tersebut. Sehingga media yang digunakan promosi juga akan terjual keras. Begitu pula dengan media elektronik. Namun begitu, dibandingkan media cetak, media elektronik seperti televise, mematok harga yang relative lebih tinggi, sehingga tidak semua orang bisa beriklan disana.


  • Sebagai Identitas Produsen

Iklan juga berfungsi untuk mengenal identitas dari produsen barang tersebut. Karena memang tidak semua konsumen mengetahuii produsen yang membuat barang yang dibeli dan dipakainya setiap hari. Pengenalan identitas produsen ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan bagi konsumen untuk tetap menjadi konsumennya. Selain itu pengenalan identitas produsen ini juga dimaksudkan agar konsumen dapat membedakan dan tidak salah dengan barang milik produsen lain.

Baca Lainnya :  Sejarah Film

  • Sebagai Saran Control Kualitas Barang

Saat ini banyak sekali barang tiruan masuk dipasaran. Oleh karena itu, peran iklan sangat penting untuk memberi petunjuk pada konsumen agar tidak salah membeli barang tiruan. Melalui kegiatan periklanan, masyarakat akan terbantu untuk membedakan berbagai produk resmi dengan tiruan.


Tujuan Iklan Baris

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari iklan baris yaitu:

1. Menciptakan Pengenalan Merek Produk

Pengenalan ini meliputi desain secara lengkap dari produk tersebut, termasuk berbagai kelebihan yang ada didalamnya.


2. Mengkomunikasikan Konsep Produk

Iklan yang dipasang harus bisa mengkomunikasikan produk yang diiklankan. Hal ini yang menjadi kelebihan iklan dari segi fungsional, psikologis atau nilai pasar sasaran. Disini diharapkan, orang sudah mampu mengetahui berbagai barang yang diiklankan dan memunculkan rasa penasaran yang pada akhirnya memicu untuk membeli produk tersebut.


3. Mendorong Khalayak Umum Untuk Mencoba

Dengan memasang iklan orang akan tahu barang baru yang sekarang ini diproduksi. Hal ini akan memunculkan sikap penasaran dan rasa inigin memiliki barang tersebut. Itu berarti, iklan yang dipasang sudah berfungsi sebagaimana mestinya, untk menarik minat orang agar membeli apa yang diiklankan.


4. Mendukung Terjadinya Penjualan

Salah satu manfaat pemasangan iklan adalah mendorng orang untuk membeli berbagai produk yang diiklankan tersebut.sehingga penjualanpun akan meningkat dari hari ke hari.


5. Membina Loyalitas Konsumen

Disamping untuk memasarkanproduk, iklan juga bisa digunakan sebagai tolok ukur tingkat loyalitas yang dimiliki oleh konsumen terhadap produk yang ditawarkan.


6. Mengumumkan Cara Baru pemanfaatan

Tidak semua orang mengetahui cara kerja dan kegunaan dari produk yang dibelinya. Melalui iklan, konsumen bisa mengerti tentang barang baru tersebut dan cara memanfaatkannya tanpa harus pusing-pusing bertanya pada pihak penjual (bukan produsen).


7. Meningkatkan citra

Meningkatnya citra produk, secara tidak langsung akan menjadi satu langkah bagus untuk mempengaruhi seseorang agar semakin tertarik dengan barang tersebut. Salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan citra tersebut adalah dengan beriklan.


Struktur Iklan Baris

Berikut ini adalah struktur iklan baris yaitu:

  • Judul (kepala tulisan atau headline)

Judul iklan biasanya  terletak di bagian paling atas dari teks iklan, namun tidak selalu di atas, dan tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bagian paling atas sebagai judul, judul biasanya biasanya dibuat agar dapat dilihat pertama kali oleh orang, biasanya dibuat besar dan tebal.


  • Sub judul(sub headline)

Subheadline biasanya digunakan untuk memberikan informasi yang sangat penting kepada calon konsumen,  biasanya berisi mengenai keunggulan produk yang diharapkan mampu memikat calon konsumen.

Baca Lainnya :  Propaganda adalah

  • Amplifikasi (perluasan / penjelasan tentang produk)

Berisi deskripsi produk yang diiklankan, seperti spesifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Naskah atau teks iklan yang mengikuti headline. Sering juga disebut bodycopy/ body text. Pada bagian ini konsepnya adalah penjelasan lebih rinci tentang produk atau barang/jasa yang ditawarkan. Catt: produk2 yang mahal sperti mobil, rumah,dll biasanya diperlukan body text atau amplifikasi iklan.


Cara Menulis Iklan Baris

Sebelum kamu menulis iklan baris, perhatikan contoh bagaimana
mengolah informasi menjadi iklan baris.
Perhatikan informasi berikut ini!
Pak Joko memiliki mobil Mitsubhisi L 300 pick up berbahan bakar
bensin. Enam bulan yang lalu ia membeli seharga 26 juta rupiah.
Setelah jadi miliknya, keempat bannya diganti dan sempat turun
mesin hingga menelan biaya kurang lebih dua juta rupiah. Kondisi
mesinnya bagus bodinya masih kaleng, artinya belum pernah cacat
sehingga belum pernah didempul, meskipun kondisi catnya sudah tidak
mulus lagi. Pemilik mobil yang tertera dalam BPKB dan STNK adalah
nama Joko sendiri. Tahun pembuatan yang tertulis dalam BPKB adalah
tahun 1990. Kebetulan mobil itu baru saja pajak. Pak Joko tinggal di
Perum UNS IV Triyagan, Jalan Merpati nomor 173 dengan nomor
telepon 825894.
Untuk memudahkan pembuatan iklan, informasi di atas dapat
dimasukkan dalam lembar pengamatan berikut ini!
No.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Pertanyaan
Apakah merek mobil yang
dimaksud?
Kapan tahun
pembuatannya?
Apa bahan bakarnya?
Bagaimana kondisinya?
Berapa harganya?
Di mana peminat dapat
melihat mobilnya?
Jawaban
Mitshubisi L 300 pick up
1990
Bensin
Mesin bagus, body kaleng, cat
kurang mulus.
28 juta rupiah
Jl. Merpati 173 Perum UNS IV
Triyagan atau menghubungi
nomor telepon 825894.
Untuk memudahkan pembuatan iklan, informasi di atas dapat
Data atas jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat disusun secara
urut sebagai berikut:
Mitshubisi L 300 pick up-1990-Bensin-Mesin bagus, body kaleng,
cat kurang mulus-28 juta rupiah-Jl. Merpati 173 Perum UNS IV
Triyagan atau menghubungi nomor telepon 825894
Data-data tersebut setelah disusun menjadi bahasa iklan antara lain
sebagai berikut
Dijual : Mits L300 PU th 90, bensin, msn
bgs, kaleng, 28 jt nego , hub. 825894


Contoh Iklan Baris

Berikut ini terdapat beberapa contoh dari iklan baris, yakni sebagi berikut:

  • Butuh Sales P/W Py Motor, Dom.Smg Min. SMA Max 45th. Krm Lmrn Plg Lmbt 06 Desember 2018 Ke PT Blogger jl. WordPress Gg. Adsense No. 01.
  • Dibuka pendaftaran kursus teknisi komputer. Fas lngkp, murah. Hub. Ahmad Kompter jl. WordPress Gg. Adsense No. 01. Tlp 0722-123-456.
  • Dijual mobil Honda Brio. Kond msh mulus. msin bgs. Nego. 0722-123-456.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Iklan Baris: Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur, Fungsi, Tujuan, Struktur, Cara dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.