Ideologi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Ideologi? Mungkin anda pernah mendengar kata Ideologi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, fungsi, ciri serta macam-macam. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Ideologi: Pengertian, Fungsi, Ciri Serta Macam-Macam Ideologi

Pengertian Ideologi

Ideologi ialah suatu buah pikiran atau pendapat. Ideologi diibaratkan menjadi visi yang global, sebagai cara melihat segala sesuatu. Secara umum, ideologi ialah sebagai sekelompok pendapat yang dicetuskan oleh kelas yang berpengaruh pada semua anggora masyarakat.


Pengertian Idiologi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian idiologi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

1. Drs. Moerdiono

Pengertian Ideologi  adalah struktur  pemikiran yang tersusun atas beragam nilai dalam kehidupan yang kemudian dijikaan pelengkap serta sarana untuk melakukan penyesuaan atas dirinya dengan lingkungan sosial yang sedang berlaku.


2. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Arti ideologi adalah struktur aturan yang terhimpun dari berbagam ide, norma, nilai, keyakinan, dan kepercayaan yang yang dilakukan oleh setiap individu dalam menjalankan sikap terhadap keadaan dan pengetanasan dalam problem politik kehidupan.


3. Gunawan Setiardjo

Makna ideologi adalah himpunan ide yang tersusun atas gagasan-gagasan tertentu, kemudian diajdikan pedoman atau aturan-aturan dalam kehidupannya. Definisi ini seolah menunjukan bahwa arti diologi tertuju pada bentuk impelemtasinya.


4. Antoine Destutt De Tracy

Ideologi dalam bahasa yunani berasal dari kata edios atau idem dan logia atau logos. Edios atau idem artinya bentuk atau melihat. Adapun logia atau logos berarti kata atau ajaran. Berdasarkan arti kata tersebut, Antoine Destutt de Tracy mengartikan bahwa definisi ideologi sebagai ilmu tentang terjadinya cita-cita, gagasan, atau buah pikiran.

Baca Lainnya :  √ Seni Patung : Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik Serta Contohnya

5. Dr. Alfian

Definisi ideologi sebagai keyakinan seseorang yang berisi serangkaian kumpulan nilai atau sistem dasar bersifat menyeluruh dan mendalam serta miliki makna tersendiri bagi setiap orang yang menjalankannya, oleh karena itulah suatu bangsa wajib untuk memiliki pedoman ini.


6. Robson

politik adalah usaha untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat. Kekuasaan adalah kemampuan mempengaruhi orang lain untuk berperilaku sesuiai dengan kehendak yang mempengaruhi.


7. Miriam Budiardjo

Politik adalah usaha untuk menentukan peraturan-peraturan yang dapat di terima baik oleh sebagian besar warga, untuk membawa masyarakat kearah kehidupan bersama yang harmonis. Pada saat ini politik  tidak lagi di pengertian yang normatif lagi, karena politik yang saat ini kebanyakan di definisikan adalah politik yang menekankan pada upaya untuk mencapai masyarakat yang lebih baik, seperti kekuasaan, pembuatan keputusaan,kebijakan kebijakan, alokasi nilai,dan sebagainya.


8. Rod Hague et al

politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaiman kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan di antara  anggota-anggotanya


Fungsi Ideologi

Salah satu fungsi dari ideologi ialah sebagai kedaulatan yang sanggup menganjurkan motivasi yang membawa tiap-tiap individu untuk melaksanakan aktivitas dan memperoleh tujuan.


Macam Macam Ideologi

Berikut ini terdapat beberapa macam macam ideologi di dunia, yakni sebagai berikut:

Liberalisme

Liberalisme ialah filsafat atau ajaran yang menekankan idenpendensi seseorang sebagai asal mula kesenangan hidup. Ciri Ciri dari ideologi liberalisme ialah:

  1. Bidang ideologi, menjalanakn filsafat atau ajaran keduniaan
  2. Bidang politik, diketahui terdapat partai oposisi
  3. Bidang ekonomi, sistem ekonomi pemodalan, perekonomian diberikan kepada individual
  4. Bidang sosial budaya, tiap anggota masyarakat condong egois

Komunisme

Komunisme ialah suatu filsafat atau ajaran yang mengharapkan semua sesuatu tersebut harus dikelola bersama-sama dan hasilnya pun harus berbarengan juga. Ciri ciri dari ideologi komunisme ialah:

  • Bidang politik, politik berupa tertutup hanya terdapat satu partai yang berdaulata yakni partai komunis, rakyat hanya menjadi entitas negara.
  • Bidang ekonomi, sistem ekonomi yang disusun adalah sistem ekonomi etatisme.
  • Bidang sosial budaya, tidak yakin adanya Tuhan, masyarakat hanya mengetahui satu golongan sosial.
Baca Lainnya :  Kegiatan Konsumsi

Kapitalisme

Kapitalisme ialah suatu filsafat atau ajaran yang mempercayai bahwa pengambil modal dapat menjalankan usahanya untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya. Ciri ciri dari ideologi kapitalisme ialah:

  1. Independensi warga negara disanjung tinggi. Warga negara independensi menjalankan apa saja andaikan tidak melewati aturan hukum.
  2. Negara hanya berbuat menjadi pengelola jalannya aturan hukum.
  3. Pada kapitalis monopolis meminggirkan adab-adab agama sehingga memicu filsafat atau ajaran yang melepaskan agama dengan negara.

Fasisme

Fasisme ialah sebuah filsafat atau ajaran politik yang menghormati kedaulatan otoriter tanpa demokrasi. Ciri ciri dari ideologi fasisme ialah:

  • Pemerintahan berupa sewenang-wenang dan mutlak
  • Struktur pemerintahannya  satu partai
  • Negara dijadikan media penetapan untuk memperoleh tujuan negara
  • Menyakini terdapat perbedaan antara orang yang berkuasa dan yang diintruksikan, antara golongan atas dan orang banyak
  • Memomokkan kemerdekaan berdiskusi dan berkelompok

Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara, memiliki kedaulatan menerapkan secara hukum, sehingga semua kebijakan hukum yang beroposisi dengan Pancasila harus keluar. Ciri ciri dari ideologi pancasila ialah:

  1. Bidang politik, politik menurut kerakyatan Pancasila.
  2. Bidang ekonomi, struktur ekonomi yang bertujuan membentuk kedamaian bagi seluruh
  3. rakyat.
  4. Bidang sosial budaya, bentuk kehidupan sosial ialah akrab dan bekerja sama.

Demokrasi

Demokrasi ialah sebagai suatu struktur pemerintahan yang bersumber dari rakyat dan untuk rakyat.


Contoh ideologi

1. Komunisme

Komunisme adalah salah satu  bentuk idiologi yang seringkali dijadikan sebagai keyakinan bahwa kehidupan serta kekayaan manusia ialah milik bersama. Fakta ini menunujukan bahwa pola prilaku pada masyarakat yang menganut siistem ideologi komuniasme lebih mengtamakan kehidupan kelompok.

Contohnya prilaku ideologi komunisme, misalnya saja kebijakan yang dilakukan oleh Negara Rusia dengan memberikan bantuandana secara cuma-cuma untuk masyarakat berkategori miskin. Hal ini dilakukan karena Negara mempunyai tanggung jawab serta setiap warga Negara Rusia juga ikut andil di dalamnya.

Baca Lainnya :  Sendi Adalah

2. Pancasila

Pancasila merupakan salah satu bentuk idiologi yang sering dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari karna pancasila memiliki pandangan hidup, menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan bahwa setiap warga sudah seharusnya mempunyai cara berpikir, sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang sesuai dengan sifat ideologi Pancasila terbuka, sehingga senantiasa mendudukkan manusia sebagai mitra sesuai dengan harkat dan martabatnya. menjunjung tinggi nilai persatuan Indonesia pada sifat ideologi Pancasila terbuka, yang mengharuskan setiap warga negara wajib mempertahankan keutuhan dan tegak-kokohnya NKRI. menjunjung tinggi nilai permusyawaratan/perwakilan yang dimaknai untuk menghormati dan mengedepankan kedaulatan negara sebagai perwujudan kehendak seluruh rakyat. menjunjung tinggi nilai keadilan sosial pada sifat ideologi Pancasila terbuka untuk terwujudnya kesejahteraan lahir dan batin yang berkeadilan seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. dan tujuan serta cita-cita, adanya tekad untuk mengembangkan kekreatifitasan, dan juga terdapat Pengalaman sejarah bangsa indonesia,menginspirasi masyarakat agar bertanggung jawab.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Ideologi: Pengertian, Fungsi, Ciri Serta Macam-Macam Ideologi
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa