Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Humas?Mungkin anda pernah mendengar kata Humas ? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, tujuan, fungsi, ciri, kegiatan, macam, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.
Pengertian Humas
Humas ( hubungan masyarakat) yang biasa disebut dengan public relation merupakan sebuah kinerja dalam membangun dan mempertahankan sebuah reputasi citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat. Hubungan masyarakat (humas) adalah sebuah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi. Humas bukanlah sebuah pengetahuan. Humas juga bukan sebuah pelajaran. Lebih dari itu, humas adalah sebuah sikap yang melekat dalam diri sendiri lalu diikuti dengan praktik atau perilaku nyata. Sikap kita seperti apa, maka itulah praktik yang kita lakukan.
Berikut adalah pengertian humas menurut para ahli antara lain sebagai berikut:
1. Frank Jeffkins (1986)
Pengertian humas menurut Frank Jeffkins adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama
2. Cutlip, Center dan Broom
Pengertian humas menurut Cutlip, Center dan Broom adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organiasai dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.
3. Public Relation World Conference
Pengertian humas menurut Public Relation World Conference adalah gabungan seni dan ilmu pengetahuan yang memprediksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegaiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.
4. J.C Seidel
Pengertian humas menurut J.C Seidel adalah proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik dan pengeritan dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.
5. W. Emerson Reck
Pengertian humas menurut W. Emerson Reck adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penentuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka. Kedua, pelaksanaan pebijaksanaan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya.
6. IPRA (International Public Relation Association)
Pengertian humas menurut IPRA adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk mendapatkan pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik diantara mereka.
7. The Public Relations Society of America
Pengertian humas menurut The Public Relations Society of America adalah usaha yang dilakukan oleh organisasi untuk bisa mendapatkan kerjasama dengan sekelompok orang, membantu organisasi melaksanakan interaksi yang efektif, serta melakukan aktivitas komunikasi dengan publik utama
8. Ruslan (1995:8-9)
Pengertian humas atau public relations menurut Ruslan adalah suatu proses yang kontinyu dari usaha manajemen untuk memperoleh kemauan baik dan pengertian dari para pelanggannya, konsumen, pegawainya, dan publik umumnya. Kedalam mengadakan perbaikan dan pembenahan melalu membangun budaya perusahaan berbentuk disiplin, memotivasi, meningkatkan pelayanan, dan produktivitas kerja. Sedangkan keluar, berupaya menciptakan kepercayaan dan citra perusahaan yang sekaligus memayungi serta mempertahankan citra produknya.
Tujuan Humas Dalam Organisasi
Berikut adalah beberapa tujuan humas, antara lain yaitu:
- Melibatkan publik dalam penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi oleh organisasi.
- Meningkatkan dukungan, bantuan, dan partisipasi dari publik dalam bentuk sarana, prasarana, tenaga, dan dana, untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.
- Memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas serta membuka pasar-pasar baru.
- Memperbaiki hubungan antara perusahaan dengan khalayaknya, sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian atau salah paham dikalangan khalayak terhadap niat baik perusahaan.
- Menciptakan rasa tanggung jawab dari masyarakat akan keberlangsungan program organisasi secara efektif dan efisien.
- Membuat dan mengembangkan pencitraan yang baik untuk organisasi dan juga kepada para pimpinan/ stakeholder dengan sasaran terjalinnya hubungan yang baik antara publik internal dengan publik eksternal.
- Memperluas jangkauan pelanggan yang terhubung untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan mutu organisasi.
Fungsi Humas
Adapun fungsi humas antaranya yaitu:
- Menyampaikan informasi ke masyarakat
- Menjaga nama baik lembaga
- Agen pembentuk opini publik
- Pembangun kepercayaan publik
- Mengawasi pendapat masyarakat
- Memberikan penerangan kepada publik
Ciri-Ciri Humas
Berikut adalah beberapa ciri-ciri humas diantaranya:
- Terdapat komunikasi yang bersifat dua arah
- Adanya sifatnya yang terencana
- Berorientasi pada organisasi atau lembaga
- Sasaran humas adalah publik.
- Adanya Suasana yang harmonis antara publik dengan perusahaan.
- merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi.
Kegiatan-Kegiatan Humas
Berikut adalah kegiatan humas diantaranya yakni:
1. Customer Relations
Divisi humas menciptakan hubungan baik dengan pihak di luar perusahaan, misalnya dengan konsumen.
2. Employee Relations
Tidak hanya di luar perusahaan, humas juga wajib membangun komunikasi antara pimpinan dan bawahan.
3. Community Relations
Community relation bertujuan menciptakan hubungan baik antara perusahaan dengan pihak terkait misalnya partner dan juga komunitas tertentu.
4. Government Relations
Menciptakan hubungan baik antara organisasi dengan pemerintah.
5. Media Relations
Media berperan penting dan harus dijembatani oleh humas perusahaan karena kebanyakan sumber citra perusahaan bersumber dari sini.
Macam-Macam Humas
Adapun macam-macam humas antara lain sebagai berikut:
1. Humas Pemerintahan Lembaga
Humas pemerintah lembaga merupakan humas yang melakukan fungsi management dalam bidang informasi dan komunikasi untuk menciptakan hubungan yang lebih harmonis dengan semua public yang dibentuk untuk mempublikasikan atau mempromosikan kebijakan-kebijakan mereka. Mereka memberi informasi secara teratur tentang kebijakan, rencana-rencana, serta hasil-hasil kerja
institusi serta memberi pengertian kepada masyarakat tentang peraturan dan segala sesuatunya yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat.
2. Humas Sosial
Humas sosial ialah humas yang megembangkan saling pengertian , kepercayaan , dan bantuan atas kerjasama yang menyangkut kesejahteraan umum terpisah dari implikasi-implikasi komersial yang biasa seperti:Humas Penegak Hukum, humas yang berada dalam kepolisian. Penegak hukum perlu mendengarkan dan tanggap terhadap kepentingan umum supaya mereka dapat membantu masyarakat dengan baik. Humas Organisasi Keagamaan. Organisasi-organisasi keagamaan sekarang mulai menyadari pentingnya media masa untuk mencapai para jamaah dari mempropagandakan doktrin-doktrin mereka. Humas Profesi, humas yang berkaitan erat dengan profesi seseorang. Seperti profesi kedokteran, profesi pengacara, profesi wartawan, profesi artis dan sebagainya.Humas Organisasi Sukarela Ada banyak organisasi sukarela, puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan, dan kebanyakan mereka membutuhkan dana terus menerus. Sehingga dapat dikatakan pencarian dana merupakan tujuan pokok dari organisasi ini, dana ini nantinya untuk membiayai kerja sosial, kesejahteraan masyarakat, dan hal-hal lainnya. Menerbitkan majalah internal, surat edaran, selebaran-selebaran, publikasi, kop surat, dan sebagainya.
3. Humas Industri Dan Bisnis
Humas industri dan bisnis adalah humas yang meliputi hubungan dengan pelanggan dan peran humas terhadap PR- hubungan dengan pemegang saham ,yang pada akhirnya melahirkan peraturan marketing, hubungan pemegang saham, hubungan dengan karyawan, hubungan dengan pers, bantuan untuk merekrut pegawai baru, hubungan dengan komunitas, hubungan antar perusahaan/organisasi lain, hubungan dengan pemerintahan (legeslatif dan eksekutif) dengan tujuan untuk menjaring masyarakat dalam hal target marketing maupun pengaruh kebijakan perusahaan.
4. Humas Organisasi Internasional
Humas Organisasi Internasional adalah humas yang disebabkan oleh adanya perubahan yang sangat cepat di dalam segala bidang, misalnya perkembangan di bidang pariwisata, komunikasi, tukar-menukar di bidang pendidikan dan sebagainya. Dan semua itu yang memungkinkan terjadinya kontak atau hubungan antar negara.
Contoh Humas dalam Organisasi
1. Humas Media Cetak
Seperti disebutkan sebelumnya, divisi humas itu berbeda dengan divisi pemasaran. Namun, seringkali humas melakukan kegiatan promosi bila ada perubahan dalam perusahaan, atau ada peluncuran layanan dan produk baru.
Humas ini bertugas untuk berkomunikasi secara intens dengan media cetak. Humas media cetak disusun sedemikian rupa dan dilaksanakan dengan press release ke berbagai media cetak.
2. Humas Media Audio Visual
Hampir sama dengan humas media cetak. Namun, bentuk informasi yang disampaikan ke publik terkait organisasi adalah melalui Televisi dan Radio.
3. Humas Media Online
Penyebaran informasi dalam bentuk teks dan video bisa dilakukan secara online. Biasanya dilakukan dengan cara membuat konten berisi kata kunci tertentu mengenai produk, dan selanjutnya mempublish konten tersebut ke blog/ website dengan begitu akan lebih banyak orang yang mengetahui perusahaan serta produk yang dihasilkan
Demikian Penjelasan Materi Tentang Humas: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri, Kegiatan, Macam, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya